Cara Membuka Kunci Aplikasi yang Lupa di HP Xiaomi

Posted on

Cara membuka kunci aplikasi yang lupa di HP Xiaomi atau bagaimana cara membuka aplikasi yang terkunci pada perangkat Xiaomi dapat menjadi masalah yang sangat menjengkelkan bagi banyak pengguna. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memecahkan masalah ini. Beberapa metode yang dapat dicoba termasuk membuka aplikasi dengan menggunakan sidik jari atau password, memperbarui perangkat lunak, atau menghapus dan menginstal ulang aplikasi.

Penting untuk diingat bahwa menghapus aplikasi dapat mengakibatkan kehilangan data, jadi pastikan untuk melakukan backup sebelum mencoba metode ini. Dengan beberapa upaya dan kesabaran, pengguna dapat dengan mudah membuka kunci aplikasi yang lupa di HP Xiaomi mereka.

Cara Membuka Kunci Aplikasi yang Lupa di HP Xiaomi

Cara Membuka Kunci Aplikasi yang Lupa di HP Xiaomi
Cara Membuka Kunci Aplikasi yang Lupa di HP Xiaomi

Jika Anda lupa kunci aplikasi di ponsel Xiaomi, Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan beberapa cara mudah. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan fitur pemulihan password. Anda dapat memilih opsi “Lupa Sandi” pada aplikasi yang terkunci dan masuk ke halaman pemulihan password. Kemudian, masukkan nomor telepon atau alamat email yang terkait dengan akun Xiaomi Anda dan ikuti instruksi selanjutnya.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fitur pemindai sidik jari atau wajah untuk membuka kunci aplikasi yang terlupa. Pastikan untuk mengaktifkan fitur ini sebelumnya dan mengikuti petunjuk yang diberikan pada layar ponsel Xiaomi Anda. Dengan cara ini, Anda dapat membuka kunci aplikasi yang terlupa dengan mudah dan cepat.

Kebanyakan pengguna Xiaomi pasti pernah mengalami aplikasi terkunci di ponsel mereka. Hal ini bisa terjadi karena berbagai sebab, seperti lupa sandi atau pola buka kunci aplikasi, fitur penguncian otomatis teraktivasi, atau karena anak mengunci aplikasi secara tidak sengaja.

Bagi Anda yang sedang menghadapi masalah serupa di ponsel Xiaomi, jangan khawatir. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuka kunci aplikasi yang lupa di HP Xiaomi tanpa harus menghapus data di dalamnya.

Baca Juga:
Kelebihan Youtube Go Terbaru Yang Wajib Kamu Ketahui

Mengapa Aplikasi di HP Xiaomi Bisa Terkunci?

Sebelum masuk ke langkah-langkah membuka kunci aplikasi Xiaomi, penting juga mengetahui terlebih dahulu penyebab utama aplikasi bisa terkunci. Berikut 3 penyebab paling umum:

1. Lupa Sandi, Pola, atau PIN Aplikasi

Salah satu alasan paling umum pengguna tidak bisa masuk ke aplikasi adalah karena lupa kata sandi, pola, atau PIN.

Misalnya, Anda mengunci aplikasi e-wallet atau e-banking menggunakan sandi. Setelah beberapa lama tidak digunakan, Anda lupa kata sandi tersebut.

2. Fitur Penguncian Otomatis Teraktivasi

Beberapa aplikasi di Xiaomi memiliki fitur penguncian otomatis setelah tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu.

Tujuannya untuk alasan keamanan. Namun bila lupa cara membuka kuncinya, Anda juga bisa terjebak di luar aplikasi.

3. Anak Mengunci Aplikasi Secara Tidak Sengaja

Jika Anda sering menyerahkan ponsel ke anak untuk bermain game, mereka terkadang bisa membuka dan mengutak-atik pengaturan kunci aplikasi. Akibatnya, beberapa fungsi dan aplikasi akan terkunci tanpa diketahui sang ibu atau ayah.

Nah, setelah mengetahui penyebab aplikasi Xiaomi terkunci, selanjutnya mari cek cara membuka kuncinya.

Cara Membuka Kunci Aplikasi Tanpa Menghapus Data

Sebelum nekat membuka kunci aplikasi dengan cara paksa, ada beberapa cara sederhana yang bisa dicoba terlebih dahulu:

1. Gunakan Menu “Lupa Sandi” di Aplikasi

Kebanyakan aplikasi sudah menyediakan fitur lupa kata sandi yang bisa digunakan pengguna untuk membuka kunci akun.

Anda tinggal menekan opsi tersebut ketika gagal login, lalu mengikuti petunjuk selanjutnya seperti memasukkan email untuk reset kata sandi baru.

2. Coba Sandi/Pola/PIN Lama Yang Pernah Digunakan

Solusi kedua adalah mencoba mengingat kembali kata sandi, pola, atau PIN lama yang mungkin pernah Anda gunakan sebelumnya.

Biasanya kebanyakan orang menggunakan sandi yang familiar atau berkaitan dengan data pribadi seperti tanggal lahir atau nama anak.

3. Lakukan Reset Pabrik tanpa Menghapus Data

Cara terakhir adalah melakukan proses reset pabrik pada ponsel Xiaomi. Namun pastikan tidak menghapus data pengguna saat hard reset.

Dengan begitu, data aplikasi dan file lain yang tersimpan di internal memori tidak akan terpengaruh. Kunci aplikasi juga kemungkinan akan terbuka.

Nah itu dia 3 cara sederhana membuka kunci aplikasi di Xiaomi tanpa harus menghapus semua datanya. Cukup ikuti saja langkah-langkah di atas. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Cara Membuka Paksa Aplikasi Terkunci di Xiaomi

Jika cara-cara di atas sudah dicoba namun masih gagal juga membuka kunci aplikasi Xiaomi, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini:

1. Aktifkan Mode Pengembang

Langkah pertama adalah mengaktifkan mode pengembang di ponsel Xiaomi Anda dengan menekan Build Number sebanyak 7-10 kali di menu Settings.

Setelah itu, Anda bisa menemukan opsi Developer Options di bagian paling bawah settings. Aktifkan fitur ini.

Baca Juga:
Cara Mudah Menghemat Kuota Internet di Android

2. Gunakan Android Debug Bridge (ADB)

Kemudian pasang Android Debug Bridge (ADB) di PC/laptop dan hubungkan ponsel Xiaomi melalui kabel data USB.

Di command prompt, ketik perintah berikut:

adb shellrm /data/system/gesture.keyrm /data/system/locksettings.dbrm /data/system/locksettings.db-walrm /data/system/locksettings.db-shmexit
adb reboot

Proses di atas akan memaksa reset pengaturan kunci layar dan aplikasi di ponsel Xiaomi.

3. Install Ulang Aplikasi atau Reset Paksa

Cara terakhir yaitu menginstall ulang aplikasi yang terkunci atau langsung reset paksa ke pengaturan pabrik melalui pemulihan ROM flash.

Namun resikonya data aplikasi terkunci tersebut bisa saja hilang.

Nah, itu dia beberapa cara memaksa membuka kunci aplikasi di Xiaomi secara manual. Harap berhati-hati saat mencoba cara-cara di atas.

Resiko Membuka Paksa Kunci Aplikasi

Meski berhasil membuka kunci aplikasi dengan cara paksa, ada beberapa resiko yang mungkin terjadi, diantaranya:

1. Data Aplikasi Rusak atau Hilang

Cara reset paksa bisa menyebabkan file dan data penting di dalam aplikasi menjadi rusak atau sama sekali hilang.

Misalnya foto, dokumen, riwayat transaksi, progress game, hingga pengaturan aplikasi bisa saja ilang seketika. Pastikan semua telah di-backup sebelum memaksa reset.

2. Fitur Aplikasi Tidak Berfungsi Semestinya

Pengaturan default dari tiap aplikasi bisa berubah drastis jika dipaksa reset secara manual. Akibatnya beberapa fitur mungkin tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Contohnya rentang waktu otomatis lock aplikasi berubah, notifikasi error, proses loading lama, hingga opsi login bermasalah.

Maka dari itu, hindari cara paksa kecuali sudah mencoba cara aman lainnya. Jika akhirnya tetap nekat memaksa tanpa backup, Anda harus siap dengan resiko galat di atas.

Tips Agar Tidak Lupa Kunci Aplikasi

Supaya kejadian serupa tidak terulang lagi di kemudian hari, berikut beberapa tipsAmpantau yang bisa dilakukan:

1. Catat atau Simpan Sandi di Tempat yang Aman

Langkah pertama adalah mencatat kata sandi penting aplikasi kemudian menyimpannya di tempat yang aman.

Bisa di sebuah catatan pengingat khusus, manager sandi, atau aplikasi lock note di ponsel.

2. Gunakan Sandi yang Mudah Diingat

Selain itu, gunakan juga kata sandi yang mudah diingat seperti tanggal ulang tahun, nama orang terdekat, atau gabungan angka dan huruf favorit Anda.

3. Nonaktifkan Kunci Otomatis Jika Tidak Diperlukan

Opsi ketiga adalah mematikan fitur penguncian otomatis aplikasi setelah beberapa waktu, jika memang tidak terlalu dibutuhkan.

4. Buat Sandi Cadangan di Akun Google

Terakhir, buatlah kata sandi cadangan untuk akses ke akun Google. Nantinya bisa digunakan untuk reset kata sandi aplikasi lain jika lupa dengan syarat loginnya melalui Google.

Nah begitulah tips dan rekomendasi agar Anda tak lagi mengalami kasus lupa kunci aplikasi di Xiaomi. Semoga informasi di artikel ini bisa bermanfaat!

Baca Juga:
Ragam Situs Download Film Paling Baru Terbaik 2019

Aplikasi Pembantu Buka Kunci Lainnya

Selain mengandalkan fitur bawaan Android dan ponsel Xiaomi, ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa membantu pengguna Xiaomi membuka kunci aplikasi yang terlupa tanpa menghapus data pengguna. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi populer lainnya:

Berikut 4 aplikasi paling populer:

  1. Copy9 – Aplikasi paling lengkap yang bisa buka kunci aplikasi (mirip reset manual via ADB), edit data pengguna, akses file internal, monitor aktivitas, hingga untuk mata-matai pesan SMS/WA korbannya.
  2. Win-Lock – Lebih sederhana namun bisa buka penguncian aplikasi bahkan untuk akses aplikasi banking dan e-commerce seperti Shopee atau Traveloka tanpa verifikasi tambahan.
  3. Application Password Remover – Userfriendly dan support sebagian besar tipe perangkat, tapi hanya bisa untuk aplikasi level ringan seperti game, media, dan office apps.
  4. App Lock Unlocker – 100% gratis dan gak perlu root, namun antarmuka masih terkesan jadul tanpa update signifikan beberapa tahun belakangan.

Pastikan download dan gunakan dari sumber terpercaya supaya terhindar dari malware. Bagikan pengalaman kalian di kolom komentar ya!

Nah, dengan berbagai pilihan aplikasi di atas, Anda bisa mencoba satu per satu untuk membuka kunci aplikasi yang lupa di HP Xiaomi tanpa perlu reset manual melewati PC.

Pertanyaan dan Jawaban Seputar Kunci Aplikasi Xiaomi

Berikut adalah beberapa pertanyaan dan jawaban seputar cara membuka kunci aplikasi di HP Xiaomi:

P: Mengapa aplikasi di Xiaomi saya bisa terkunci?

J: Beberapa kemungkinan penyebabnya antara lain lupa sandi/pola buka kunci, fitur auto-lock teraktivasi, atau karena anak menguncinya secara tidak sengaja.

P: Apa saja resiko membuka kunci aplikasi secara paksa?

J: Resikonya cukup besar, mulai dari data corrupt, aplikasi error, hingga kemungkinan fitur aplikasi tidak bekerja lagi semestinya.

P: Cara apa yang paling aman untuk membuka kunci aplikasi Xiaomi?

J: Cobalah terlebih dahulu fitur lupa sandi di masing-masing aplikasi atau install ulang tanpa menghapus data penggunanya.

P: Apakah ada aplikasi khusus untuk membantu membuka kunci aplikasi Xiaomi?

J: Ada beberapa aplikasi populer seperti Copy9, Win-Lock, App Lock Unlocker, dan Application Password Remover. Tapi tetap waspada terhadap malware.

P: Bagaimana agar ke depannya saya tidak lupa kunci aplikasi Xiaomi lagi?

J: Anda bisa mencatat sandi penting di tempat aman, gunakan sandi mudah diingat, nonaktifkan fitur auto-lock, atau buat sandi Google cadangan.

Demikian informasi tambahan mengenai cara membuka kunci aplikasi di HP Xiaomi. Semoga bisa sedikit membantu dan bermanfaat!

Cara Membuka Kunci Aplikasi yang Lupa di HP Xiaomi

-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *