Cara Memasang Airplay ke Fire Stick di iPhone dan Mac

Posted on

Airplay adalah fitur yang sangat berguna yang memungkinkan Anda untuk memutar konten dari iPhone, iPad, atau Mac ke layar yang lebih besar. Fitur ini juga tersedia di Fire Stick, yang memungkinkan Anda untuk menikmati konten dari perangkat Apple Anda di layar TV Anda. Berikut adalah panduan tentang bagaimana cara memasang Airplay ke Fire Stick.

Apple Inc. menggunakan Apple Airplay untuk mengalirkan audio dan video secara nirkabel. Ini memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming audio, video, dan foto dari perangkat iOS atau Mac mereka ke perangkat lain yang kompatibel dengan Airplay, seperti Apple TV, speaker Airplay, dan smart TV.

Teknologi ini menggunakan Wi-Fi untuk membuat koneksi antar perangkat dan juga dapat mencerminkan tampilan perangkat iOS pada layar yang kompatibel.

Untuk Airplay ke Fire Stick, Anda harus memiliki perangkat Apple seperti iPhone, iPad, atau Mac yang kompatibel dengan Airplay, serta Fire Stick atau Fire TV generasi ke-2 atau lebih baru dan terhubung ke TV yang kompatibel .

Bagaimana Cara Memasang AirPlay ke Fire Stick?

Cara Memasang AirPlay ke Fire Stick
Cara Memasang AirPlay ke Fire Stick

Pada dasarnya Anda bisa langsung mengikuti langkah-langkah cara memasang Airplay ke Fire Stick berikut:

  • Pertama, pastikan bahwa Fire Stick Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama dengan perangkat Apple Anda. Jika Anda belum menghubungkan Fire Stick Anda ke jaringan Wi-Fi, ikuti panduan yang disertakan dengan Fire Stick Anda untuk menghubungkannya.
  • Kedua, pastikan bahwa perangkat Apple Anda dan Fire Stick Anda berada dalam jangkauan Wi-Fi yang sama. Jika Anda menggunakan iPhone atau iPad, Anda juga harus memastikan bahwa Airplay diaktifkan. Untuk mengaktifkan Airplay, buka Pengaturan, lalu pilih Wi-Fi. Pastikan bahwa Wi-Fi diaktifkan, lalu cari nama jaringan Wi-Fi yang sama dengan Fire Stick Anda.
  • Ketiga, buka aplikasi yang ingin Anda putar di perangkat Apple Anda. Jika Anda menggunakan iPhone atau iPad, Anda akan melihat ikon Airplay di bagian atas layar. Ketuk ikon Airplay, lalu pilih nama Fire Stick Anda.
  • Keempat, jika Anda menggunakan Mac, Anda harus mengaktifkan Airplay di Mac Anda. Buka Sistem Preferensi, lalu pilih Layar. Di jendela Layar, pastikan bahwa Airplay diaktifkan. Anda juga harus memastikan bahwa Fire Stick Anda terdaftar di daftar perangkat Airplay. Jika tidak, klik tanda plus di sebelah kanan daftar perangkat Airplay, lalu pilih nama Fire Stick Anda.
  • Kelima, setelah Anda mengaktifkan Airplay, Anda dapat memutar konten dari perangkat Apple Anda ke Fire Stick Anda. Jika Anda menggunakan iPhone atau iPad, Anda dapat memutar konten dengan menggeser layar ke kanan, lalu memilih ikon Airplay. Jika Anda menggunakan Mac, Anda dapat memutar konten dengan mengklik ikon Airplay di bagian atas layar.
Baca Juga:
Menguak Rahasia Cara Melihat Foto yang Ditutupi Stiker

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memasang AirPlay ke Fire Stick dengan mudah. Dengan AirPlay, Anda dapat menampilkan konten dari perangkat Apple Anda di layar yang lebih besar dan memperluas pengalaman menonton Anda.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengikuti 2 cara memasang AirPlay ke Fire Stick berikut. Jangan lupa, Anda harus menyambungkan perangkat dan perangkat Fire TV Anda ke jaringan Wi-Fi yang sama untuk menggunakan Fire TV Display Mirroring. Setelah itu, Anda dapat memulai proses pencerminan dengan mengikuti salah satu metode berikut:

#1. Metode Cast Screen (Android)

Anda dapat mirroring tampilan perangkat Android Anda ke Fire TV menggunakan fitur “Cast Screen“. Di perangkat Android Anda, ketuk “Cast Screen” di menu Pengaturan Cepat. Dari daftar perangkat, pilih perangkat Fire TV Anda, dan layar Anda akan mulai mirroring.

Sayangnya, cara ini tidak berlaku untuk perangkat Apple.

#2. Aplikasi pihak ketiga (iPhone dan Mac)

Anda juga dapat mirroring layar Anda ke Fire TV dengan aplikasi di situs web pihak ketiga. Jika Anda ingin mencerminkan layar dari perangkat seluler, Anda dapat mengunduh AirScreen untuk Fire TV. Cukup ikuti petunjuk di layar untuk memulai.

Cara Mengunduh Airscreen di Perangkat Anda

Anda tidak perlu melakukan sideload AirScreen karena tersedia di Amazon App Store. Di FireStick, instal AirScreen dengan mengikuti langkah-langkah ini.

  • Dari layar beranda, pilih Find dari bilah menu. Kemudian pilih Search dari menu drop-down.
  • Ketik AirScreen, lalu pilihlah AirScreen dari daftar yang disarankan.
  • Dalam APLIKASI DAN GAME kategori, pilih AirScreen.
AirScreen Fire TV cara memasang Airplay ke Fire Stick
Unduh Aplikasi AirScreen di Fire TV Stick
  • Klik Get atau Download.
  • Setelah instalasi, klik Open di layar yang sama. Saat Anda meluncurkan AirScreen, Anda akan melihat dua opsi: How to use Dan Start Now. Anda dapat menonton tutorial video kecil dengan mengklik How to use. Berikut adalah tutorial jika Anda tidak tahu cara menggunakan aplikasi. Jika Anda terbiasa dengan aplikasi tersebut, klik Start Now.
  • Anda harus mengaktifkan AirPlay di aplikasi AirScreen. Untuk melakukan ini, centang kotak AirPlay di Pengaturan. Untuk memeriksanya, pilih opsi.
Baca Juga:
Teknologi Teleportasi, Mengirim Manusia Ke Suatu Tempat Dalam Hitungan Detik

Untuk iPhone Apple:

  • Buka aplikasi AirScreen di FireStick Anda dan mulailah menggunakannya. Pilih Help dari menu sebelah kiri.
  • Memilih iOS.
  • Pilih AirPlay.
  • Kemudian, ketuk sudut kanan bawah layar iPhone Anda untuk membuka Control Center.
  • Klik Screen Mirroring.
  • Untuk mencerminkan layar iPhone Anda ke FireStick Anda, pilih AS-AFTMM[AirPlay].
iPhone AirPlay ke Firestick cara memasang Airplay ke Fire Stick
iPhone AirPlay ke Firestick

Untuk Mac:

Untuk mentransmisikan Mac Anda ke FireStick, ikuti langkah-langkah di bawah ini. Jika Anda ingin berhasil melakukan transmisi, Anda harus terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama di Mac dan FireStick Anda.

  • Di FireStick Anda, buka file AirScreen aplikasi. Help dari menu sebelah kiri.
  • Memilih MacOS.
  • Lalu pilih AirPlay.
  • Dari menu Mac Anda, klik Control Center. Pilih Screen Mirroring.
Mac AirPlay ke Firestick
Mac AirPlay ke Firestick
  • Untuk mencerminkan layar MacBook Anda ke FireStick Anda, klik AS-AFTMM[AirPlay].
Mac AirPlay ke Firestick
Mac AirPlay ke Firestick

Jika Anda tidak ingin mencerminkan seluruh layar Mac atau iPhone Anda, Anda dapat menggunakan metode proyek yang tersedia di hampir setiap OTT atau platform streaming video.

Klik pada gambar untuk melihatnya dalam resolusi penuh.

Perangkat apa yang mendukung AirPlay?

AirPlay didukung di perangkat berikut:

  • iOS 4.3 atau lebih baru diperlukan untuk iPhone, iPad, dan iPod touch
  • Sistem operasi berbasis Mountain Lion atau lebih baru untuk Mac
  • Apple TV menjalankan perangkat lunak versi 6.0 atau lebih baru
  • PC Windows yang menjalankan iTunes 12.2 atau lebih baru
  • Smart TV dan perangkat streaming dari LG, Vizio, Sony, Samsung, dan lainnya yang memiliki fitur AirPlay bawaan
  • Speaker berkemampuan AirPlay dari Bose, Sonos, Denon, dan pabrikan lain.

Mengapa AirPlay tidak berfungsi di Fire Stick?

AirPlay mungkin tidak berfungsi di Fire Stick karena sejumlah alasan, termasuk:

  • Firmware Fire Stick mungkin tidak diperbarui ke versi terbaru, yang dapat menyebabkan masalah kompatibilitas dengan AirPlay.
  • Perangkat Fire Stick mungkin tidak didukung oleh AirPlay, yang biasanya digunakan untuk model lama.
  • Fire Stick mungkin tidak tersambung ke jaringan yang sama dengan perangkat tempat Anda mencoba AirPlay.
  • Fitur AirPlay mungkin tidak diaktifkan di perangkat Fire Stick.
  • Perangkat tempat Anda mencoba menggunakan AirPlay mungkin tidak kompatibel dengan Fire Stick.
  • Jaringan yang Anda gunakan mungkin tidak memiliki koneksi yang stabil, yang dapat menyebabkan masalah streaming.
Baca Juga:
Smartphone Masa Depan Dengan Teknologi AI

Untuk memperbaiki masalah ini, Anda dapat mencoba memperbarui firmware Fire Stick, yang membuat AirPlay kompatibel dengan perangkat Roku.

Mana yang lebih baik, Amazon Fire Stick atau Chromecast?

Tongkat Api Amazon dan Chromecast
Gambar: TechRadar

Amazon Fire Stick dan Chromecast adalah perangkat streaming yang populer tetapi memiliki fitur dan kemampuan yang berbeda. Amazon Fire Stick adalah perangkat yang lebih komprehensif yang menawarkan akses ke berbagai layanan streaming, termasuk Amazon Prime Video, Netflix, Hulu, dan lainnya.

Ini juga termasuk asisten suara bawaan (Alexa) untuk navigasi dan kontrol yang mudah dan kemampuan untuk mengunduh aplikasi, game, dan konten lainnya. Chromecast, di sisi lain, adalah perangkat yang lebih mendasar yang terutama mengalirkan konten dari ponsel atau tablet ke TV Anda.

Ini mendukung berbagai aplikasi dan layanan, tetapi tidak memiliki remote atau antarmuka sendiri dan tidak menawarkan aplikasi atau game bawaan.

Amazon Fire Stick adalah perangkat yang lebih kaya fitur yang menawarkan pengalaman keseluruhan yang lebih baik, sementara Chromecast lebih disederhanakan dan berfokus pada streaming konten dari ponsel atau tablet Anda.

Kedua perangkat memiliki kelebihannya masing-masing, sehingga pada akhirnya bergantung pada kebutuhan dan preferensi spesifik Anda.

Kesimpulan

Kami harap Anda menikmati blog kami tentang cara memasang Airplay ke Fire Stick. Airplay adalah fungsi yang relatif baru yang memungkinkan Anda menyambungkan perangkat secara nirkabel dan memutarnya di TV terdekat. Posting blog ini memberikan informasi bermanfaat tentang cara menyambungkan perangkat Anda ke TV secara nirkabel.

Itulah langkah-langkah cara memasang Airplay ke Fire Stick dengan mudah. Dengan menggunakan Airplay, Anda dapat memutar konten dari perangkat Apple Anda ke layar TV Anda. Selamat mencoba!

Cara Memasang Airplay ke Fire Stick di iPhone dan Mac

-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *