Cara Daftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan Yang Ampuh 100% Berhasil

Posted on

Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan | Banyak peserta BPJS Ketenagakerjaan yang masih datang pagi-pagi ke kantor BPJS setempat untuk mendapat nomor antrian agar bisa melakukan pencairan saldo Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan. Padahal proses pencairan klaim JHT ini sudah disederhanakan yaitu dengan adanya antrian online BPJS Tenaga Kerja.

Dengan antrian secara online ini, maka kita bisa santai di rumah tanpa perlu berangkat pagi-pagi ke kantor BPJS Ketenagakerjaan. Namun, apakah kemudahan ini bisa didapatkan oleh semua peserta  BPJS Ketenagakerjaan?

Dalam kenyataannya, sobat harus mengalami antrian online BPJS Tenaga Kerja selalu penuh. Hal ini juga dirasakan sendiri oleh Admin pada saat melakukan pengajuan klaim pencairan JHT. Namun, sobat jangan merasa khawatir. Setelah melakukan berbagai percobaan daftar antrian online, Admin telah menemukan cara agar daftar antrian online BPJS Ketenagakerjaan yang ampuh dengan tingkat keberhasilan 100%. Dan dalam artikel ini, Admin akan berbagi trik rahasia cara melakukan pendaftaran antrian online BPJS Ketenagakerjan dengan mudah.

Mau tahu mengenai antrian online BPJS Ketenagakerjaan secara detil dan trik rahasia cara ampuh daftarnya? Silahkan sobat simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Cara Daftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan Yang Ampuh

Cara Daftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan

Perlu sobat ketahui bahwa antrian online BPJS Ketenagakerjaan sudah diperkenalkan sejak tanggal 9 Mei 2018 yang bisa diakses secara langsung lewat website resmi BPJS Ketenagakerjaan di https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Sistem antrian online ini dibuat karena keadaan antrian peserta yang datang ke kantor BPJS dalam waktu bersamaan sangatlah panjang dan lama. Sehingga diharapkan para peserta BPJS merasa nyaman ketika melakukan pengajuan klaim tanpa harus mengantri dari pagi.

1. Pengajuan Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan PENUH

Dimasa pandemi Corona membuat kita tidak bisa keluar rumah dengan leluasa sehingga disarankan untuk menggunakan antrian online e-Klaim.

Pada bulan Maret 2020 sebelum ada ketentuan bekerja dari rumah (Work From Home), kita masih bebas memilih antrian pada tanggal tertentu yang masih kosong dalam jangka waktu satu bulan. Sehingga kita bisa dengan mudah mendapatkan antrian BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

Namun sayangnya, sekarang ini setiap pendaftar antrian dibatasi hanya bisa memilih untuk 1 hari saja Ketentuan ini berlaku mulai awal bulan April 2020. Hal ini tentu saja mengakibatkan terjadinya perebutan antrian online sesama peserta BPJS yang ingin melakukan klaim.

Baca Juga:  Syarat dan Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan untuk Para Pekerja Mandiri

Admin sendiri sudah mencoba mendaftar untuk pencairan BPJS Ketenagakerjaan pada waktu pagi hari, namun gagal. Kemudian mencoba mendaftar lagi pada jam 5:00 pagi, ternyata tetap gagal. Muncul tampilan pop-up dengan tulisan: Maaf, Antrian Penuh. Kantor cabang dan jadwal yang Anda pilih sudah penuh. Silahkan pilih cabang yang lain. Seperti gambar di bawah ini.

Cara Daftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan Antrian penuh

Admin iseng-iseng mencoba untuk memilih cabang lain dari Aceh sampai Papua, ternyata hampir semua cabang sudah penuh antriannya. Sempat berhasil di Cabang Sukabumi, namun error karena tampilan browsernya loading terus.

2. Kenapa Antrian Online BPJS Selalu PENUH?

Coba sobat bayangkan, misalnya satu kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan hanya mempunyai kuota melayani antrian 200 orang untuk satu hari. Sementara orang-orang yang mau daftar antrian online lebih dari seribu orang.  Tentu saja semua orang yang mau mendaftar ini rebutan agar bisa mendapatkan antrian pelayanan BPJS Ketenagakerjaan.

Admin sudah mencoba untuk mendaftar pada jam 5:00 pagi seperti yang sudah diceritakan di atas. Namun tidak berhasil. Kalau jam 5 pagi antrian suatu cabang sudah penuh, itu berarti orang-orang yang mau daftar tersebut rebutan antrian mulai jam 12 malam. Sampai sini, mengerti, kan?

Nah, pada hari berikutnya Admin mencoba daftar pada jam 12:35 dini hari. Ternyata… gagal juga. Antrian sudah penuh. Gila! Masa jam segitu antrian sudah penuh.

Admin jadi sempat curiga, jangan-jangan cabang yang dituju memang tidak melayani antrian online. Curhat ke FansPage BPJS Ketenagakerjaan di Facebook, chat dibalas oleh salah satu adminnya yang bernama Beni: “Silahkan akses secara berkala, blablabla”. Oh, berarti sebenarnya Cabang pelayanan yang dituju memang membuka antrian online e-Klaim.

SS-Chat

Dari chat BPJS Ketenagakerjaan lainnya, menyatakan bahwa pencairan klaim JHT dapat di proses melalui kantor cabang manapun. Namun disarankan untuk pengajuan melalui kantor cabang terdekat.

Pencairan JHT BPJS

Akhirnya Admin keluarkan trik pamungkas untuk bisa mendapatkan antrian BPJS Ketenagakerjaan. Dan… Akhirnya Admin berhasil mendapatkan antrian online BPJSTK. Alhamdulillah, sob! Trik ini biasanya dipakai oleh Admin ketika rebutan domain atau hosting murah pada acara Black Friday. Mau tahu trik rahasianya?

3. Trik Rahasia Cara Daftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan Dengan Mudah

Sebelum memulai trik cara daftar antrian online BPJS yang mudah ini, ada beberapa hal yang harus disiapkan yaitu:

  1. Pastikan kuota internet mencukupi dan jaringannya stabil juga bagus
  2. Catat data berikut ini di Notepad
  • Nomor KTP
  • Nomor KPJ BPJS Ketenagakerjaan
  • Nama Lengkap
  • Nomor HP/telpon yang bisa dihubungi
  • Alamat email
Baca Juga:  Cara Membuat BPJS Ketenagakerjaan yang Hilang

Setelah semua hal di atas sudah siap, ikuti langkah-langkah berikut di bawah ini. Admin daftar antrian online BPJS tenaga kerja dengan menggunakan komputer.

  • Silahkan nyalakan komputer dan modemnya. Kemudian buka browser dan ketik alamat sso BPJS Ketenagakerjaan antrian online  https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ pada jam 05:45 atau 05:50 pagi.

  • Kemudian lakukan klaim dan isi semua kolomnya dengan copy paste dari catatan di notepad pada langkah 2. Isi semua kolomnya sampai bagian “Wilayah Pelayanan”. Kosongkan kolom “Cabang Pelayanan” yang tersisa. Silahkan cek ulang untuk memastikan data yang diisi sudah benar!

Form antrian online BPJS Ketenagakerjaan

  • Selanjutnya klik kotak verifikasi “Saya bukan robot”. Pada langkah ini, pastikan selesai maksimal jam 05:59. Kemudian tunggu!
  • Pada jam 06:00 tepat, segera pilih Cabang Pelayanan yang sobat tuju, Tanggal Pengajuan Klaim dan Jam Pengajuan Klaim. Sobat harus cepat ketika melakukan langkah krusial ini!
  • Langkah selanjutnya, segera klik tombol SIMPAN. Tunggu beberapa saat, sobat akan mendapat pop-up telah berhasil mendapatkan nomor antrian dan diminta untuk memeriksa email.
  • Selesai.

Setelah langkah-langkah di atas sudah selesai, silahkan sobat buka akun email dan memeriksa email yang dikirim oleh BPJS Ketenagakerjaan dengan alamat email noreply@bpjsketenagakerjaan.go.id.

Isi Email

Pada email tersebut ada beberapa penjelasan lengkap mengenai data pengajuan Antrian Online anda serta dokumen yang harus dilengkapi.

CATATAN:

  • Jangan lakukan pendaftaran di hari libur. Admin berhasil melakukan pendaftaran antrian online ini pada hari kerja.
  • Apabila sobat gagal daftar antrian BPJS pada jam 06:00 pagi, silahkan coba tips ini pada jam 07:00 atau 08:00 pagi pada hari kerja.
  • Apabila gagal daftar antrian di Cabang Pelayanan BPJS terdekat, silahkan coba daftar antrian di Cabang Pelayanan lainnya.
  • JANGAN gunakan jasa antrian BPJS, karena data pribadi BPJS sobat akan tersebar dan diketahui oleh orang lain.

UPDATE

Ternyata pihak BPJS TK telah mengetahui ada oknum-oknum yang menjual jasa pendaftaran antrian online. Bahkan mereka berani menawarkan jasanya kepada para anggota di halaman Facebook resmi BPJS-TK info. Oleh karena hal itu, BPJS TK melakukan perombakan aturan cara pendaftaran antrian online serta mengupdate website dan aplikasinya. Padahal kalau kita mau dan membaca artikel di Alwib.net ini, pasti bisa mendapatkan antrian online dengan mudah dan gratis.

Baca Juga:  Kegunaan Obat Penisilin, Antibiotik Sejuta Umat

Sekarang para peserta BPJS TK hanya diperbolehkan melakukan registrasi pendaftaran antrian online pada jam operasional saja, yaitu mulai jam 06:00 pagi hingga selesai. Apabila anda memaksa untuk mencoba di luar jam operasional, maka akan muncul pop-up peringatan yang berisi:

“Selamat datang..

Demi kenyamanan Peserta dalam akses layanan kami dari oknum yang mengatasnamakan BPJS Ketenagakerjaan dengan modus menawarkan bantuan dan memungut biaya untuk mendaftarkan online diluar jam operasional, maka silahkan akses kembali layanan kami mulai pukul 06:00 WIB.”

Pengumuman Lapak Asik BPJS-Ketenagakerjaan

Lantas, apakah trik rahasia yang ada dalam artikel ini sudah tidak bisa lagi? Tenang, trik ini memang sudah tidak bisa dilakukan pada jam 24:00 lagi, namun tetap BISA sobat lakukan pada jam 06:00 pagi. Mengerti, kan?

Jadi, sobat hanya menggeser waktu pendaftarannya saja yang sebelumnya dari jam 24:00 berubah menjadi jam 06:00. Kekurangan dari perubahan jadwal ini adalah semakin banyak peserta yang rebutan untuk mendapatkan antrian online. Namun jangan khawatir, sobat akan sangat mudah mendapatkan antrian online BPJS TK dengan mengikuti panduan di atas. Tetap semangat ya, demi mendapatkan hak sobat semua.

Apabila sudah berhasil mendapatkan antrian online dan mengirimkan dokumen lewat email, maka masih ada perjuangan lagi untuk mendapatkan hak dana BPJS Ketenagakerjaan yaitu verifikasi data dan wawancara. Tenang, sob. Admin sudah membuat artikel Tips Wawancara Verifikasi Dokumen Klaim BPJS Ketenagakerjaan Dengan Video Call WA. Pada artikel tersebut membahas panduan wawancara untuk verifikasi dokumen dan berapa lama yang dibutuhkan untuk pencairan klaim BPJS TK hingga masuk ke rekening kita.

Itulah informasi mengenai trik cara mudah daftar antrian online BPJS Ketenagakerjaan. Yuk segera dicoba triknya, semoga sobat pembaca Alwib.net berhasil mendapatkan antrian BPJS Ketenagakerjaan dan proses klaimnya lancar. Jika sudah berhasil mengikuti tips ini atau masih ada kendala, silahkan tulis di kolom komentar dan share artikel ini agar saudara atau teman-teman sobat juga berhasil daftar antrian online BPJS.

Cara Daftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan Yang Ampuh 100% Berhasil

5.0

Leave a Reply

Your email address will not be published.