Cara Menyembunyikan File Apapun di HP Android

Posted on

Cara menyembunyikan file di HP Android itu tidak sesulit yang anda bayangkan. Selain tidak sulit, hampir semua jenis file yang ada di dalam HP Android andapun bisa disembunyikan.  Jadi anda sudah tidak perlu lagi merasa was-was file-file penting yang anda simpan di dalam HP Android bisa diakses oleh orang lain.

Mau tau lebih lengkapnya mengenai cara menyembunyikan file apapun di HP Android tersebut? Bagi anda yang mau tau caranya menyembunyikan file di HP Android secara lebih detail, anda bisa pelajari langkah-langkahnya di dalam artikel ini.

Cara Menyembunyikan File di HP Android Tanpa Menggunakan Aplikasi Tambahan

Cara Menyembunyikan File Apapun di HP Android

Cara pertama untuk bisa menyembunyikan file apapun yang anda rasa penting di dalam HP Android itu sama sekali tidak membutuhkan bantuan aplikasi tambahan.

Cara menyembunyikan file apapun di HP Android yang pertama ini hanya menggunakan aplikasi file manager bawaan saja.

Berikut ini adalah langkah-langkah mudah untuk menyembunyikan file apapun di dalam HP Android tanpa menggunakan aplikasi tambahan:

  1. Buka aplikasi file manager bawaan di HP Android anda.
  2. Setelah itu, buatlah folder baru di memori internal HP Android anda. Nantinya folder tersebut akan anda gunakan untuk menyimpan semua file yang mau anda sembunyikan.
  3. Pada saat membuat folder baru, pastikan untuk menambahkan tanda titik di bagian depan nama folder. Contohnya seperti “.folderpenyimpanan”.
  4. Jika anda sudah membuat foldernya, maka selanjutnya anda hanya perlu memasukkan semua file yang mau anda sembunyikan di dalam folder tersebut.
  5. Ketika semua file yang mau anda sembunyikan sudah masuk kedalam folder yang baru saja anda buat, selanjutnya anda hanya perlu membuka pengaturan aplikasi file manager bawaan HP Android anda. Kemudian, aktifkan opsi hide system file di dalam file manager HP Android anda.
  6. Jika anda memberikan nama folder sesuai dengan petunjuk, dapat dipastikan folder tersebut tidak akan ditampilkan lagi setelah anda mengaktifkan opsi hide system file.

Lalu bagaimana caranya membuka kembali file-file yang anda sembunyikan di HP Android tersebut?

Cara untuk mengakses kembali file yang anda sembunyikan dengan menggunakan cara pertama ini hanya dengan non aktifkan kembali opsi hide system file di aplikasi file manager bawaan HP Android anda.

Cara Menyembunyikan File di HP Android Menggunakan Aplikasi File Hide Expert

Cara menyembunyikan file apapun di HP Android yang pertama tanpa aplikasi tambahan itu memang sangat praktis. Sayangnya, cara tersebut masih bisa dengan mudah dibongkar oleh orang lain yang paham dengan sistem Android.

Oleh sebab itu, cara pertama masih belum bisa dikatakan sebagai cara teraman untuk menyembunyikan file apapun di dalam HP Android.

Bagi anda yang benar-benar mau menyembunyikan file apapun secara aman di dalam HP Android, maka anda disarankan untuk menggunakan aplikasi khusus seperti aplikasi File Hide Expert.

Aplikasi File Hide Expert memang dibuat khusus untuk membantu menyembunyikan serta melindungi agar file-file penting yang anda sembunyikan di HP Android benar-benar aman. Pasalnya, File Hide Expert juga menggunakan sistem password.

Lalu bagaimana caranya menyembunyikan file apapun dengan menggunakan aplikasi File Hide Expert tersebut? ikuti langkah-langkah berikut ini setelah anda mengunduh dan memasang aplikasi File Hide Expert dari Playstore di HP Android anda:

  1. Buka aplikasi File Hide Expert yang sudah anda pasang di HP Android.
  2. Setelah itu, tekan gambar folder yang berada di bagian pojok kanan atas.
  3. Pilih file atau folder mana saja yang mau anda sembunyikan.
  4. Jika anda sudah memilih folder maupun file yang mau anda sembunyikan, selanjutnya anda hanya perlu menekan tombol OK saja.
  5. Secara otomatis anda akan dibawa ke halaman awal aplikasi File Hide Expert lagi dan ada file dan folder yang anda pilih ditampilkan pada halaman tersebut.
  6. Jika folder dan file yang anda pilih sudah berhasil disembunyikan, maka anda bisa melihat ada logo centang di bagian kanan file tersebut.

Lalu bagaimana caranya membuka file ataupun folder yang sudah anda sembunyikan dengan aplikasi File Hide Expert ini? Caranya adalah dengan restore file ataupun foldernya dari aplikasi File Hide Expert.

Smartphone Android juga bisa menyembunyikan pesan atau SMS yang masuk lho. Mau tahu caranya? Silahkan baca artikel berikut: Cara Menyembunyikan SMS Masuk Di hp Xiaomi [tanpa notifikasi].

Note:

Jika anda mau mengamankan file ataupun folder yang anda sembunyikan dengan aplikasi File Hide Expert, pastikan untuk mengaktifkan password. Cara untuk mengaktifkan password di aplikasi File Hide Expert adalah dengan masuk kedalam menu pengaturan atau setting dari tombol tiga titik vertikal di bagian pojok kanan atas aplikasinya.

Bagaimana? Sederhana sekali bukan cara menyembunyikan file apapun di HP Android itu? Jika anda disuruh memilih, anda lebih suka cara yang pertama atau kedua untuk menyembunyikan file di HP Android anda?

Cara Menyembunyikan File Apapun di HP Android

5.0
Gravatar Image
Alwib.net merupakan official blog yang diwujudkan dengan tujuan untuk memberikan konten-konten informasi dalam berbagai kategori yang ditujukan untuk semua orang sehingga setiap orang yang mengunjungi blog ini dapat menikmati informasi terbaik dan terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *