Skip to main content

Jasa Survey Geolistrik Air Tanah Berpengalaman

jasa survey geolistrik air tanah berpengalaman

Kami bersama Geochem Survey menyediakan jasa survey geolistrik air tanah untuk 1 Dimensi, 2 Dimensi dan 3 Dimensi. Alat survey yang kami gunakan yaitu Naniura dan ARES.

Tim kami terdiri dari lulusan sarjana Teknik Geofisika ITB yang sudah berpengalaman melakukan eksplorasi diberbagai tempat, diantaranya:

  • Survey pasir kuarsa di Tuban dan Majalengka
  • Eksplorasi andesit di Pandeglang
  • Pengeboran air tanah di Bogor
  • Survey geolistrik air tanah di Sumenep, Padalarang, Bekasi, Lebak, Semarang
  • dll.

Selain berpengalaman dalam jasa survey geolistrik air tanah, kami juga sudah biasa mengerjakan jasa pembuatan sumur artesis, sumur bor air jetpump, coring batuan atau sampel batu dan pembuatan sumur resapan yang sesuai standar SNI.

Klien kami terdiri dari pemerintah, perusahaan swasta, yayasan maupun personal. Kami melayani jasa survey geolistrik air tanah se-Indonesia. Lokasi workshop kami di Bogor dan Bandung.

Untuk informasi lebih lanjut atau sekedar konsultasi, silahkan hubungi kami melalui WhatsApp.

Kontak via Whatsapp


Cara Kerja Jasa Survey Geolistrik

Secara definisi, survey geolistrik merupakan metode yang digunakan untuk menganalisis kondisi di bawah permukaan tanah dengan memanfaatkan sifat kelistrikan dari batu-batuan. Metode studi geofisika ini umumnya digunakan untuk menyelidiki tahanan jenis, konduktivitas, dielectrical constant, specific resistivity, kemampuan untuk mencetuskan self potential dan medan induksi, hingga sifat yang menyimpan potensial.

Secara garis besar, jasa survey geolistrik mampu mengungkap potensi eksploratif dari tanah atau lahan yang Anda miliki. Hasil survey ini kemudian dapat menjadi dasar pemanfaatan lahan secara optimal. Kelebihan dari penggunaan jasa survey geolistrik adalah data yang dihasilkan terbilang akurat. Tingkat validitas data yang diperoleh bahkan bisa mencapai 90%.

Perlu Anda ketahui, bahwa data hasil dari jasa survey geolistrik ini mampu memberikan gambaran satu dimensi (1D), dua dimensi (2D), hingga tiga dimensi (3D). Jenis hasil gambaran ini dapat disesuaikan dengan tujuan survey dan kebutuhan Anda.

Cara kerja dari metode survey geolistrik yang kami tawarkan cukup mudah dipahami. Metode ini bekerja dengan melihat adanya beda potensial tahanan jenis dari arus listrik yang diperoleh dengan menggunakan alat geolistrik. Melalui alat inilah akan didapatkan bacaan angka-angka yang membutuhkan pengolahan data lebih lanjut.

Manfaat Jasa Survey Geolistrik

Cukup banyak benefit yang dapat diperoleh dari melakukan metode penyelidikan geofisika ini. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari survey geolistrik.

1. Memperoleh analisis terkait lapisan vertikal tanah dan bebatuan yang ada di bawah permukaan tanah.

Hasil analisis melalui teknik survey ini akan menghasilkan data berupa gambar penampang vertikal dari tanah. Melalui gambaran tersebut dapat diidentifikasi jenis bebatuan yang ada di bawah permukaan tanah.

2. Menentukan titik yang bisa dijadikan sumur bor.

Jasa survey geolistrik yang kami lakukan akan membantu memberikan hasil analisis posisi yang lebih akurat dibandingkan dengan teknik lain. Tentunya hal ini akan lebih efisien secara waktu dan biaya. Proses pengeboran air dapat dilakukan lebih efektif.

3. Menghasilkan data untuk penentuan tingkat kedalaman sumur bor.

Data yang diperoleh melalui metode ini akan memberikan dugaan atas kondisi batuan dari lapisan tanah yang disurvey.

4. Memberikan interpretasi dari jumlah debit air yang tersedia di bawah permukaan tanah.

Jumlah debit air hanya berupa dugaan sementara. Tingkat akurasinya bisa mencapai 90%, tetapi tidak 100%. Hal ini terbilang wajar mengingat hasil survey dibuat berdasarkan perhitungan dari data yang ditemui di lapangan.

5. Mengetahui jenis air di bawah permukaan tanah, apakah termasuk air asin atau air tawar.

Jenis air di bawah permukaan tanah akan diketahui melalui metode survey ini. Tujuannya tak lain agar pada saat instalasi pipa, Anda dapat melakukan penutupan sadapan.

Fungsi Penerapan Survey Geolistrik

Beberapa fungsi yang penting dari jasa survey geolistrik yang kami tawarkan diantaranya adalah:

  1. Kegiatan eksplorasi air bawah tanah
  2. Kegiatan eksplorasi logam mulia (emas)
  3. Kegiatan eksplorasi batu besi (iron ore)
  4. Kegiatan eksplorasi batubara
  5. Kegiatan eksplorasi mangan.

Tidak hanya itu, survey geolistrik juga bisa dimanfaatkan dalam lingkup penelitian yang lebih luas diantaranya adalah:

1. Pertambangan

Dalam bidang pertambangan, jasa survey geolistrik bisa digunakan dalam perhitungan deposit, potensi dari bahan galian tambang, hingga bacaan sebaran dari mineral di bawah permukaan tanah.

2. Geologi Regional

Pada bidang ini, metode survey geolistrik dapat digunakan untuk memperoleh data mengenai struktur batuan, stratigrafi, dan sedimentologi dari tanah.

3. Hidrogeologi

Inilah penelitian yang bertujuan untuk mengeksplorasi mengenai potensi air tanah, posisi aquifer, hingga mendeteksi jenis air di bawah tanah.

4. Geoteknik

Survey geolistrik biasa digunakan untuk menganalisis porositas batuan, konstruksi, hingga struktur geologi tanah.

5. Arkeologi

Metode geofisika ini kerap digunakan untuk mendeteksi keberadaan situs kuno, arca, fosil, maupun candi yang terpendam di bawah tanah.

6. Minyak dan Gas

Data survey geolistrik bisa menunjukkan data terkait dengan oil-water contact dan well-logging geophysics.

7. Kebencanaan

Potensi bencana dapat diketahui dengan melakukan survey geolistrik. Hasilnya adalah deteksi dini gerakan tanag, hingga mitigasi bencana longsor.

8. Geotermal

Jasa survey geolistrik bisa pula dimanfaatkan untuk mengetahui kedalaman tanah, penyebaran, dan low-resistivity dari partikel tanah.

9. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)

Satu lagi manfaat dari jasa survey geolistrik air tanah yang sangat penting adalah untuk melakukan studi lingkungan dan mengetahui tingkat pencemaran air tanah.

Salah satu kegiatan eksplorasi yang paling umum dilakukan dengan menggunakan metode survey geolistrik ini adalah untuk menemukan sumber air. Ekplorasi air bawah tanah ini bisa dilakukan untuk kebutuhan perkantoran, rumah tangga, maupun industri.

Kelebihan Jasa Survey Geolistrik

Cukup banyak kelebihan yang diperoleh dengan melakukan survey geolistrik yakni; menghemat waktu karena bisa memperoleh data lokasi pengeboran, pemakai jasa survey geolistrik bisa menyiapkan jenis mesin, jumlah pekerja, dan perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk melakukan pengeboran sumur air tanah.

Bukan cuma itu, penerapan survey geolistrik juga akan menghemat biaya survey, peralatan yang portable juga memudahkan kami sebagai surveyor untuk meneliti di berbagai kondisi lahan. Proses survey ini pun dikenal cepat. Dalam sehari, kami bisa melakukan survey hingga ke lima titik sekaligus.

Teknik yang dilakukan untuk mengetahui lokasi titik pengeboran adalah dengan menggunakan patok besi. Pertama, patok besi ditancapkan ke tanah. Patok besi ini berperan sebagai penghantar listrik. Kedua, bila arus listrik yang didapat ternyata memiliki resistivitas yang rendah dan lebih bersifat konduktif, maka dugaannya adalah di lokasi tersebut mempunyai potensi kandungan air.

Meski banyak memiliki kelebihan, teknik survey ini tetap mempunyai kelemahan. Namun bila dibandingkan dengan manfaat yang diraih, tentu penerapan survey geolistrik tetap penting untuk dilakukan. Mengapa? Karena metode survey geolistrik ini mampu meminimalisasi kesalahan dalam proses pengeboran.


Untuk informasi lebih lanjut atau sekedar konsultasi, silahkan hubungi kami melalui WhatsApp.

Kontak via Whatsapp