Harga Vivo Z1 Pro Rp 3 Jutaan, kok bisa…?

Posted on

Vivo Z1 Pro – Nah, Vivo Z1 Pro ini katanya punya spesifikasi yang mantul sekali atau mantap betul. Jadi, Vivo Z1 Pro ini tidak cuma bisa Kalian pakai sebagai daily driver saja, tapi juga bisa dipakai untuk bermain game berat, misal PUBG Mobile, Minecraft, AoV ya, pokoknya untuk game-game berat katanya bisa dilibas habis oleh Vivo Z1 Pro ini.

Kita semua tahu kalau sebelum-sebelumnya mereka fokus di teknologi kamera dan desainnya sedangkan kalau Vivo Z1 Pro ini, dari box-nya ini ada logo PUBG yang terkesan gaming sekali, sepertinya ya. Dan, Z1 Pro ini tidak cuma punya performa yang sangat kencang saja tetapi juga layar yang luas serta kapasitas baterai yang besar. Penasaran, bukan?

Review dan Harga vivo Z1 Pro

Harga-vivo-Z1-Pro-Rp-3-Jutaan,-kok-bisa...

PERFORMA DAPUR PACU

Vivo Z1 Pro ini menggunakan chipset yang sangat fresh ini bisa dibilang baru pertama di Indonesia ada smartphone yang menggunakan chipset ini. Vivo Z1 Pro menggunakan chipset Snapdragon 712 Artificial Intelligence Engine, di mana chipset ini menggunakan 2-core, kencang di 2.3GHz serta 6-core efisiensi daya di 1.7GHz. Ini merupakan kombinasi yang tepat bagi Kalian yang suka bermain game tapi tidak ingin khawatir baterainya bakal cepat habis atau harus tersambung terus dengan powerbank, karena itu tadi, kombinasi antara keduanya membuat chipset ini menjadi kencang tapi sekaligus hemat daya juga. GPU-nya menggunakan Adreno 616, dan ini adalah salah satu GPU paling murah saat ini yang bisa memainkan game Fortnite karena di luar itu harus menggunakan GPU yang ada di chipset flagship atau jenis chipset high-end ke atas.

PERFORMA GAMING

Total ada 5 game yang sudah saya coba di Z1 Pro ini. Arena of Valor bisa dimainkan dengan pengaturan grafis High dan pada mode High Frame Rate. Mendapatkan nilai tengah 59fps dengan tingkat kestabilan sampai 92%. Tidak terasa adanya frame drop yang berarti dan sepanjang permainan, frame rate berada di sekitar 54-60fps.

Untuk PUBG Mobile, sayangnya tidak membuka frame rate 60fps di settingan Extreme dan terbatas di Ultra saja yang berarti terbatas di 40fps. Melalui data dari GameBench, saat game dijalankandi pengaturan Smooth-Ultra, memiliki nilai tengah 39fps dengan tingkat kestabilan 99%. Jarang sekali gameplay turun ke angka di bawah 30fps. Berikutnya adalah Fortnite dengan pengaturan grafis maksimal di Medium dengan frame rate 30fps. Gameplay-nya cukup stabil, namun jika menginginkan frame rate yang lebih rata di 30fps, coba ubah settingan grafis ke posisi terendah.

Nah, selanjutnya saya coba bermain game yang saat ini sedang ramai dimainkan beberapa minggu terakhir ini yaitu Minecraft. Mengingat dunianya yang sangat luas, ternyata game ini sangat nyaman dimainkandan stabil di angka 60fps. Sempat terasa stuttering, terutama saat berpindah waktu dari siang ke malam dan malam ke siang tapi angkanya masih di atas 30fps, jadi, masih sangat lancar untuk dimainkan.

Terakhir, saya mencoba GTA: San Andreas game porting dari PS2 ini bisa dimainkan di 30fps dan sangat lancar, dengan tingkat kestabilan sampai 99%. Sayangnya, memang frame rate dikunci di 30fps tapi untuk game open world yang cukup berat di Android ini sudah di atas rata-rata. Performa yang keren untuk gaming ini tidak selalu lepas dari adanya fitur-fitur tambahan yang disematkan Vivo, yaitu Vivo Multi Turbo. Pertama adalah Net Turbo yang menjaga koneksi tetap stabil sehingga tidak terjadi adanya lag pada saat gameplay berlangsung.

FITUR PROSESOR TURBO

Berikutnya ada Center Turbo yang fungsinya mengoptimalisasi kemampuan prosesor supaya gameplay bisa dimainkan lebih lancar. Berikutnya ada AI Turbo yang bisa menyesuaikan kebutuhan si SoC-nya sesuai dengan apa yang biasa kita buka. Pasti ada applikasi yang jarang kita buka, itu biasanya menggunakan kinerja yang lebih rendah dibandingkan aplikasi yang sering kita buka. Terakhir adalah Cooling Turbo yang menjaga suhu Z1 Pro iniagar tetap aman dan nyaman digunakan saat bermain game lama-lama.

Yang paling terasa bagi saya adalah Net Turbo dan Cooling Turbo ini. Net Turbo ini sudah terbukti bahwa Ping yang dihasilkantidak terlalu laggy atau tidak terlalu menyebabkan gameplay parah sekalibahkan sampai menyebabkan kita dimarahi teman-teman 1 tim semisal karena saya terjadi lag atau semacamnya. Jadi, Net Turbo-nya cukup terasa dan performa Cooling Turbo-nya juga lumayan terhadap gameplaynya. Saya sempat cek suhu smartphone-nya saat itu tidak sampai 38 Celcius dan itu masih sangat nyaman pada saat digenggam, seperti itu.

Ada juga fitur yang bernama 4D Game Vibration. Fitur ini cuma ada di game PUBG Mobile. Belum diimplementasikan ke game-game lainnya. Fitur ini akan memberikan efek getar pada saat kita bermain game. Ini seperti semisal Kalian bermain Playstation itu ‘kan ada joystick yang bernama Dual Shock yang biasanya memberikan efek getar ketika bermain game. Nah, fitur 4D Vibration ini mirip seperti itu. Tapi yang saya rasain pada PUBG Mobile ini efeknya itu muncul hanya pada saat kita menembak saja tapi jika kita tertembak itu tidak muncul efek getarnya sama sekali. Jadi, efek getarnya cuma muncul saat kita menembak musuh itu saja sayangnya.

PERFORMA BATERAI

Untuk ukuran baterainya yang 5000 mAh ini menurut saya sangat hemat, screen on time-nya bisa mencapai 7 jam. 7 jam itu saya pakai untuk bermain game seharian. Jika kita memainkan game seperti GTA: San Andreas atau PUBG Mobile secara terus menerus, itu bisa sampai 8-9 jam non-stop. Jadi, baterai ini untuk dipakai bermain game itu super parah bisa dipakai untuk bermain game lama bahkan seharian sepertinya. Dan kalau baterainya habis, pengisian daya-nya juga cepat karena mendukung Dual Engine Fast Chargingdari Vivo ini, yaitu 18W. Proses chargingnya itu dari 5% sampai 100%cuma butuh waktu 2 jam, dengan 1 jam pertama sudah 70%. Jadi, kalau Kalian sedang buru-buru, bisa charge 1 jam dan dapat 70% bisa dipakai untuk seharian penuh.

Tidak perlu takut semisal, “Ah, harus full 100%”. Jadi, sangat bisa, karena proses chargingnya sangat cepat seperti itu. Sayangnya, menurut saya andai pada fitur gamingnya tadi ada untuk layanan Live Streaming serta kamera depannya bisa untuk Face Cam sepertinya akan sangat oke. Bermain game pada masa kini ‘kan murni tidak sekedar main game sajatapi juga dituntut memamerkan gameplay kalian juga ke internetke beberapa platform video streaming. Walaupun begitu, menurut saya hasil kamera selfie-nya sangat oke sih.

PERFORMA KAMERA

Kamera depannya ini 32MP, AI Selfie Camera yang menurut saya hasil fotonya not badlooks good dan promising, baik itu di kondisi cahaya cukup maupun di cahaya yang minim. Ada juga yang namanya AI Face Beautynya, fitur permak wajah kalian tapi tidak terlalu lebay masih bisa ditolerir, seperti itu. Ada juga kemampuan foto untuk Portrait juga yang menggunakan artificial lighting seperti Natural Light, Studio dan semacamnya pasti ada dan  teman-teman yang sudah memakai Vivo pasti tahu dan fitur itu memang cukup terpakai bagi kalian yang suka foto-foto yang sangat artistik atau semacamnya.

Kamera utamanya juga tidak di-anak tirikan ya. Jadi, Vivo Z1 Pro ini menggunakan AI Triple Rear Camera 16MP Main Camera, 8MP Super Wide-Angle Camera dan 2MP Depth Camera yang dipakai untuk foto bokeh dan potret. Saya sih tidak banyak komentar soal kameranya karena menurut saya kamera ini feels-nya sama seperti Vivo lainnya. HDR-nya cepat dan bagus sekali untuk menangkap fotodan bahkan menurut saya pada beberapa kondisi sangat terbantu dari SoC-nya yaitu Snapdragon 712yang punya ISP Spectra 250 yang membuat prosesnya itu lebih cepat.

Contohnya pada Night Mode yang biasanya membutuhkan waktu 3-4 detikkalau pada Z1 Pro ini hanya butuh 2-3 detik saja. Lebih cepat dan lebih bisa langsung dipamerkan hasil fotonyake teman-teman Kalian, seperti itu. Nah, berkat Image Signal Processing juga, Vivo Z1 Pro inimampu merekam video sampai resolusi 4Kserta Full HD di 60fps. Tapi, sayangnya pada kondisi tersebut, Electronic Image Stabilization-nya tidak aktif. Image Stabilization baru aktif pada saat merekam video di Full HD 30fps. Untuk Slow Motion juga terbantu sih, karena fitur Slow-Mo ini bisa merekamdi resolusi HD dengan frame rate 240fps. Untuk kamera depannya cuma bisa maksimal di Full HD 30fps dan saya sih merasa sepertinya tidak ada bantuan dari Image Stabilization apapun, jadi kalau pada footage-nya ada goyang sedikit maka akan terasa.

Selain itu, Z1 Pro ini juga menggunakan Funtouch OS versi terbaru di atas Android PieAndroid 9, yang di mana ada fitur Dark Mode untuk memberi tampilan hitam atau gelap-gelapan. Sebenarnya sih kalau layarnya Super AMOLED bisa lebih terbantu tapi untuk di sini sih supaya tidak lebih silau saja enaknya. Ada juga fitur Smart Button untuk memanggil langsung Google Assistantdari hape-nya tanpa harus memakai Voice Command atau lain-lain. Enaknya fitur ini ketika semisal saya sedang malas mengetik saya bisa tinggal pencet tombol itu kalau semisal ingin menelpon siapa atau menanyakan cuaca, bahkan saat ketika saya sedang naik ojek kemudian saya harus mencari rute atau arah, saya bisa memakai fitur ini tanpa perlu mengetik-ngetik, itu sungguh nyaman.

PERFORMA STORAGE

Sebenarnya ada 1 hal yang kurang dari Z1 Pro ini yang menurut saya yaitu storage-nya cuma 64GB. Jadi, kalau Kalian meng-install game, menurut saya pasti 64GB itu akan pas-pasan, belum lagi kalau ada tambahan foto, musik, lagu bahkan gambar-gambar yang di-share di grup WhatsApp atau grup Chat yang pasti banyak sekali bukan? Untungnya sih, Vivo Z1 Pro ini menyediakan slot microSD card yang bisa dipakai dan bisa diisi microSD card sampai 256GB.

KESIMPULAN

Oke, kita masuk ke kesimpulan. Jadi, menurut saya Vivo Z1 Pro ini merupakan salah satu hape yangcukup berkarakter. Hasil kameranya menurut saya oke, layarnya juga sangat luas, 6.53″ dengan punch hole camera di bagian kiri atasdan tidak mengganggu pada saat kita bermain game atau menonton film. Kapasitas baterai-nya juga besar sekali, 5000 mAhdan sangat hemat. Kalau tidak dipakai untuk bermain game mungkin bisa tahan sampai 1.5 harian lebih. Kemudian yang pasti adalah chipset-nya yang sangat kencang dan bisa dipakai untuk bermain game apapun dengan lancar.

Ya, menurut saya, Z1 Pro ini cocok untuk Kalian yang tidak cuma mencari daily driver untuk keperluan sehari-hari saja tapi juga butuh daily driver yang bisa dipakai untuk bermain game berat semacam game-game yang tadi saya sebutkan di atas. Oke, itu tadi review dari Vivo Z1 Pro.  Anda juga bisa simak tulisan mengenai smartphone Huawei Nova 3i di artikel berikut Review dan Spesifikasi Huawei Nova 3i Terbaru. Semoga bermanfaat ya.

Harga Vivo Z1 Pro Rp 3 Jutaan, kok bisa...?

5.0
Gravatar Image
Alwib.net merupakan official blog yang diwujudkan dengan tujuan untuk memberikan konten-konten informasi dalam berbagai kategori yang ditujukan untuk semua orang sehingga setiap orang yang mengunjungi blog ini dapat menikmati informasi terbaik dan terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *