Contoh Nyata Pengamalan Pancasila Sila Ke 3 Di Masyarakat

Posted on

Alwib.net | “Persatuan Indonesia” yang merupakan bunyi dari sila ketiga Pancasila adalah pernyataan tekad seluruh bangsa Indonesia untuk bersatu. Oleh sebab itu, kita sebagai bagian dari bangsa Indonesia harus berusaha mewujudkan tekad tersebut dengan cara melakukan pengamalan Pancasila sila ke 3 di masyarakat.

Sebelum mengetahui apa saja contoh nyata dari pengamalan sila ke 3 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, Anda sebaiknya perlu mengetahui makna dibalik sila ke 3 tersebut.

Pancasila Sila Ke 3

Pancasila Sila Ke 3 bunyinya adalah: “Persatuan Indonesia”. Sila ke 3 ini menjadi indikasi para pendiri negara dan pembuat ideologi Pancasila mempunyai keinginan kuat untuk menjadikan persatuan sebagai salah satu peranan penting dalam mewujudkan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

Contoh-Sila-Ke-3

 

Makna Pancasila Sila Ke 3

Ada 6 makna yang bisa diambil dari sila ke 3 Pancasila, yaitu:

  1. Mengakui dan menghormati perbedaan agama, ras dan budaya
  2. Mengedepankan sikap kebersamaan dan gotong royong
  3. Mewujudkan persatuan bangsa agar terhindar dari segala potensi konflik
  4. Mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan
  5. Menanamkan rasa bangga dan cinta terhadap tanah air
  6. Rela berkorban demi bangsa dan negara

Contoh Nyata Pengamalan Pancasila Sila Ke 3 Di Masyarakat

Setiap warga negara Indonesia tentunya harus berusaha mewujudkan tekad dan semangat setiap sila yang tertulis dalam Pancasila, termasuk sila ke 3. Salah satu cara yang bisa dilakukan guna mewujudkannya adalah dengan mengamalkan sila ke 3 tersebut dalam kehidupan sehari-hari sehingga akan terjadi contoh nyata yang bisa dilakukan di masyarakat berdasarkan sila ke 3 Pancasila tersebut.

1. Menjaga kerukunan di lingkungan masyarakat

Selalu berusaha menjaga kerukunan di lingkungan sekitar, mulai dari ruang lingkup paling kecil, seperti keluarga, tetangga sekitar dan teman-teman di sekitar.

Pengamalan Pancasila Sila Ke 3 Di Masyarakat

2. Menghindari pemaksaan kehendak

Mencoba untuk menghindari konflik yang disebabkan karena saling memaksakan kehendak. Perlu diingat, bahwa segala sesuatu yang bersifat memaksa itu tidak akan berakhir dengan baik.

3. Menghargai perbedaan pendapat

Berusaha untuk selalu mendengarkan terlebih dahulu segala pendapat yang muncul  dan walaupun ada pendapat yang sekiranya berbeda, kita harus selalu berusaha untuk menghargai pendapat orang lain. Hindari sikap egois yang dapat berpotensi memutuskan silaturahmi dengan lingkungan masyarakat sekitar.

4. Mudah bergaul dengan siapa saja

Hindari kebiasaan memilih-milih teman, apalagi hanya dilihat dari status sosialnya, sebab semua orang pada hakikatnya memiliki derajat yang sama.

5. Bangga menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa daerah

Pengamalan Pancasila Sila Ke 3 Di Masyarakat (2)

Bangga berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dan berusaha untuk melestarikan budaya Indonesia salah satu caranya dengan tidak melupakan bahasa daerah, sebab Indonesia memang terdiri dari beragam suku yang tentunya memiliki bahasa daerah masing-masing.

6. Rajin mengikuti kerja bakti dan ronda malam

kebersamaan dan gotong royong

Kerja bakti dan ronda malam merupakan dua kegiatan di lingkungan masyarakat yang sangat penting, selain untuk menjaga kebersihan dan keamanan di lingkungan rumah, juga dapat memperat tali silaturahmi antara warga yang tinggal di sekitar lingkungan tersebut.

7. Terapkan sikap toleransi secara nyata

Seperti diketahui Indonesia kaya perbedaan, khususnya perbedaan suku, agama dan ras. Maka dari itu, sudah seharusnya kita berusaha untuk selalu menerapkan sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari.

8. Mendahulukan kepentingan bersama

Dalam suatu lingkungan masyarakat tentunya akan mengalami masalah, entah itu masalah kecil ataupun besar. Oleh sebab itu, kita sudah seharusnya berusaha menyelesaikan masalah tersebut secara bersama-sama, namun terkadang ada permasalahan yang malah bisa berpotensi menyebabkan perpecahan karena ada beberapa pihak yang tidak setuju, maka dari itu harus dilakukan sebuah musyawarah yang diharapkan bisa menghasilkan sebuah keputusan yang bukan hanya akan dapat menyelesaikan masalah namun juga dapat diterima oleh semua pihak.

Itulah informasi beberapa contoh nyata pengamalan Pancasila Sila ke 3 di masyarakat. Nah, pengamalan Pancasila yang manakah yang sudah dilakukan?

Contoh Nyata Pengamalan Pancasila Sila Ke 3 Di Masyarakat

5.0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *