Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Terbaik 2019

Posted on

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah – Kuliah merupakan dambaan bagi setiap orang yang menginginkan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi setelah menjalani pendidikan SMA. Namun biasanya yang menjadi dilema utama bagi para pelajar adalah tingginya biaya yang harus dikeluarkan untuk mengenyam pendidikan tersebut.

Berbagai hal pun mulai dilakukan bagi mereka yang serius ingin melanjutkan pendidikan, mulai dari bekerja dan menabung dulu untuk biaya kuliah nantinya atau bahkan kuliah sambil bekerja pun dilakoni. Namun alangkah baiknya jika kita mampu untuk mendapatkan beasiswa sehingga meringankan beban biaya yang dibutuhkan.

Kami telah menyiapkan artikel mengenai cara mendapatkan beasiswa kuliah termasuk beasiswa kuliah UGM, beasiswa kuliah fakultas kedokteran, dan tak lupa kami juga akan membahas mengenai cara mendapatkan beasiswa kuliah di kampus swasta. Yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah

Sebelumnya kami pernah membuat artikel mengenai cara mendapatkan beasiswa sekolah untuk tingkat SD, SMP dan SMA. Berikut akan dipaparkan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan beasiswa kuliah di tahun 2019 dan berlanjut pada tahun 2020 dan seterusnya :

Beasiswa bidikmisi

Beasiswa-Bidikmisi

Beasiswa ini diperuntukkan bagi pelajar SMA/SMK/MA sederajat yang ingin kuliah di kampus yang dinaungi oleh Kementrian Ristek Dikti. Biaya pendidikan penerima beasiswa ditanggung maksimal 8 semester untuk S1 dan D4 serta 6 semester untuk D3. Untuk program yang ada pendidikan profesi juga mendapatkan biaya. Ada juga biaya bantuan hidup serta kegiatan pelatihan, penalaran, penguasaan bahasa inggris serta bimbingan karir dan kepemimpinan.

Beasiswa unggulan CIMB Niaga

Beasiswa-unggulan-CIMB-Niaga

Beasiswa ini diperuntukkan bagi pelajar SMA/sederajat yang memiliki prestasi akademik maupun non akademik yang ingin melanjutkan studi ke jenjang S1 di Indonesia. Beasiswa unggulan CIMB Niaga ini merupakan beasiswa ikatan kerja yang mencakup biaya pendidikan selama 8 semester, biaya hidup, fasilitas laptop, biaya tugas akhir serta program pengembangan diri.

Beasiswa bakti BCA

Beasiswa-Bakti-BCA

Para penerima beasiswa dibekali dengan adanya pelatihan, pendampingan dalam bentuk pengembangan soft skill serta seminar. Mahasiswa yang bisa melamar untuk program beasiswa ini minimal mereka yang sedang duduk di semester 5 dengan IPK minimal 3,0. Untuk informasi, beasiswa ini merupakan beasiswa kerjasaa antara BCA serta 16 PTN di seluruh Indonesia.

Djarum Beasiswa Plus

Djarum-Beasiswa-Plus

Beasiswa ini memberikan biaya pendidikan selama 1 tahun, disamping itu penerima beasiswa juga mendapatkan beberapa pelatihan soft skill yang ditujukan untuk mempersiapkan diri menjadi calon pemimpin bangsa nantinya. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa S1 yang berprestasi di perguruan tinggi mitra oleh Djarum Foundation. Pelamar diharuskan aktif mengikuti kegiatan organisasi baik di luar maupun di dalam kampus serta sekurang-kurangnya sedang duduk di semester 4 dengan IPK minimal 3,0.

Beasiswa unggulan masyarakat berprestasi

Beasiswa-unggulan-masyarakat-berprestasi

Bantuan yang diberikan oleh program beasiswa ini yaitu diantaranya meliputi biaya pendidikan, biaya hidup, biaya penelitian tugas akhir, biaya wisuda serta biaya buku dan asuransi. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa baru jenjang S1 maksimal sedang duduk di semester 3 dengan prodi yang terakreditasi minimal B dengan nilai rata-rata rapor untuk mahasiswa baru minimal 8,0. Sedangkan untuk pelamar yang on-going, IP sementara minimal 3,25.

Beasiswa BFI Finance

Beasiswa-S1-BFI-Finance-1

Beasiswa ini mengharuskan ketika lulus nantinya penerima beasiswa haru sbergabung dengan BFI dalam management trainee program. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa S1 minimal semester 4 semua jurusan (namun diutamakan jurusan FEB) dengan IPK minimal 3,00 selama 3 semester berturut-turut.

Beasiswa Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ Foundation

Bank-of-Tokyo-Mitsubishi-UFJ-Foundation

Mahasiswa yang diperbolehkan untuk melamar pada program beasiswa ini adalah mereka yang sedang duduk minimal di semester 4 pada prodi akuntansi, manajemen, ilmu ekonomi, ilmu hukum serta sastra jepang dengan IPK minimal 3,0. Yang perlu di perhatikan ketika mendaftar untuk program beasiswa ini aalah transkip nilai yang dilampirkan harus dalam bahasa Inggris.

Jika kita  mampu mendapatkan salah satu dari program beasiswa yang telah dirangkum tersebut, tentunya akan sedikit meringankan beban beban untuk membayar biaya uang kuliah selama masa pendidikan.

Dan kalaupun kita masih mau disambi berkerja, maka uang hasil bekerja bisa digunakan untuk keperluan yang lainnya bukan. Kuliah sambil bekerja bukanlah merupakan suatu hal yang mustahil untuk dilakukan, yang paling penting adalah pekerjaan yang diambil tersebut tidak mengganggu jadwal serta tugas utama kita sebagai seorang pelajar untuk belajar.

Semoga kalian bisa mewujudkan impian kalian untuk kuliah serta bisa menjadi generasi penerus bangsa yang unggul dan berprestasi. Kami juga telah menyiapkan informasi mengenai cara mendapatkan beasiswa kuliah di UGM di bawah ini.

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Di UGM

Di Indonesia sendiri, tedapat banyak universitas yang berdiri dan menjadi incaran bagi para pelajar untuk melanjutkan pendidikannya. Salah satu universitas terkemuka yang ada di Indonesia dan banyak diminati oleh para pelajar adalah Universitas Gadjah Mada atau biasa disingkat dengan sebutan UGM. Berikut khusus dijelaskan mengenai bagaimana cara untuk mendapatkan beasiswa kuliah di UGM:

1. Beasiswa bidikmisi

Beasiswa-Bidikmisi

Urutan pertama adalah beasiswa ini diperuntukkan bagi pelajar atau siswa lulusan SMA/SMK/MA sederajat yang ingin kuliah di kampus yang dinaungi oleh pemerintah melalui Kementrian Ristek Dikti. Biaya pendidikan penerima beasiswa ditanggung maksimal 8 semester untuk pendidikan S1 dan pendidikan D4 serta 6 semester untuk pendidikan D3. Untuk program yang ada pendidikan profesi juga mendapatkan biaya. Ada juga biaya bantuan hidup, penalaran, kepemimpinan, kegiatan pelatihan, bimbingan karir, dan penguasaan bahasa inggris.

2. Beasiswa unggulan CIMB Niaga

Beasiswa-unggulan-CIMB-Niaga-kejar-mimpi

Cara kedua adalah dengan beasiswa yang diperuntukkan bagi pelajar SMA/sederajat yang memiliki prestasi akademik maupun non akademik yang ingin melanjutkan studi ke jenjang S1 di Indonesia, termasuk di UGM. Beasiswa yang dimiliki dari CIMB Niaga ini merupakan beasiswa dengan ikatan kerja yang mencakup biaya pendidikan selama 8 semester, fasilitas laptop, biaya hidup, program pengembangan diri dan biaya tugas akhir.

3. Beasiswa bakti BCA

Beasiswa-Bakti-BCA-1

Para penerima beasiswa dibekali dengan adanya pelatihan, pendampingan dalam bentuk pengembangan soft skill serta seminar. Mahasiswa yang bisa melamar untuk program beasiswa ini minimal mereka yang sedang duduk di semester 5 dengan IPK minimal 3,0. Untuk informasi, beasiswa ini merupakan beasiswa kerjasaa antara BCA serta 16 PTN di seluruh Indonesia.

4. Djarum Beasiswa Plus

Djarum-2

Beasiswa ini memberikan biaya pendidikan selama 1 tahun, disamping itu penerima beasiswa juga mendapatkan beberapa pelatihan soft skill yang ditujukan untuk mempersiapkan diri menjadi calon pemimpin bangsa nantinya. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa S1 yang berprestasi di perguruan tinggi mitra, salah satunya yaitu UGM oleh Djarum Foundation. Pelamar diharuskan aktif mengikuti kegiatan organisasi baik di luar maupun di dalam kampus serta sekurang-kurangnya sedang duduk di semester 4 dengan IPK minimal 3,0.

5. Beasiswa unggulan masyarakat berprestasi

Info-Beasiswa-S2-Beasiswa-Unggulan

Bantuan yang diberikan oleh program beasiswa ini yaitu diantaranya meliputi biaya pendidikan, biaya hidup, biaya penelitian tugas akhir, biaya wisuda serta biaya buku dan asuransi. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa baru jenjang S1 maksimal sedang duduk di semester 3 dengan prodi yang terakreditasi minimal B dengan nilai rata-rata rapor untuk mahasiswa baru minimal 8,0. Sedangkan untuk pelamar yang on-goinh, IP sementara minimal 3,25.

6. Beasiswa BFI Finance

Beasiswa-S1-BFI-Finance-2

Beasiswa ini mengharuskan ketika lulus nantinya penerima beasiswa haru sbergabung dengan BFI dalam management trainee program. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa S1 minimal semester 4 semua jurusan (namun diutamakan jurusan FEB) dengan IPK minimal 3,00 selama 3 semester berturut-turut.

7. Beasiswa Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ Foundation

Bank-of-Tokyo-Mitsubishi-UFJ-Foundation

Mahasiswa yang diperbolehkan untuk melamar pada program beasiswa ini adalah mereka yang sedang duduk minimal di semester 4 pada prodi manajemen, akuntansi, ilmu hokum, ilmu ekonomi dan juga sastra jepang dengan IPK minimal 3,0. Yang perlu di perhatikan ketika mendaftar untuk program beasiswa ini aalah transkip nilai yang dilampirkan harus dalam bahasa Inggris. Beasiswa Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ Foundation ini telah diberikan kepada mahasiswa UGM semenjak tahun 1984 secara berkelanjutan.

Itulah beberapa cara yang dapat dijadikan referensi untuk dapat mendapatkan beasiswa kuliah di UGM. Semoga informasi tersebut dapat menambah pengetahuan bagi Anda yang sedang mempunyai keinginan untuk kuliah di UGM.

Ulasan berikutnya mengenai cara mendapatkan beasiswa Kuliah Kedokteran. Langsung saja simak informasinya berikut ini.

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Kedokteran

Siapa yang tidak ingin kuliah. Apalagi di zaman sekarang lulusan smp atau sms saja dirasa tidak cukup untuk mendapatkan pekerjaan di kemudian hari. Beberapa orang mulai mencari informasi kesana-kemari untuk mendapatkan tips atau cara bagaimana mendapatkan beasiswa atau program bantuan untuk meringankan biaya selama melanjutkan studi. Berikut akan khusus dijelaskan mengenai bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah kedokteran :

Beasiswa bidang kedokteran dari LPDP

LPDP

LPDP merupakan singkatan dari Lembaga pengelola Dana Pendidikan yang selalu memberikan beasiswa untuk berbagai bidang studi termasuk tak terkecuali beasiswa di bidang kedokteran. Beasiswa tersebut berasal dari pemerintah yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta meningkatkan standar pendidikan yang ada di Indonesia. Biasanya universitas mempunyai dua program beasiswa yaitu berupa beasiswa langsung serta beasiswa yang disalurkan melalui universitas yang bersangkutan dari lembaga yang lain. Beasiswa kedokteran yang ditawarkan oleh program LPDP yaitu berupa PPDS (Program Pendidikan Dokter Spesialis) yang mana beasiswa ini ditujukan khusus untuk membantu para lulusan kedokteran S1 (dokter umum) untuk menjadi dokter spesialis.

Beasiswa kedokteran ini menjadi program beasiswa yang paling diminati dan dicari oleh banyak orang dengan tujuan untuk meringankan biaya pendidikan bagi yang ingin melanjutkan untuk menjadi dokter spesialis. Umumnya program pendidikan untuk para dokter spesialis ini membutuhkan banyak biaya serta waktu, hal ini menjadikan tidak sedikit mahasiswa ataupun mahasiswi kedokteran yang lebih memilih untuk berhenti di tengah jalan ketika menjalani kuliah kedokteran. Masalah utama yang mendasari ini semua adalah karena urusan pembiayaan.

Syarat yang harus dipenuhi untuk dapat mengajukan program beasiswa LPDP kedokteran ini yaitu:

kedokteran-dari-LPDP

  • Memiliki badan yang sehat, bebas dari pengaruh obat-obatan terlarang serta bebas dari penyakit TBC (khusus ini untuk pengajuan beasiswa di luar negeri). Peserta yang ingin mendaftar wajib untuk melampirkan surat keterangan sehat yang berasal dari rumah sakit, pemerintah, puskesmas atau klinik yang masih berlaku sekitar 6 bulan terakhir.
  • Memiliki surat tanda registrasi (STR) dari Konsil Kedokteran Indonesia (KKI)
  • Memiliki surat keterangan rekomendasi dari tokoh-tokoh masyarakat ataupun dari atasannya.
  • Memiliki serta memilih bidang yang sesuai dalam program LPDP.
  • Memilih bidang studi yang sesuai serta perguruan tinggi yang sesuai dengan ketentuan dari pihak LPDP.
  • Menandatangani surat pernyataan bersedia mengikuti progam wajib kerja dokter spesialis berdasarkan peraturan perundang-undangan.
  • Menandatangi surat pernyataan yang menyatakan bahwa calon kandidat bersedia untuk mengikuti program wajib kerja dokter spesialis setelah masa studi berakhir yang diselenggarakan oleh pemerintah dari Kementrian Kesehatan Indonesia.
  • Memenuhi batasan usia peserta beasiswa kedokteran yang telah ditentukan oleh pihak LPDP.
  • Tidak sedang menempuh pendidikan di tingkat degree serta sudah menyelesaikan program sarjana atau sarjana terapan.
  • Memiliki IPK minimal 3,0 – 3,25.
  • Mempunyai sertifikat IELTS atau ETS, TOEFL serta TOAFL.
  • Melakukan pendaftaran dengan bahasa yang sudah diakui oleh PBB sebagai bahasa Internasional khusus yang mendaftar beasiswa di luar negeri.
  • Sudah menyelesaikan program studi sesuai dengan LoA Unconditional.
  • Menjelaskan rencana studi secara tertulis sesuai dengan bidang studi.
  • Menulis dua essay dengan tema yang telah ditentukan oleh pihak LPDP.
  • Harus menyatakan dapat memenuhi segala syarat serta ketentuan yang sudah ditentukan oleh pihak LPDP.

Untuk biaya pendidikan yang didapatkan dari program beasiswa ini yaitu:

  1. Biaya pendidikan, yang meliputi biaya pendaftaran, regostrasi pertama kali, UKT tiap semesternya, biayau buku, penelitian tesis yang harus dijalani, riset, seminar internasional serta publikasi jurnal internasional.
  2. Biaya pendukung, yang meliputi biaya transportasi, asuransi, visa, biaya hidup setiap bulan, tunjangan untuk keluarga, settlement allowance serta biaya untuk keadaan darurat yang sebelumnya sudah disetujui oleh pihak LPDP.

Demikian ulasan singkat mengenai cara mendapatkan beasiswa kuliah kedokteran. Semoga ulasan tersebut dapat memudahkan kalian yang sedang mencari informasi mengenai program beasiswa kuliah kedokteran.

Dan sampai pada ulasan terakhir cara mendapatkan beasiswa di kampus swasta yang sangat cocok untuk meringankan beban biaya yang sedang kuliah di kampus swasta.

Cara Mendapatkan Beasiswa Di Kampus Swasta

Djarum-Beasiswa-Plus

Beasiswa merupakan program pemberian bantuan dana pendidikan kepada orang yang membutuhkan serta memiliki prestasi yang bagus dalam bidang akademik namun tidak didukung dengan kondisi keuangan yang kurang.

Beasiswa dapat diberikan oleh yayasan, pemerintah maupun oleh suatu perusahaan. Perguruan tinggi sendiri dibedakan menjadi dua yaitu perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta. Bagi kebanyakan orang, biaya kuliah di perguruan tinggi swasta atau biasa disebut dengan kampus swasta akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan kampus negeri. Berikut akan dijelaskan beberapa cara mendapatkan beasiswa di kampus swasta agar dapat meirngankan tanggungan biaya selama masa pendidikan.

1. Beasiswa Astra 1st

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa pra-sarjana yang ada di pulau jawa oleh PT. Astra International Tbk dengan memberikan dana pendidikan sebesar 5 juta untuk satu tahun. Selain itu program beasiswa Astra ini juga memberikan bantuan pengembangan diri serta kesempatan untuk belajar di Astra Group.

2. Online Scholarship Competition (OSC)

OSC ini merupakan program beasiswa yang diberikan oleh metro TV news dan Avitex cat tembok. Program beasiswa ini memberikan dana penuh selama masa perkuliahan. Nama kampus yang menjadi mitra OSC yaitu: Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Pelita Harapan, Universitas Mercu Buana, Universitas Trisakti, Institut Teknologi Nasional, Universitas Al-Azhar Indonesia, Universitas Ahmad Dahlan, Telkom University, Universitas Kristen Duta Wacana, Swiss German University dan Universitas Kristen.

3. BCA Finance

Program beasiswa BCA Finance ini memberikan bantuan dana pendidikan sebesar Rp.3.000.000 per semesternya selama 8 semester. Program beasiswa ini diberikan oleh Bank Central Asia kepada perguruan tingginegeri maupun perguruan tinggi swasta.

4. Beasiswa Van Deventer-Maas Stichting

Program beasiswa ini berlaku sampai akhir masa studi sesuai dengan standar pendidikan yang ditempuh. Setiap bulan penerima beasiswa akan mendapatkan dana bantuan pendidikan sebesar Rp.500.000. Selain itu program beasiswa ini juga memberikan pelatihan pengembangan kapasitas diri.

5. Beasiswa Data Print

Keuntungan dari beasiswa ini adalah tidak adanya pemungutan biaya selama proses seleksi untuk mendapatkan beasiswa. Untuk dana yang diberikan sediri bervariasi mulai dari Rp.400.000, Rp.600.000 hingga Rp.1.000.000 tergantung panitia serta total nilai formulir pendaftaran. Biasanya peserta akan diminta untuk membuat essay. Program beasiswa ini ditujukan bagi pengguna data print yang masih menyandang status sebagai seorang pelajar atau mahasiswa aktif.

6. Djarum Beasiswa Plus

Pada bulan kemarin, ramai berita mengenai KPAI yang menyoroti acara perekrutan pemain bulu tangkis oleh PD Djarum. KPAI meminta acara tersebut dihentikan karena mereka menganggap bahwa telah terjadi ekploitasi anak-anak. Mereka bersikukuh agar peserta tidak diperbolehkan menggunaan kostum pakaian yang disiapkan panitia. Pihak Djarum pun mengambil langkah tegas, mereka akan menghentikan sementara kegiatan perekrutan di daerah mulai tahun 2020.

Nah, Djarum juga mempunyai program beasiswa lainnya termasuk Djarum Beasiswa Plus yang ditujukan untuk dunia pendidikan di Indonesia. Dimana program ini diberikan kepada mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan jenjang D4 serta S1. Untuk dana yang diberikan sendiri yaitu sebesar Rp.750.000,- selama satu tahun.

7. Beasiswa Tanoto

Khusus untuk perguruan tinggi swasta, program beasiswa dari beasiswa Tanoto ini bernama Regional Champion Scholarship. Untuk perguruan tinggi yang menjadi mitra dari program beasiswa ini sendiri yaitu : Universitas Darmawangsa, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Katolik St. Thomas, Universitas Lancang Kuning, Universitas Batanghari, Swiss German University dan Universitas Methodist Indonesia.

8. Beasiswa kampus swasta melalui prestasi non akademik

Ada beberapa perguruan tinggi yang menyediakan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dalam berbagai bidang seperti olahraga, seni maupun bidang keagamaan. Contohnya yaitu beasiswa yang diberikan oleh Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri (STT-NF) kepada mahasiswanya menghafal Al-Qur’an 30 juz dengan nama beasiswa Hafizh Al-Qur’an.

Demikian beberapa contoh rekomendasi beasiswa yang dapat dicoba untuk bisa mendapatkan beasiswa kampus, UGM, Kedokteran dan beasiswa di kampus swasta. Semoga info yang diberikan memberikan manfaat bagi kalian yang sedang mencari cara untuk mencapatkan beasiswa di kampus masing-masing.

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Terbaik 2019

5.0
Gravatar Image
Alwib.net merupakan official blog yang diwujudkan dengan tujuan untuk memberikan konten-konten informasi dalam berbagai kategori yang ditujukan untuk semua orang sehingga setiap orang yang mengunjungi blog ini dapat menikmati informasi terbaik dan terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *