Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android Terbaru, 100% Work!

Posted on

Mempercepat kinerja smartphone Android kali ini khusus untuk sobat yang merasa HP-nya lemot. Anda pastinya sudah sangat sering sekali kan alami berbagai masalah pada smartphone yang Anda miliki, khususnya untuk jenis smartphone berbasis Android ini? Salah satu masalah yang kerap kali dialami sebuah smartphone Android adalah smartphone yang lelet atau lemot.

Kesel nggak sih pada saat Anda sedang asyik-asyiknya menggunakan smartphone Android, baik itu untuk urusan chattingan, teleponan, atau bermain game maupun mendengarkan musik, dan lainnya? Lalu jika smartphone Android Anda lelet atau lemot Anda harus bagaimana?

Bisa jadi masalah lelet atau pun lambatnya Android Anda ini disebabkan oleh RAM atau Random Access Memory. Apabila smartphone Android Anda memang tidak memiliki kapasitas RAM yang cukup besar, maka bisa dipastikan smartphone Android Anda akan lelet. Itu artinya Anda butuh cara mempercepat kinerja smartphone Android agar tidak lelet atau lemot lagi.

Berikut ini kami informasikan kepada Anda tentang beberapa cara paling mudahnya mempercepat kinerja smartphone Android, khususnya yang alami masalah pada bagian RAMnya. Mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Rekomendasi:

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android, 100% Work!

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android, 100% Work!

Sebelum kami akan menginformasikan kepada Anda tentang cara mempercepat kinerja smartphone Android yang lelet atau lemot akibat masalah pada bagian RAMnya, sepertinya penting sekali bagi Anda untuk ketahui terlebih dulu apa sih yang dimaksud dengan RAM itu sendiri?

RAM adalah tipe penyimpanan yang ada pada perangkat PC, komputer, atau laptop yang isinya bisa diakses dalam waktu yang tetap, tak perduli akan letak data tersebut di dalam memori. Yang demikian tersebut pastinya sangat berlawanan sekali dengan alat memori urut, seperti halnya disk, drum, dan tape magnetik, dimana gerakan pada mekanikal dari media penyimpanannya sendiri akan memaksa PC, komputer, atau pun laptop agar bisa mengakses data-data secara berurutan.

Jadi, semakin banyaknya kapasitas RAM yang Anda miliki, maka akan semakin banyak pula multitasking yang bisa Anda lakukan pada smartphone Android yang Anda miliki tersebut. Tapi, masalahnya adalah RAM yang ada pada smartphone Android Anda tidak selalu kosong dengan baik, dan aplikasi-aplikasi yang terpasang di dalamnya juga tak selalu berhenti bekerja walaupun Anda tidak sedang menggunakannya. Yang demikian inilah yang pada akhirnya menjadikan smartphone Android Anda punya kecepatan yang lebih lambat, alias lelet, lag, crash, dan juga stuck.

Jika Anda sudah tahu apa yang dimaksud dengan RAM tersebut, maka yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah cara mempercepat kinerja smartphone Android, misalnya saja dengan mengurangi penggunaan RAM. Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa Anda coba lakukan untuk bisa mengurangi penggunaan RAM tanpa root.

Baca juga:

Batasi penggunaan Widget dan Live Wallpapers

Cara mempercepat kinerja smartphone Android yang pertama bisa Anda coba adalah dengan membatasi penggunaan Widget dan Live Wallpapers. Kedua fitur tersebut banyak sekali memakan RAM dan pastinya juga bisa semakin memberatkan kinerja smartphone Android Anda. Ada banyak sekali Widget yang merefresh secara otomatis dan juga memakan bandwidth. Hal tersebut juga jadi penyebab utama kenapa baterai smartphone Anda cepat habis.

Menonaktifkan atau disable aplikasi

Penting sekali untuk Anda tahu bahwa, pada bebeapa aplikasi ternyata bisa menghabiskan kapasitas RAM yang ada pada smartphone Android Anda, walaupun mereka sedang tidak digunakan. Mengorganisir aplikasi-aplikasi yang seharusnya dan tidak seharusnya otomatis bekerja di background mungkin saja habiskan waktu Anda, akan tetapi yang demikian tersebut cukup bernilai sekali untuk dicoba. Khususnya untuk menonaktifkan aplikasi, Anda harus masuk ke menu Settings – Apps – silakan Anda cari aplikasi yang ingin di nonaktifkan, kemudian Tap dan pilih Disable.

Menonaktifkan atau disable animasi

Animasi merupakan slah satu pencuri RAM di smartphone Android. Anda bisa kok atur hal tersebut pada bagian opsi Developer Options yang ada pada menu Settings. Untuk mengaktifkannya Anda bisa menuju ke menu Settings – Developer Options – Drawing – Turn Off di semua opsi.

Nah, itu tadi beberapa cara mempercepat kinerja smartphone Android dengan cara menghemat penggunaan RAM. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android Terbaru, 100% Work!

-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *