Cara Mengatasi Skizofrenia Tanpa Obat-obatan Yang Sangat Efektif

Posted on

Satu-satunya cara mengatasi skizofrenia tanpa obat-obatan adalah dengan metode terapi. Sejatinya, terapi merupakan metode utama yang diwajibkan untuk mengobati berbagai penyakit gangguan berpikir. Tidak hanya skizofrenia, namun juga kasus bipolar hingga obsesif kompulsif. Terapi juga merupakan penanganan paling aman dibandingkan dengan pemberian obat-obatan yang dalam jangka panjang menimbulkan efek samping.

Cara Mengatasi Skizofrenia Tanpa Obat-obatan

Berikut adalah beberapa metode terapi sebagai cara mengatasi skizofrenia tanpa obat-obatan yang sudah terbukti efektif pada kesembuhan penderita penyakit skizofrenia.

Metode Terapi Efektif Untuk Pasien Skizofrenia

cara mengatasi skizofrenia tanpa obat-obatan_5

Ada dua macam metode terapi yang dapat diterapkan pada pasien skizofrenia, yakni psikoterapi yang berkaitan dengan pola pikir dan perilaku dari pasien dan terapi elektrokonvulsif yang bertujuan untuk merelaksasi tubuh dan pikiran penderita skizofrenia agar lebih tenang terutama yang mengalami paranoia berat. Kedua metode tersebut terbukti efektif untuk menangani kasus skizofrenia.

Memahami Lebih Dalam Tentang Psikoterapi

Psikoterapi secara sederhana merupakan terapi yang dilakukan untuk menyembuhkan psikologis dari penderita skizofrenia tersebut. Psikoterapi sendiri terbagi menjadi tiga metode berbeda, yakni :

1. Terapi Perilaku Kognitif

Terapi ini dilakukan langsung pada pasien dengan tujuan untuk mengubah pola pikir dan perilaku negatif yang menjadi pemicu dari penyakit skizofrenia tersebut. Pasien akan dilatih untuk lebih mencintai diri sendiri, mengendalikan emosi, serta membedakan antara realita dengan imajinasi. Semakin positif cara berpikir pasien, maka semakin cepat terlepas dari pengaruh skizofrenia.

2. Terapi Individual

Sesi terapi ini tidak hanya dilakukan pada pasien, namun juga orang-orang terdekatnya. Metode pengobatan skizofrenia melalui terapi ini dengan memberikan edukasi terhadap pasien dan orang sekitar tentang cara yang tepat untuk berinteraksi satu sama lain. Dengan terbangunnya komunikasi yang baik, maka akan membantu proses penyembuhan pasien lebih cepat.

3. Terapi Remediasi Kognitif

Dalam terapi remediasi kognitif, pasien yang sudah cukup lama mengidap gangguan skizofrenia hingga mengasingkan diri dari kehidupan sosial akan dilatih kembali hidup di tengah masyarakat. Pasien juga akan diajarkan untuk memilah ingatan agar tidak terpengaruh kembali oleh halusinasi, serta teknik pengendalian diri. Dengan demikian, pasien bisa mendapatkan kembali lingkungan sosialnya.

Terapi Elektrokonvulsif Menggunakan Arus Listrik

cara mengatasi skizofrenia tanpa obat-obatan

Ketika pertama kali mendengar cara mengatasi skizofrenia tanpa obat-obatan yang satu ini, mungkin sebagian orang dibuat takut. Bahkan sebelum mendapatkan penjelasan lebih jauh tentang prosedur pelaksanaan serta tujuan pemberian terapi ini, banyak pasien berikut keluarga menolak pemberian terapi yang baru dilakukan selama beberapa tahun terakhir tersebut.

Sebagaimana telah sedikit disinggung di atas, pemberian terapi elektrokonvulsif bertujuan untuk merelaksasi pasien sehingga memberikan efek ketenangan dan kejernihan dalam berpikir. Hal pertama yang akan dilakukan adalah pemberian bius pada pasien supaya selama sesi terapi, alam bawah sadar mereka dapat terstimulasi dan ketika sadar telah terbentuk motivasi untuk menjadi pribadi yang positif.

Setelah efek obat bius bekerja, pada ubun-ubun pasien akan dipasangkan elektroda yang dapat mengalirkan listrik berarus rendah. Dengan kata lain, aliran listrik tersebut sama sekali tidak memiliki dampak berbahaya bagi tubuh pasien. Arus tersebut menimbulkan kejang otak dalam tempo yang singkat. Terapi ini dilakukan minimal dua kali dalam sepekan.

Seberapa Efektif Pengobatan Skizofrenia Melalui Terapi?

cara mengatasi skizofrenia tanpa obat-obatan_3

Sangat efektif. Karena akar permasalahan dari penyakit skizofrenia adalah kerancuan dalam pola pikir penderita sehingga memengaruhi perilaku kesehariannya, maka melalui terapi hal tersebut dapat dituntaskan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa cara mengatasi skizofrenia tanpa obat-obatan melalui sesi terapi dengan tenaga profesional merupakan solusi terbaik, terutama bagi pasien yang tidak memungkinkan untuk mengonsumsi obat medis seperti ibu hamil dan menyusui.

Itulah informasi cara mengatasi skizofrenia tanpa obat-obatan yang telah disampaikan di atas. Semoga bermanfaat untuk pengetahuan dalam mengenal penyakit skizofrenia.

Cara Mengatasi Skizofrenia Tanpa Obat-obatan Yang Sangat Efektif

5.0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *