Skip to main content

Cara Mudah Menggunakan Viraltag Untuk Mengelola Akun Sosial Media

Sebelumnya saya sudah pernah menulis tentang Cara Mudah Mendatangkan Traffic Dari Pinterest Untuk Blog Bahasa Inggris. Dalam studi kasus tersebut saya menggunakan tools pengelola pinterest yaitu BoardBooster. Awalnya saya memilih BoardBooster karena lebih simpel dalam penggunaannya. Boardbooster ini memang khusus digunakan untuk mengelola akun pinterest.

Kali ini saya akan sedikit mengulas seputar Viraltag, hampir sama dengan BoardBooster, tapi Viraltag ini bisa juga digunakan untuk mengelola akun sosial lainnya seperti Instagram, Pinterest, Facebook dan Twitter. Viraltag sangat cocok untuk mengelola sosial media yang lebih banyak menampilkan visual.

Saya sendiri menggunakan Viraltag ini untuk mengelola akun Pinterest. Ya, selain BoardBooster, saya mulai menggunakan Viraltag untuk menjadwalkan posting ke berbagai BigBoard.

Fitur Dari Viraltag

Viraltag bisa membantu kamu untuk mengelola akun sosial media berikut ini:

Pinterest: boards dan secret boards

Instagram: profile

Twitter: profile

Tumblr: profile

Facebook: profile dan halaman

LinkedIn: profile dan halaman perusahaan

Posting dan Penjadwalan Dengan Viraltag

Untuk posting menggunakan Viraltag, kamu bisa memulainya dengan klik tombol “Post” pada dashboard, lalu akan muncul tampilan seperti ini,

Kamu bisa menambahkan satu atau beberapa gambar sekaligus (bulk images). Kamu juga bisa mengambil gambar langsung dari berbagai akun sosial media yang kamu miliki (Facebook, Dropbox, Flickr, Google Drive, Instagram). Kalau cuma posting teks biasa, klik tombol “Skip” dibagian kiri bawah.

Jika kamu cuma memilih satu gambar untuk diposting, maka akan muncul tampilan seperti ini,

Selanjutnya yang harus dilakukan,

  1. Pilih sosial media yang akan digunakan untuk postingan ini
  2. Masukkan teks deskripsi dan beberapa hastag, jangan lupa untuk memasukkan keywoard juga ya 😀
  3. Di bagian kanan bawah, pilih apakah akan langsung diposting atau dijadwalkan atau disimpan dulu sebagai draft.

Jika kamu memilih untuk penjadwalan posting maka akan muncul tampilan seperti ini,

Tentukan kapan saja (hari dan jamnya) postingan kamu akan diposting. Setelah itu kamu akan melihat semua postingan yang dijadwal berupa list kalender.

Viraltag juga bisa digunakan bersama-sama, kamu bisa menambahkan editor dan kontributor. Nanti setiap ada postingan baru dari kontributor harus memalui persetujuan dari editor terlebih dahulu. Ini salahsatu yang membedakan Viraltag dengan BoardBooster.

Dengan menggunakan Viraltag, setidaknya ada 5 cara untuk menambahkan gambar ke aplikasi pengelola sosial media ini.

Pertama, kamu bisa langsung memilih satu atau banyak gambar yang ada dilaptop.

Kedua, Viraltag menyediakan ektensi Chrome yang memudahkan kamu untuk mengambil gambar dari berbagai web untuk diposting atau dijadwalkan di akun sosial kamu dengan menggunakan Viraltag.

Caranya mudah, klik ikon Viraltag di toolbar bagian kanan, lalu pilih gambar yang mau dimasukkan ke Viraltag.

Ketiga, kamu juga bisa mengambil gambar dengan menggunakan RSS feed.

Keempat, Viraltag menyediakan koleksi postingan gambar yang sedang populer saat itu. Kamu bisa menggunakannya untuk diposting kembali diakun sosial mediamu.

Kelima, Viraltag juga sudah terintegrasi dengan Canva. Kamu bisa dengan mudah mengedit gambar sebelum diposting.

Caranya, Klik tab “Content” lalu pilih “Design”, pilih akun sosial media yang akan digunakan. Lalu login ke Canva dan mulailah untuk mengedit gambar.

Setelah itu klik “Publish” dibagian kanan atas. Selanjutnya kamu tinggal menambahkan deskripsi teks dan beberapa hastag seperti sebelumnya.

Ini juga yang membedakan Viraltag dengan BoardBooster, karena di aplikasi BoardBooster sama sekali tidak menyediakan image editor.

Viraltag Analytics

Aplikasi Viraltag tentu didukung dengan data analitik, bahkan kamu bisa mengintegrasikannya dengan Google Analytics untuk mendapatkan data analitik yang lebih lengkap.

Di bagian analaitik viraltag, kamu bisa melihat postingan yang paling banyak interaksinya, waktu terbaik untuk posting dan masih banyak lagi.

Viraltag Pricing

Viraltag Pricing Plan

Viraltag bisa digunakan untuk individu, untuk bisnis skala kecil maupun untuk mengelola brand besar. Harga yang ditawarkan juga cukup sebanding dengan fitur yang disediakan. Untuk penggunaan individu biaya bulannya dimulai dari $24.

Bonus Untuk Blogger

Nah, jika kamu blogger, kamu bisa menggunakan aplikasi Viraltag ini dengan harga yang lebih murah. Viraltag akan memberikan bonus akses selama 6 bulan dan kemudian biaya bulanan berikutnya $9.99, jauh lebih murah ketimbang $24 per bulan. Syaratnya kamu cukup menulis artikel review tentang Viraltag.

Tertarik menggunakan Viraltag untuk kemudahan mengelola akun sosial media? kamu bisa mulai mendaftarnya di sini. Link tersebut merupakan link affiliate, artinya saya akan mendapatkan bonus $15 jika kamu mendaftar melalui link itu, dan kamu juga akan mendapatkan bonus saldo $15, jadi sama-sama menguntungkan ya 😀

Sekian dan Terimakasih guys. Semoga bermanfaat ya 🙂

3 thoughts on “Cara Mudah Menggunakan Viraltag Untuk Mengelola Akun Sosial Media”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *