Cara Mematikan Proses di Mac yang Wajib Diketahui Pemula

Posted on

Cara mematikan proses di Mac adalah salah satu cara yang berguna untuk memastikan bahwa komputer Anda berjalan dengan lancar. Ini dapat membantu meningkatkan kinerja komputer Anda dan memastikan bahwa aplikasi yang Anda gunakan berjalan dengan lancar. Dengan mengetahui cara mematikan proses di Mac, Anda dapat menghemat waktu dan usaha dalam menjaga komputer Anda berjalan dengan lancar.

Mac adalah salah satu sistem operasi yang paling populer di dunia. Meskipun Mac dikenal sebagai sistem operasi yang stabil dan handal, ada kalanya Anda harus membunuh proses yang berjalan di Mac Anda. Ini bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti aplikasi yang berhenti merespon, aplikasi yang berjalan lambat, atau aplikasi yang menyebabkan kesalahan. Berikut adalah cara membunuh proses di Mac.

Cara Mematikan Proses di Mac yang Wajib Diketahui Pemula

Cara Mematikan Proses di Mac yang Wajib Diketahui Pemula
Cara Mematikan Proses di Mac yang Wajib Diketahui Pemula

Buka Monitor Aktivitas dan temukan proses yang ingin Anda matikan dengan menyortir berdasarkan penggunaan sumber daya atau ID proses. Kemudian klik tombol X di bagian atas Activity Monitor dan pilih “Quit” atau “Force Quit” untuk menghentikan proses.

Apakah aplikasi atau proses menyebabkan masalah pada Mac Anda? Singkirkan diri Anda dari aplikasi bermasalah dengan mematikannya menggunakan Monitor Aktivitas atau Terminal. Anda juga dapat menemukan dan mematikan proses yang menggunakan port tertentu di Mac Anda.

Cara Mematikan Proses Mac Menggunakan Monitor Aktivitas

Cara termudah untuk menemukan dan menghentikan proses yang menyebabkan masalah di macOS adalah meluncurkan Monitor Aktivitas. Kamu bisa lakukan ini menggunakan Spotlight (tekan Command+Spacebar lalu mulailah mengetik “aktivitas” dan tekan Enter saat Anda melihat aplikasi) atau dengan menemukan dan meluncurkan aplikasi di bawah folder Applications > Utilities. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Buka Aplikasi Aktivitas.

Aplikasi Aktivitas adalah aplikasi yang terletak di dalam folder Aplikasi di Mac Anda. Anda dapat menemukannya dengan menekan tombol Command + Space dan mengetikkan “Aktivitas”.

Baca Juga:
Cara Memulihkan Foto yang Terhapus Permanen Dari Kartu SD

2. Temukan proses yang sedang berjalan di macOS menggunakan Monitor Aktivitas

Monitor Aktivitas memiliki beberapa tampilan yang dapat Anda gunakan untuk mengisolasi masalah. Pada tab CPU, Anda dapat melihat aplikasi mana yang menggunakan daya pemrosesan paling banyak saat ini (urutkan berdasarkan tab “% CPU” untuk melihat proses yang paling lapar. Anda juga dapat menggunakan “Memori” untuk mengurutkan berdasarkan penggunaan RAM, “Energi” untuk temukan aplikasi mana yang paling banyak menggunakan daya, “Disk” untuk mengurutkan berdasarkan penggunaan disk, dan “Jaringan” untuk mengurutkan berdasarkan data yang dikirim dan diterima.

Selain itu, Anda dapat menggunakan kotak “Cari” di pojok kanan atas untuk mencari nama proses. Anda dapat menemukan proses inti dan proses terkait dengan cara ini, misalnya mencari Safari akan menemukan aplikasi inti, proses jaringan, tab individual, ekstensi, dan lainnya.

Cari proses yang ingin Anda matikan. Setelah Anda membuka Aplikasi Aktivitas, Anda dapat melihat semua proses yang berjalan di Mac Anda. Cari proses yang ingin Anda matikan dan klik kanan di atasnya.

3. Cari proses macOS yang cocok “Safari” di Monitor Aktivitas

Temukan proses yang ingin Anda matikan dan kemudian klik tombol “X” di sudut kiri atas layar. Anda kemudian dapat memilih antara “Keluar” dan “Paksa Keluar” untuk mencoba mengirim perintah keluar (untuk memberikan waktu proses untuk menyimpan data Anda) atau perintah berhenti paksa (untuk segera mematikan proses, ideal jika macet). Cari tahu lebih lanjut tentang mengidentifikasi proses yang aman untuk dimatikan di Mac Anda.

Pilih “Kill Process”. Setelah Anda mengklik kanan di atas proses yang ingin Anda bunuh, Anda akan melihat menu drop-down. Pilih “Bunuh Proses” untuk membunuh proses tersebut.

4. Konfirmasi.

Setelah Anda memilih “Bunuh Proses”, Anda akan melihat jendela konfirmasi. Klik “Bunuh” untuk mengonfirmasi bahwa Anda ingin membunuh proses tersebut.

5. Keluar dari proses macOS menggunakan Monitor Aktivitas

Selesai. Silahkan cek lagi apakah masih ada proses yang terlewat untuk dimatikan.

Cara Mematikan Proses Mac Menggunakan Terminal

Cara Mematikan Proses Mac Menggunakan Terminal
Cara Mematikan Proses Mac Menggunakan Terminal

Dimungkinkan juga untuk mematikan proses dari baris perintah menggunakan Terminal di Mac Anda. Untuk melakukan ini, buka dan luncurkan Terminal terlebih dahulu (baik menggunakan Spotlight atau dari folder Applications > Utilities) dan jalankan top perintah untuk melihat daftar proses yang sedang berjalan. Sebagai alternatif, gunakan itu ps -ax perintah untuk melihat daftar proses bersama dengan ID proses (atau disingkat PID).

1. Buat daftar proses yang berjalan dengan PID di Terminal macOS

Anda memerlukan PID untuk menghentikan proses, tetapi menjelajahi ratusan proses bisa menjadi pekerjaan rumah. Untungnya, kami dapat mengidentifikasi proses menggunakan ps ax | grep AppName perintah, di mana AppName adalah nama aplikasi yang ingin Anda temukan.

Baca Juga:
Definisi Gaya Bahasa Dan Sebutkan Macam-Macam Gaya Bahasa

Misalnya mengetik ps ax | grep Safari akan mengembalikan daftar proses dengan “Safari” di judulnya. Ketahuilah bahwa perintah ini peka huruf besar/kecil, jadi mencari “steam” akan mengembalikan hasil yang berbeda ke “Steam”

2. Buat daftar proses yang cocok “Safari” di Terminal

Catat nomor PID di sebelah proses yang ingin Anda matikan, lalu matikan dengan menjalankan kill PID memerintah. Misalnya, kill 3500. Untuk mematikan proses dengan segera (juga dikenal sebagai force quit) gunakan kill -9 3500 alih-alih.

Anda juga dapat mematikan proses menggunakan namanya dengan killall perintah, misalnya killall Safari. Ini akan mematikan semua proses dengan nama “Safari” (sekali lagi, proses peka terhadap huruf besar-kecil).

3. Selesai.

Jangan lupa untuk mengecek lagi apakah masih ada proses yang terlewat untuk dimatikan.

Cara Mematikan Proses Mac pada Port Tertentu

Jika Anda perlu mematikan proses yang menggunakan tertentu port jaringan di Mac Anda, pertama-tama Anda harus mencari tahu proses mana yang menggunakan port itu. Untungnya, ini mudah dilakukan menggunakan Terminal. Perintahnya berbeda bergantung pada versi macOS yang Anda gunakan.

Untuk komputer Mac modern (termasuk model Apple Silicon) yang menjalankan macOS El Capitan atau lebih baru, gunakan lsof perintah, misalnya: lsof -i tcp:51413 untuk menemukan proses yang menggunakan port 51413. Di komputer Mac lama, Anda dapat menggunakannetstatMisalnya: netstat -vanp tcp | grep 51413 untuk menemukan proses pada port 51413.

Buat daftar proses menggunakan port di Mac Anda dengan perintah lsof Terminal

Setelah Anda memiliki PID, Anda dapat mengakhirinya menggunakan kill perintah seperti yang diuraikan di atas. Jika Anda menggunakan lsofAnda dapat langsung mematikan proses berdasarkan port yang digunakannya dengan kill -9 $(lsof -ti:portnumber) perintah, di mana portnumber adalah pelabuhan yang dimaksud.

Cara Memaksa Keluar dari Aplikasi di Dock

Jika proses yang ingin Anda hentikan adalah aplikasi di dok, Anda bisa tutup paksa yang seharusnya membunuhnya meskipun macet dan menjadi tidak responsif. Untuk melakukan ini, temukan aplikasi di dok Anda dan klik kanan (atau klik kontrol) lalu tahan tombol “Option” di keyboard Anda dan pilih “Force Quit” di bagian bawah daftar.

Paksa Keluar dari aplikasi macOS menggunakan menu konteks

Anda dapat menghentikan paksa apa pun, apakah itu macet atau tidak, tetapi Anda cenderung kehilangan progres yang belum disimpan dengan melakukannya. Jika Anda sering perlu melakukan ini, pelajari cara memecahkan masalah aplikasi yang mogok di Mac Anda.

Silahkan cek lagi apakah masih ada proses yang terlewat untuk dimatikan.

Pertanyaan Yang Sering Diajukan

Q1. Bagaimana cara membunuh proses di Mac?
A1. Anda dapat membunuh proses di Mac dengan menggunakan aplikasi Activity Monitor. Buka Activity Monitor, cari proses yang ingin Anda bunuh, klik kanan pada proses tersebut, dan pilih Quit Process.

Baca Juga:
Kumpulan Contoh Geguritan Bahasa Jawa Dengan Berbagai Tema

Q2. Apa yang terjadi jika saya membunuh proses di Mac?
A2. Membunuh proses di Mac dapat menyebabkan aplikasi yang berkaitan dengan proses tersebut untuk berhenti berfungsi. Jika Anda membunuh proses yang salah, Anda dapat menyebabkan kerusakan pada sistem Anda.

Q3. Apakah ada cara lain untuk membunuh proses di Mac?
A3. Ya, Anda juga dapat membunuh proses di Mac dengan menggunakan Terminal. Buka Terminal, ketikkan “killall” diikuti nama proses yang ingin Anda bunuh, dan tekan enter.

Q4. Apakah ada cara untuk membunuh semua proses di Mac?
A4. Ya, Anda dapat membunuh semua proses di Mac dengan menggunakan Terminal. Buka Terminal, ketikkan “killall -9”, dan tekan enter. Ini akan membunuh semua proses yang berjalan di Mac Anda.

Q5. Apakah ada risiko yang terkait dengan membunuh proses di Mac?
A5. Ya, ada risiko yang terkait dengan membunuh proses di Mac. Jika Anda membunuh proses yang salah, Anda dapat menyebabkan kerusakan pada sistem Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda membunuh proses yang benar.

Penutup

Cara Membunuh Proses di Mac adalah cara yang mudah dan efektif untuk menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang dan membebaskan sumber daya sistem yang berharga. Ini adalah cara yang berguna untuk memastikan bahwa Mac Anda berjalan dengan lancar dan efisien.

Kesimpulannya, Cara Membunuh Proses di Mac adalah cara yang mudah dan efektif untuk meningkatkan kinerja Mac Anda. Dengan menggunakan Activity Monitor, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi proses yang tidak diinginkan dan membunuhnya. Ini akan membantu Anda meningkatkan kinerja Mac Anda dan memastikan bahwa Anda dapat menggunakan Mac Anda dengan lancar. Dengan demikian, Cara Membunuh Proses di Mac adalah cara yang efektif untuk meningkatkan kinerja Mac Anda.

Alwib juga mempunya berbagai artikel yang bermanfaat seperti:

Itulah cara membunuh proses di Mac. Jika Anda mengalami masalah dengan aplikasi yang berjalan di Mac Anda, cobalah membunuh proses tersebut untuk mencoba menyelesaikan masalah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Cara Mematikan Proses di Mac yang Wajib Diketahui Pemula

-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *