Skip to main content

Agar Janin Dan Ibu Tetap Sehat, Inilah Vitamin Untuk Ibu Hamil 1 Bulan Yang Bisa Dikonsumsi

Ketika sedang hamil, terutama hamil muda, ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Salah satu asupan gizi yang dibutuhkan ibu hamil yaitu vitamin. Ada berbagai macam vitamin yang diperlukan ibu hamil untuk kebutuhan janin di dalam kandungannya. Dan berikut ini adalah vitamin untuk ibu hamil 1 bulan beserta manfaatnya untuk janin.

1. Vitamin A

Vitamin untuk ibu hamil 1 bulan yang pertama adalah vitamin A. Vitamin A sangat diperlukan bagi ibu yang sedang mengandung, dan inilah manfaat dari vitamin A:

  • Menjaga kesehatan janin dan ibu
  • Membantu pembentukan mata janin, dan menjaga kesehatan mata janin serta ibu hamil
  • Menguatkan kuku supaya tidak mudah patah
  • Mencegah rambut dari kerontokan
  • Mencegah gigi keropos selama kehamilan

Vitamin A bisa ibu peroleh dari sumber makanan seperti kuning telur, wortel, minyak ikan, susu, dan margarine.

2. Vitamin K

Vitamin K adalah vitamin yang bermanfaat dalam pembekuan darah, selain itu vitamin ini juga bermanfaat dalam pembentukan usus manusia. Jadi sangat diperlukan sekali ketika ibu sedang hamil, khususnya bagi janin yang masih dalam proses pembentukan. Vitamin K bisa diperoleh dari sayuran-sayuran hijau, seperti keylan.

3. Vitamin E

Dalam masa kehamilan, vitamin E sangat diperlukan dalam melindungi asam lemak tubuh dan juga menjaga kesehatan dinding sel tubuh. Sumber makanan yang dapat ibu konsumsi guna mendapatkan vitamin E adalah gandum dan taoge. Selain itu vitamin E juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin E maka kulit akan menjadi sehat, lembut, dan halus.

4. Vitamin D

Vitamin D adalah vitamin untuk ibu hamil 1 bulan serta merupakan vitamin yang bermanfaat memudahkan penyerapan kalsium di kelenjar darah dan juga usus. Vitamin D ini dapat diperoleh dari minyak ikan, susu, ikan, telur ayam kampung, kuning telur, dan mentega. Selain bermanfaat dalam penyerapan kalsium, vitamin D juga bermanfaat mencegah gigi dan tulang keropos serta memperkuatnya.

5. Vitamin B1

Vitamin B1 bermanfaat dalam melancarkan proses pencernaan, menjaga kesehatan lambang, meringankan mual serta muntah, dan melancarkan ASI ketika menyusui. Vitamin B1 bisa diperoleh dari makanan seperti gandum, hati ayam, kacang-kacangan, dan ragi.

6. Vitamin C

Vitamin C merupakan vitamin yang diperlukan ibu hamil guna menjaga kesehatannya. Vitamin ini bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Sumber makanan guna memperoleh vitamin C yakni ada jambu, jeruk, lemon, dan lain sebagainya. Vitamin C ini juga bermanfaat dalam menjaga metabolisme tubuh supaya tetap baik dan juga lancar.

Vitamin C juga dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit, selain itu juga bisa membuat kulit semakin cerah. Jadi bagi ibu-ibu jangan lupakan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, sebab sangat bermanfaat dalam masa kehamilan.

Demikianlah info tentang vitamin untuk ibu hamil 1 bulan yang dapat ibu sekalian ketahui. Semoga beberapa informasi mengenai vitamin untuk ibu hamil 1 bulan bisa menjadi referensi yang bermanfaat bagi ibu hamil semuanya.

Dengan begitu jangan sampai lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan vitamin setiap harinya ya ibu, karena hal tersebut demi kebaikan ibu dan si janin yang ada di dalam kandungan. Sehingga ibu dan janin akan selalu sehat dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga menjadi referensi yang bermanfaat.

One thought on “Agar Janin Dan Ibu Tetap Sehat, Inilah Vitamin Untuk Ibu Hamil 1 Bulan Yang Bisa Dikonsumsi”

  1. Memang seorang yang tengah mengandung memerlukan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan dengan orang lain pada umumnya. Sudah sepatutnya kita harus selalu menyiapkan berbagai macam halnya untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran sang calon ibu, dan calon jabang bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *