6 Manfaat Biji Alpukat Untuk Kesehatan Dan Cara Mengkonsumsinya

Alwib.net | Manfaat biji alpukat untuk kesehatan. Banyak orang menyukai alpukat. Namun, mereka tidak sadar bahwa selain daging, bijinya pun dapat dikonsumsi. Bahkan kandungan serat, antioksidan, dan fenolik pada bijinya jauh lebih tinggi daripada dagingnya. Penggunaannya pun mudah. Hanya dengan digiling atau dihaluskan, Anda bisa menggunakannya sebagai bubuk pada makanan atau jus.

Selain itu, ada banyak sekali khasiat dari biji buah ini yang diteliti oleh para ahli. Di antaranya dapat Anda ketahui pada daftar manfaat biji alpukat untuk kesehatan berikut ini.

Manfaat Biji Alpukat untuk Kesehatan Dan Cara Mengkonsumsinya

Manfaat Biji Alpukat untuk Kesehatan Dan Cara Mengkonsumsinya

Masih banyak orang yang belum mengetahui manfat biji alpukat untuk kecantikan dan kesehatan. Hal ini dikarenakan para ahli masih melakukan penelitian dan belum banyak yang menerbitkan hasil studinya. Horinaja telah berhasil merangkum beberapa manfaat biji alpukat dari berbagai sumber yang cukup akurat dan terpercaya. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Memperkuat imunitas
Biji alpukat mengandung anioksidan yang sangat kuat. Sedangkan kita tahu, antioksidan memiliki banyak manfaat. Di antaranya meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh, melindungi tubuh dari radikal bebas, hingga menjaga dari serangan infeksi akibat virus, bakteri, dan jamur. Biji alpukat sendiri menurut studi tahun 2004 oleh National University of Singapore disebutkan memiliki tingkat antioksidan yang lebih besar dari buah lain, semisal mangga dan nangka. Sehingga ke depannya bisa diharapkan menjadi salah satu bahan dasar suplemen untuk meningkatkan imunitas mencegah terkena penyebaran virus Covid-19 serta variannya.

Baca Juga:  Manfaat Daun Sirsak Untuk Asam Urat dan Kesehatan

2. Melawan kanker
Sifat anti-kanker dari biji alpukat hadir karena kandungan biji tersebut yang kaya akan flavonol, salah satu jenis flavonoid. Flavonol ini dipercaya merupakan antioksidan kuat yang dapat mencegah serta mengurangi tumbuhnya tumor. Selain itu, biji alpukat juga kaya akan lemak sehat, sehingga dipercaya dapat membantu menghilangkan sel-sel induk leukimia, sekaligus menjaga sel-sel yang sehat. Hal ini sesuai dengan studi yang diterbitkan oleh Biology Pharmaceutical pada tahun 2013.

3. Menurunkan kolesterol tinggi
Sama seperti dagingnya, biji buah alpukat juga kaya akan lemak tak jenuh tunggal. Itu berarti, biji tersebut bila dikonsumsi dapat mengurangi tingkat LDL atau kolesterol buruk, sekaligus meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik. Biji alpukat juga mengandung serat yang mudah larut. Sedangkan kita tahu, serat memiliki khasiat yang baik untuk jantung.

4. Mengurangi peradangan
Biji alpukat juga mengandung antioksidan yang bersumber dari procyanidins dan catechin. Kedua senyawa tersebut dipercaya dapat mengurangi peradangan, seperti rasa nyeri, bengkak, dan kekakuan. Selain itu, biji alpukat juga memiliki sifat anti-inflamasi. Sedangkan inflamasi sendiri merupakan penyebab banyak masalah kesehatan, mulai dari asma, jerawat, demam, radang usus, hingga kanker.

5. Meringankan masalah perut
Manfaat biji alpukat untuk kesehatan selanjutnya berhubungan dengan perut dan usus. Kandungan serat dan antioksidan yang tinggi pada biji alpukat dipercaya baik untuk sistem pencernaan. Biji alpukat juga dapat membantu mengatasi masalah terkait, seperti sembelit, sakit lambung, diare, dan masalah pencernaan lainnya.

Baca Juga:  Beberapa Penyebab, Gejala Penularan Dan Metode Pengobatan Penyakit Herpes

6. Baik untuk kulit
Seperti disebutkan sebelumnya, biji buah alpukat dapat membantu melawan radikal bebas. Sedang kita tahu, radikal bebas adalah penyebab utama penuaan dini, munculnya garis-garis halus, kerutan, dan kulit kendur. Minyak dari biji alpukat pun berperan sama, mampu meningkatkan kolagen pada kulit, sehingga membuat kulit lebih lembut, rapat, dan muda. Manfaat biji alpukat untuk kesehatan lainnya adalah kemampuannya untuk mengurangi kerusakan kulit akibat terpaan sinar matahari sehingga mampu mempertahankan kecantikan kulit anda.

Cara Mengkonsumsi Biji Alpukat

Manfaat Biji Alpukat untuk Kesehatan Dan Cara Mengkonsumsinya

Sebagian besar para ilmuwan melakukan penelitian tidak memakai seluruh biji alpukatnya namun melainkan berasal dari ekstrak biji alpukat yang sudah diolah terlebih dahulu. Sehingga anda harus memahami cara mengkonsumsinya agar tidak secara sembarangan dalam memanfaatkan biji alpukat tersebut.

Cara mengolah biji alpukat untuk menghasilkan ekstrak biji alpukat yang benar, para peneliti melakukan pengolahan biji alpukat dengan menggunakan oven yang disetel pada tingkat suhu yang tinggi dalam waktu beberapa jam hingga biji alpukat tersebut kering. Setelah mengering, tahap berikutnya biji alpukat tersebut diproses menjadi halus sampai menjadi bubuk. Nah, biji alpukat yang sudah menjadi bubuk tersebut kemudian diberi kemasan yang berbentuk obat suplemen yang bisa anda beli secara bebas.

Tapi ingat, anda jangan mengkonsumsi suplemen tersebut secara berlebihan karena para peneliti masih belum menemukan efek samping atau keamanan jika dikonsumsi oleh manusia. Para peneliti telah menguji suplemen tersebut pada tikus, efek samping biji alpukat ketika tikus mengkonsumsinya dengan dosis yang amat tinggi maka sangat berbahaya bagi kesehatan tikus tersebut.

Baca Juga:  Tahukah Anda, 8 Kebiasaan Ini Ternyata Bikin Kulit Cepat Tua

Efek Samping Mengkonsumsi Biji Alpukat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, manfaat biji alpukat bagi kesehatan seperti gagal ginjal dan diabetes memang cukup menjanjikan, namun sayangnya para ilmuwan masih terbatas dalam menemukan perkembangan manfaat dari biji alpukat tersebut. Para ilmuwan masih dalam tahap pengujian yang terbatas dengan menggunakan hewan saja untuk menemukan bermacam-macam manfaat biji alpukat untuk kesehatan. Pengujian dengan melakukan ujicoba tahap selanjutnya pada manusia memang masih dibutuhkan agar para ilmuwan bisa membuat kesimpulan yang tepat dan akurat mengenai manfaat biji alpukat dan cara mengkonsumsinya.

Dari berbagai penelitian, di dalam biji alpukat ternyata terdapat berbagai macam senyawa tanaman, seperti misalnya glikosida sianogenik dan inhibitor trypsin, yang bisa menimbulkan kekhawatiran akan bahayanya. Para peneliti juga merasa khawatir akan timbulnya kerusakan tubuh yang diakibatkan dari minyak biji alpukat, hal ini disebabkan minyak tersebut memang terbukti bisa membuat enzim meningkat serta terjadi penumpukan lemak pada hati tikus.

Jadi, masih belum ada bukti yang kuat untuk meyakini jika biji alpukat dapat dikonsumsi manusia dengan aman, hal ini disebabkan para ilmuwan baru melakukan penelitian dengan menggunakan hewan.

Itulah informasi mengenai manfaat biji alpukat dan cara mengkonsumsinya dengan aman. Semoga para ilmuwan bisa mengembangkan lagi penelitiannya sehingga semakin banyak manfaat yang diberikan oleh biji alpukat tersebut.

6 Manfaat Biji Alpukat Untuk Kesehatan Dan Cara Mengkonsumsinya

-

Leave a Reply

Your email address will not be published.