Skip to main content

5 Jenis Tanaman Obat Untuk Mengatasi Jantung Koroner

Jantung adalah bagian terpenting dari tubuh manusia, karena hanya jantunglah organ yang berfungsi sebagai pusat peredaran darah manusia. Jantung disimbolkan sebagai kehidupan atau nyawa manusia. Jika simbol tersebut mati atau sakit pasti akan sangat mempengaruhi kehidupan si pemiliki jantung tersebut. Bahkan ada di sebagian negara yang menggunakan jantung sebagai target untuk menghukum mati dengan cara penembakan.

Oleh karena itu sudah seharusnya kita menjaga kesehatan jantung kita. Karena penyakit yang menyerang jantung sudah pasti penyakit yang berat atau berbahaya.

Salah satu penyakit jantung yang berbahaya dan banyak diidap oleh sebagian manusia adalah jantung koroner. Penyebab dari penyakit jantung koroner ini cukup beragam. Tapi banyak diantara sebab itu yang merupakan dampak dari gaya hidup yang kurang sehat.

Banyak sudah pengobatan medis yang dikembangkan untuk mengatasi jantung koroner ini. Namun ada beberapa tanaman obat yang bisa membantu penyembuhan jantung koroner. Berikut 5 tanaman obat untuk jantung koroner:

1. Temu Putih

Temu Putih atau yang dalam bahasa latin disebut Curcuma zedoria, merupakan salah satu tanaman obat yang banyak dipakai oleh orang Indonesia. Rupa tumbuhan ini hampir mirip dengan kunyit putih dan temulawak. Tumbuh dan berkembang pada jenis tanah lembap pada ketinggian 0 sampai dengan 1000 meter.

Temu putih memiliki rasa yang pedas dan pahit. Bila dikonsumsi tanaman ini bisa memberikan rasa hangat pada badan. Temu putih dipercaya memiliki manfaat untuk mengatasi beberapa macam penyakit. Beberapa penyakit yang bisa diatasi temu putih itu antara lain: Mengobati kanker, diare, kista, nyeri saat haid, dan sakit perut.

Menurut penelitian yang dikutip sumber kami, bahwa temu putih dapat mengatasi hipertensi atau darah tinggi, diabetes, asam urat dan jantung koroner.

2. Temu Giring

Temu giring dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung, menurunkan kolesterol, membersihkan darah, meningkatkan sistem sirkulasi darah, sebagai antiseptik, bahan kosmetika, dan antelmintik.

Anda dapat mengonsumsi temu giring dengan meminumnya dengan rutin. Kegiatan itu dilakukan minimal sehari sekali, jika ingin melihat efeknya.

3. Sambang Darah

Tumbuhan sambang darah dipercaya memiliki khasiat untuk menstop pendarahan, memelihara kesehatan jantung, membunuh kuman, mengurangi tekanan darah tinggi, mengobati demam, kejang, menstop pendaharan sesudah melahirkan atau keguguran. Untuk mendapatkan tanaman ini kita tidak perlu repot-repot. Kita hanya perlu datang ke toko penjual tanaman herbal. Selain itu kita juga bisa menanamnya sendiri.

4. Mahkota Dewa

Berdasarkan penelitian Harmanto, tahun 2014, ditemukan bahwa tanaman mahkota dewa dapat mengatasi beberapa macam penyakit berat semisal sakit jantung, kanker, diabetes, tekanan darah tinggi, asam urat, dan penyakit ginjal. Menurut beberapa penelitian lain, bahwa ini karena Mahkota Dewa memiliki antioksidan , antibakteri, effervescent, yang membuat mahkota dewa menjadi antioksidan yang signifikan.

Antioksidan ini berfungsi untuk mencegah oksidasi dan radikal bebas. Sehingga mahkota dewa dapat mencegah penyebab terjadinya penyakit jantung koroner.

5. Bawang Putih

Siapa sangka rempah-rempah yang hampir kita temui dalam makanan ini kaya akan khasiat. Bawang putih dapat menurunkan kolesterol, tekanan darah, anti jamur, obat anti bakteri, dan obat anti kanker. Kandungan zat antioksidan pada bawang putih ini dapat  memerangi penyakit jantung koroner.

Bawang putih bisa kamu dapatkan dengan sangat mudah. Kita bisa memakannya secara langsung atau dengan cara yang umum yaitu dijadikan bumbu untuk makanan. Tentu jikalau kita ingin menggunakan bawang putih untuk mengobati jantung koroner kita harus mengkonsumsinya lebih banyak dari sekedar mengkonsumsi sebagai bahan makanan.

One thought on “5 Jenis Tanaman Obat Untuk Mengatasi Jantung Koroner”

  1. Terima kasih infonya, penyakit jantung memang sangat berbahaya dan biasanya harus rutin minum obat dokter, dengan bahan-bahan alami sedikit banyak akan mengurangi efek samping dari obat-obatan kimia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *