Intip Kebiasaan Orang Indonesia Saat Merayakan Tahun Baru

Sebentar lagi tahun baru segera tiba dan musim liburan sudah mulai menyambutmu. Kebanyakan orang pasti sudah merencanakan liburan dari jauh-jauh hari agar kegiatan liburannya tidak membosankan dan memiliki cerita tersendiri dalam merayakan tahun baru untuk bisa diceritakan lagi ke orang lain.

Intip Kebiasaan Orang Indonesia Saat MerayakanTahun Baru

Di Indonesia, orang-orangnya memiliki beberapa kebiasaan untuk menghabiskan waktunya saat malam tahun baru sampai menyambut tahun barunya. Adakah kebiasaan kamu dari beberapa daftar di bawah ini?

1. Jalan-jalan ke luar negeri atau dalam negeri

Jalan-jalan ke luar negeri atau dalam negeri

Jika orangnya memiliki budget atau tabungan lebih untuk berlibur, biasanya mereka lebih memutuskan waktunya untuk jalan-jalan ke luar negeri. Tentu mereka ingin merasakan suasana tahun baru yang berbeda dari Indonesia. Misalkan bisa menikmati salju tahun baru atau ramainya pusat perbelanjaan maupun taman kota saat menyambut tahun baru.

Ada juga yang hanya jalan-jalan di dalam negeri saja. Mencari tempat-tempat yang eksotis dan menikmati tahun baru sambil melihat pemandangan alam Indonesia yang tidak kalah indahnya.

Baca Juga
Menu Makanan Kelinci yang Baik dan Sehat

2. Beli terompet

Beli terompet

Menjelang tahun baru, sepanjang pinggir jalan, pasar, atau jalan depan rumah sudah dipenuhi dengan pedagang-pedagang terompet. Jika mereka sudah mulai terlihat, berarti tahun baru sudah semakin dekat. Di Indonesia, kebiasaan ini sudah lama dilakukan. Banyak penjual terompet dadakan yang pasti selalu muncul menjelang tahun baru.

Terompet sudah menjadi kewajiban yang harus dimiliki orang Indonesia terutama anak-anak agar saat pergantian tahun di jam 12 tepat, mereka bisa meniupkannya sebagai tanda tahun sudah berganti. Selain di Indonesia, sebenarnya negara-negara lain juga ada. Tapi, penjualannya tidak semeriah di Indonesia.

3. Kembang api dan petasan

Kembang api dan petasan

Sehari sebelum malam pergantian tahun, banyak orang yang akan mencari spot-spot terbaik untuk melihat kembang api. Misalkan saja di puncak Bogor selalu ramai didatangi wisatawan yang ingin melihat kembang api, sehingga kamu yang mau ke sana harus berangkat lebih awal agar bisa menemukan spot terbaik untuk melihat kembang api.

Kamu juga harus memesan hotel dari jauh-jauh hari agar kamu bisa mendapatkan tempat menginap. Kalau kamu telat memesannya, sudah pasti kamu tidak akan mendapatkan penginapan karena semuanya tentu full booked. Kembang api memang menjadi kebiasaan yang wajib dan sayang banget kalau kamu lewati.

Adanya kembang api dan petasan menandakan kalau pergantian tahun siap dimulai. Biasanya wisatawan bersama-sama menghitung countdown bersama-sama untuk menyambut tahun baru yang akan segera datang.

Baca Juga
Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli Beserta Dampaknya Untuk Kehidupan Saat Ini

4. Pesta BBQ

Tahun-baru-juga-bisa-dipenuhi-dengan-kegiatan-berkumpul-bersama-dan-BBQ

Pesta BBQ menjadi kebiasaan yang wajib dilakukan juga oleh orang-orang Indonesia. Mereka yang tidak pergi ke mana-mana atau hanya di rumah saja biasanya mengundang kerabat-kerabatnya dan teman-temannya untuk makan bersama di rumah. Makan bersama yang mereka lakukan biasanya berbentuk BBQ atau memagang ikan, ayam, sate, dan sebagainya.

Dengan berkumpulnya kerabat dan teman-teman sambil BBQ atau bakar-bakaran, tentu suasana tahun baru akan semakin meriah. Bisa puas ngobrol atau bernyanyi sampai pagi akan terasa lebih asyik saat tahun baru.

5. Nonton konser

Nonton konser

Saat menjelang tahun baru, mulai dari pagi hari sampai pergantian tahun, orang Indonesia yang penggemar musik pasti suka menghabiskan waktunya untuk menonton konser musik. Tidak heran banyak pihak-pihak penyelanggara event yang mengadakan konser musik dengan mendatangi penyanyi dan band terkenal untuk meriahkan malam tahun baru.

Agar lebih meriah, kadang ada beberapa kota yang menggratiskan tiket masuknya sehingga masyarakat bisa menikmati musik sambil menunggu tahun baru.

6. Mendaki Gunung

Mendaki-Gunung

Rencana pemerintah untuk menerapkan PPKM level 3 pada libur natal dan Tahun baru tidak menggentarkan para petualang dan pecinta alam yang gemar mendaki gunung. Mereka biasanya memulai pendakian pada akhir tahun tanggal 30-31 Desember dan bermalam di puncak atau lokasi kemping yang telah ditentukan oleh pengelola. Kemudian para pendaki akan turun gunung pada tanggal 1-2 Januari.

Jika kalian menganggap bahwa di gunung akan sepi, pehhh, jangan berharap bisa melakukan perjalanan mendaki gunung pada libur tahun baru dalam keadaan sunyi. Akan banyak orang yang berduyun-duyun mendaki karena ingin menghabiskan waktu liburan di puncak gunung.

Baca Juga
Kelinci Anggora, Kelinci Hias Penghasil Wool

Instruks Mendagri PPKM Level 3 tentang libur Natal dan Tahun Baru

Akan tetapi dimasa pandemi Covid-19, kita wajib menerapkan protokol kesehatan. Pemerintah juga telah mengeluarkan instruksi Mendagri dengan Nomor 62 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 pada Saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru Tahun 2022. Instruksi PPKM Level 3 ini diantaranya mencakup aturan:

  • melakukan pemberlakukan PPKM Level 3 (tiga) pada acara pernikahan dan acara sejenisnya;
  • meniadakan kegiatan seni budaya dan olahraga pada tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022;
  • menutup semua alun-alun pada tanggal 31 Desember 2021 sampai dengan 1 Januari 2022;

Perayaan tahun baru yang sebentar lagi akan tiba tentu akan lebih asyik kalau kamu menghabiskan waktu dengan orang-orang terkasih. Kamu yang mau acara tahun barunya semakin seru, sebaiknya persiapkan dari jauh-jauh hari agar malam penyambutan tahun baru kamu semakin meriah. Tidak perlu membuat acara ramai-ramai untuk merayakan tahun baru, cukup buat acara sederhana dan meriah di rumah bersama keluarga dan teman-teman dengan tujuan agar bisa menikmati pergantian tahun tanpa melanggar aturan protokol kesehatan.

Intip Kebiasaan Orang Indonesia Saat Merayakan Tahun Baru

-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *