Tahukah Anda, 8 Kebiasaan Ini Ternyata Bikin Kulit Cepat Tua

Tahukah Anda, kebiasaan kecil yang sering kita lakukan ternyata bisa membuat kulit cepat tua dari usia sebenarnya. Bila Anda sering melakukan kebiasaan sederhana berikut ini, sebaiknya mulai kurangi dari sekarang agar kulit tampak lebih awet muda.

Tahukah Anda, 8 Kebiasaan Ini Ternyata Bikin Kulit Cepat Tua

Banyak hal yang mempengaruhi kulit cepat tua, pada kesempatan kali ini Alwib.net akan menjelaskan beberapa penyebab dari sisi kebiasaan yang anda lakukan sehingga kulit menjadi cepat menua. Lantas kebiasaan apa saja penyebabnya? Yuk simak informasinya berikut ini.

  1. Multitasking

Kebiasaan Ini Ternyata Bikin Kulit Cepat Tua 1. Multitasking

Multitasking terdengar produktif dan baik terutama dalam hal kecepatan bekerja. Namun, multitasking bisa membuat Anda stres. Multitasking yang menyebabkan stres kronis justru memicu pelepasan radikal bebas dan merusak sel sehingga memicu penuaan dini.

Daripada melakukan banyak hal sekaligus, lebih baik berkonsentrasi pada satu tugas dalam satu waktu. Jika satu pekerjaan telah selesai, barulah berpindah pada pekerjaan lainnya. Dengan begini, risiko stres berkurang dan tubuh pun jadi lebih rileks.

  1. Terlalu sering menikmati happy hour

2. Terlalu sering menikmati happy hour

Baca Juga:  Mengulas Lebih Dalam Apa Itu Skizofrenia Dan Cara Mengatasinya

Menghadiri happy hour atau menghabiskan waktu di bar favorit memang menyenangkan. Namun, bila terlalu sering meminum 1 atau 2 gelas alkohol dalam satu hari justru kebiasaan tersebut bisa mengancam kesehatan Anda. Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol ternyata dapat mengurangi kadar kolagen atau protein dalam tubuh yang menjaga kulit agar tetap muda.

Konsumsi alkohol yang berlebihan juga ditengarai menyebabkan dehidrasi. Alkohol menyerap kelembapan kulit dan memicu proses pembentukan kerutan dan inflamasi kulit. Dalam jangka panjang konsumsi alkohol juga berdampak buruk pada ginjal dan organ tubuh lainnya. Jadi, jika ada teman-teman yang sering mengajak party, say NO!

  1. Kurang tidur

Kebiasaan Ini Ternyata Bikin Kulit Cepat Tua 3. kurang tidur

Kurangnya waktu tidur atau tidur kurang dari lima jam setiap malam tak hanya menyebabkan kantung hitam di bawah mata, tapi juga dikaitkan dengan umur pendek dan memicu penuaan kulit. Idealnya Anda harus tidur selama tujuh jam agar tubuh bisa berfungsi dengan optimal.

  1. Tidur dengan sarung bantal katun

4. tidur dengan sarung bantal katun

Tak hanya durasi waktu tidur yang mampu mempengaruhi penuaan kulit, tapi juga jenis sarung bantal yang Anda gunakan. Tidur menggunakan sarung bantal berbahan katun ditengarai mampu memicu kerutan di wajah atau sleep lines.

Untuk menghindari hal ini, cobalah berinvestasi dengan membeli sarung bantal sutra yang lebih halus. Meski harganya lebih mahal, sarung bantal sutra dipercaya mampu mengurangi sleep lines dan baik untuk rambut.

  1. Menyemprotkan parfum di leher

5. menyemprotkan parfum di leher

Kebiasaan sederhana yang satu ini sering dilakukan tanpa sadar. Alkohol yang terkandung di dalam parfum ditengarai dapat mengeringkan kulit. Kondisi ini bisa diperparah apabila kulit leher terkena sinar matahari. Untuk melindungi kulit, sebaiknya semprotkan parfum di area rambut dan lengan saja.

  1. Mengubah temperatur ruangan secara drastis

6. mengubah temperatur ruangan secara drastis

Perubahan temperatur ruangan secara drastis juga bisa mempercepat penuaan kulit. Jika Anda terlalu sering menghabiskan waktu di dalam ruangan dingin atau sangat panas, maka kelembapan kulit akan berkurang secara drastis sehingga memicu inflamasi dan menimbulkan kerutan di kulit.

  1. Minum menggunakan sedotan

7. minum menggunakan sedotan

Kebiasaan minum menggunakan sedotan dipercaya mampu menurunkan risiko plak gigi, namun jika dilakukan berulangkali bisa menyebabkan kerutan di sekitar mulut. Saat minum menggunakan sedotan, maka otot di sekitar bibir akan mengerucut dan memicu kerutan.

  1. Mengurangi konsumsi lemak sehat

8. mengurangi lemak sehat

Tak selamanya lemak itu jahat, ada lemak sehat yang baik untuk tubuh. Lemak sehat ini membantu menjaga keseimbangan hormon, keutuhan struktur membran sel dan menjadikan kulit lebih sehat. Lemak sehat seperti ini bisa Anda dapatkan di buah alpukat, biji bunga matahari dan biji-bijian lainnya yang banyak mengandung vitamin E.

Baca Juga:  Syarat dan Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan untuk Para Pekerja Mandiri

Itulah beberapa kebiasaan yang dipercaya bisa memicu kerutan dan membuat kulit cepat menua. Demi menjaga elastisitas dan kesehatan kulit, ada baiknya Anda mengurangi kebiasaan di atas.

Tahukah Anda, 8 Kebiasaan Ini Ternyata Bikin Kulit Cepat Tua

-

Leave a Reply

Your email address will not be published.