Air Sumber Daya atau Sumber Bencana

Posted on

Air Sumber Daya atau Sumber Bencana ?

Apakah mungkin daratan di muka bumi ini suatu saat nanti akan tenggelam oleh air ? dengan kondisi alam yang semakin mengalami banyak perubahan dari segi struktur. Tidak menutup kemungkinan hal-hal yang tidak terpikirkan sebelumnya dapat terjadi jika waktunya tiba nanti bukan hanya akan tenggelam tetapi segala ekosistem yang berperan penting dalam keberlangsungan hidup ini akan punah.

Contoh kasus besar yang menjadikan pemicu adanya pemikiran tentang kondisi muka bumi dimasa yang akan datang nanti adalah salah satunya mencairnya es atau gletsyer di daerah Kutub utara maupun selatan yang diakibatkan pemanasan global.

Air Sumber Daya atau Sumber Bencana

Contoh besar yang benjadikan pemikiran ini semakin logis, bukan berarti menjadi satu-satunya fakor penyebab utama sebagai bukti pendukung terhadap kekhawatiran akan kondisi bumi disuatu saat nanti. lalu apakah ini masih terlalu dini untuk dikhawatirkan ? selayaknya kewaspadaan memang harus dan dibutuhkan, karena selain dari itu contoh kasus sehari-hari seperti kondisi iklim maupun cuaca akhir-akhir ini yang semakin tidak bisa diperkirakan saja mengakibatkan semua itu begitu mungkin untuk terjadi.

Contoh kasus kecil yang terjadi sehari-hari adalah hujan, di sebagian daerah di Indonesia memang hujan dengan debit yang tinggi mampu mengakibatkan genangan air bahkan hingga banjir. Bukan sesuatu hal yang baru di Indonesia saat suatu wilayah mengalami banjir karena memang kondisi alam yang semakin tidak menentu dan sebagian kondisi wilayah yang berada didataran rendah dengan segala hal lainnya yang menjadikan banjir belum bisa ter-elakan, entah memang kesadaran untuk hidup bersih dan teratur yang belum ter-aplikasikan atau semakin banyaknya faktor pencemar lingkungan. Sebenarnya air hujan bukan penyebab sebuah bencana, tetapi daerah dari dataran yang tidak mampu menampung atau menerima hujan dengan debit yang tinggi sehingga banjir dan longsor pun tidak dapat dihindari lagi.

Sejauh ini memang pemecah kebuntuan, penyelesaian dari permasalahan sangat dibutuhkan tetapi solusi besar yang belum diketemukan untuk menyelesaikan permasalahan berkelanjuan tersebut. Maka dari itu langkah kecil bukanklah sesuatu hal yang salah disaat itu ternasuk sebagai upaya penanggulangan atau bahkan pemanfaatan menjadi sumber daya yang sebelumnya tak terbayangkan, salah satunya alat-alat kecil sebagai pengubah atau pengkonversi air hujan menjadi sumber energi yang tak diduga sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Maka dari itu ide-ide kecil tentang sesuatu hal yang berbentuk sebuah terobosan dalam teknologi masa depan yang tentunya dapat meminimalisir dampak dari air hujan bahkan mampu mengubahnya menjadi sumber energi yang sangat membantu menopang hidup manusia dalam menjalani hidup di muka bumi ini. Dengan itu tenggelamnya daratan di muka bumi dengan air hujan sangatlah berhubungan dan saling keterkaitan, oleh karena nya tidak elak nya manusia merasa saling membutuhkan terhadap sesama makhluk hidup dan juga pada alam. Sehingga menimbulkan inisiatif diri untuk menjaga dan menyayangi lingkungan dengan melakukan berbagai hal yang termasuk sebagai upaya dalam menanggulangi segala permasalahan yang berkaitan dengan lingkungan hidup manusia itu sendiri karena seyogyanya manusia lah sendiri yang hidup,yang merawat dan menjaga lingkungan hidupnya sendiri dimuka bumi ini.

Tidak ada salahnya untuk memperbaiki hal-hal yang dirasa belum begitu cukup baik dampaknya untuk diri sendiri, untuk orang lain,terutama lingkungan. dengan langkah-langkah kecil dengan cara membudayakan hidup sehat dan tidak semena-mena terhadap lingkungan.

Ditulis oleh Gregi Septian
Mahasisawa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Air Sumber Daya atau Sumber Bencana

5.0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *