Barang Tidak Sesuai Pesanan? Jangan Bacok Kurir! Tips Melakukan Komplain Di Tokopedia

Halo sobat Alwib dimanapun berada, semoga kalian dalam keadaan  baik-baik saja dan berbahagia di masa pandemi ini. Seringkali kita melihat video yang viral mengenai ibu-ibu yang memarahi kurir karena barang yang diantarkan tidak sesuai pesanan, bahkan ada warga yang memarahi dan mengejar kurir dengan menenteng parang! Duh… gemes banget ingin ikut nampol pembelinya. Kasihan sekali kurirnya, sudah capek mengantarkan barang eh malah dimarahi. Nah, kali ini kami akan membahas tema mengenai tips melakukan komplain di Tokopedia. Supaya sobat Alwib menambah ilmu pengetahuan bagaimana cara komplain dan melakukan penggantian barang atau uangnya.

Tokopedia dianggap sebagai pasar online terbesar di Indonesia. Tokopedia adalah platform untuk individu dan bisnis kecil untuk membuat toko online. Jika Anda mengalami masalah atau masalah dengan barang-barang yang Anda telah membeli di marketpalce Tokopedia sehingga Anda dapat mengirimkan keluhan ke pusat resolusi Tokopedia. Bagaimana bisa?

Tips Melakukan Komplain Di Tokopedia

TIPS Melakukan Komplain di Tokopedia

Salah satu admin Alwib.net juga pernah mengalami kejadian yang sama dimana barang tidak sesuai ekspetasi. Pasti ada rasa kesal dong. Tapi memarahi kurir bukanlah solusinya. Ada beberapa cara untuk melakukan komplain layanana di Tokopedia. Yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

Baca Juga
Tips Sukses Jualan Online Untuk Pemula Yang Terbukti Berhasil

Komplain di Aplikasi Tokopedia

Berikut ini adalah panduan untuk mengeluh tentang item yang mengalami masalah di Tokopedia dengan menggunakan aplikasi Tokopedia melalui smartphone.

  1. Buka aplikasi Tokopedia di ponsel cerdas Anda
  2. Login menggunakan ID akun dan kata sandi Tokopedia
  3. Klik pada teks ‘Akun’ di kanan bawah
  4. Klik pada artikel ‘Mengeluh sebagai pembeli’
  5. Tokopedia Selanjutnya akan menampilkan pemberitahuan munculan dengan deskripsi ‘Jika Anda memiliki masalah dengan pesanan Anda, silakan klik tombol komplain dan silakan diskusikan dengan penjual, lalu klik opsi ‘Keluhan’.
  6. Jika Anda telah mengklik menu keluhan, Anda akan diarahkan ke halaman untuk resolusi yang akan ditampilkan:
  • Jumlah faktur
  • Pembelian dari yang menyimpan
  • kategori masalah yang diterima
  1. Silakan pilih masalah yang Anda ingin ajukan keluhan apakah produk bermasalah, rusak, tidak cocok dengan deskripsi item, tidak lengkap atau biaya pengiriman terlalu tinggi.
  2. Jika Anda telah menentukan kategori masalah yang Anda alami maka Anda dapat mengklik opsi ‘Lanjutkan’.
  3. Langkah selanjutnya adalah Anda harus mengisi informasi yang terkait dengan produk yang Anda terima mengalami masalah. Selesaikan kendala yang Anda alami sehingga nantinya penjual dan Tokopedia dapat memahami dengan jelas masalah apa yang Anda alami dalam produk.
  4. Setelah mengisi deskripsi sedetail mungkin, langkah selanjutnya adalah memilih opsi ‘Lanjutkan’.
  5. Sebagai langkah terakhir untuk keluhan Tokopedia, Anda diharuskan melampirkan foto sebagai bukti masalah yang Anda alami dan memilih resolusi yang diinginkan untuk masalah yang Anda alami. Apakah Anda ingin menukar produk sesuai pesanan atau ingin mengembalikan produk dan mengembalikan dana kemudian klik “Keluhan”.
Baca Juga
Tips Mendapatkan Banyak Pembeli Saat Jualan Online [Bisnis Online]

Keluhan Tokopedia di Pusat

Sebagai pembeli yang mengalami masalah dengan produk mereka, Anda dapat menjelaskan hambatan yang terjadi pada Anda dan solusi apa yang Anda inginkan. Baik. saat Anda mengajukan keluhan, Anda harus melampirkan bukti pendukung untuk masalah yang Anda alami seperti:

  1. Pengemasan produk foto.
  2. Foto produk dari berbagai sisi.
  3. Foto catatan pesanan.
  4. Tanda terima tanda terima foto.

NOTE: Biasanya para pedagang membuat persyaratan bagi pembeli yang komplain wajib menyertakan video unboxing barang. Jadi, anda jangan lupa untuk selalu membuat foto dan rekaman video ketika membuka barang yang dibungkus.

Jika Anda telah melampirkan bukti pendukung, penjual akan menanggapi keluhan Anda dan memberikan penjelasan. Tidak hanya itu, penjual juga akan menawarkan solusi baru untuk masalah yang Anda alami.

Jika bukti tidak dilampirkan, maka Anda tidak dapat melanjutkan proses klaim itu sendiri. Jika bukti telah dilampirkan dan Anda dan penjual sepakat satu sama lain dan membuat solusi yang disepakati bersama, maka keluhan Tokopedia akan dianggap lengkap.

Namun, jika Anda dan penjual tidak mendapatkan solusi untuk masalah yang terjadi, maka Anda dapat meminta bantuan ke Layanan Pelanggan Tokopedia atau menghubungi nomor telepon di (021) 8064- 7333 atau (021) 5369-1015.

Dalam banyak kasus, penjual akan membayar ongkos kirim kembali jika kesalahan ada pada mereka, yang berarti penjual mengirim barang yang salah atau rusak kepada Anda. Biasanya jika produk yang Anda buka memiliki masalah atau dikembalikan setelah 30 hari penerimaan, Anda hanya akan menerima pengembalian dana sebagian.

Baca Juga
Cara Membuat VCC untuk Mendapat Akun Premium Gratis

Beberapa bisnis menetapkan kebijakan berdasarkan kebijakan pasar yang paling banyak digunakan. Jika penjual memilih kebijakan pengembalian dengan pengembalian instan dan pengiriman gratis, ini dapat dipromosikan di muka sebagai bagian dari merek perusahaan. Jelas, proses pengembalian online yang sederhana membantu mendorong penjualan dan loyalitas pelanggan dan mengabaikan peluang pengembalian dapat mengurangi citra penjual.

Itulah pembahasan mengenai TIPS Melakukan Komplain Di TOKOPEDIA. Setelah mengatahui caranya, sobat Alwib jangan pernah memarahi kurir atau bahkan mengancam dengan senjata tajam dong. Bagi sobat Alwib yang mau mendapat cuan, silahkan baca artikel manfaat dan cara dropship di Tokopedia. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Barang Tidak Sesuai Pesanan? Jangan Bacok Kurir! Tips Melakukan Komplain Di Tokopedia

-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *