Skip to main content

Tips Diet Bagi Ibu Menyusui Agar Bayi Tetap Sehat

Ketika hamil, seorang ibu hamil pasti mengalami pertambahan berat badan yang cukup drastis. Pertambahan berat badan tersebut tentunya akan membuat badan menjadi melar. Dan setelah melahirkan pastinya pertambahan berat tersebut masih ada. Dan hal inilah yang kadang membuat ibu ingin cepat-cepat menurunkan berat badan dengan cara diet.

Bagi ibu menyusui yang ingin diet, berikut ini adalah info mengenai tips diet bagi ibu menyusui.

  1. Makan-makanan yang Sehat

Ibu menyusui yang ingin diet sebaiknya makanlah makan yang sehat, selain untuk mencukupi kebutuhan bayi juga bisa bermanfaat untuk diet itu sendiri. Makanan sehat yang terhindar dari kolesterol atau lemak jenuh akan mencegah dari pertambahan berat badan yang berlebih.

Makanan yang sehat dan bisa ibu konsumsi yaitu seperti buah, sayur, gandum, dan masih banyak lagi. Upayakan untuk selalu makan teratur, jangan suka makan terlalu banyak dan sebaiknya makan sedikit-sedikit tetapi sering. Inilah yang membuat ibu tidak kelaparan ketika menyusui namun masih bisa dijadikan sebagai program diet.

  1. Olahraga Teratur

Untuk membakar lemak yang terdapat pada tubuh, maka sebaiknya secara teratur melakukan olahraga. Olahraga yang bisa dilakukan ibu menyusui seperti berenang, joging, fitnes, yoga, dan olahraga ringan lainnya. Dengan melakukannya secara teratur maka penurunan berat badan bisa dilakukan secara intens.

Usahakan untuk melakukan olahraga minimal dua kali seminggu. Lakukan secara rutin dan jangan malas-malasan agar berat badan yang ingin diturunkan bisa cepat tercapai.

  1. Minum Air Putih yang Banyak

Minum air putih yang banyak adalah cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kolesterol dalam tubuh. Kolesterol ini jika tidak dihilangkan maka bisa menyebabkan berat badan naik, untuk itu menghilangkannya bisa digunakan cara minum air putih yang banyak.

Kita dianjurkan untuk minum air putih yang banyak setiap hari minimal 8 gelas. Jadi jangan sia-siakan kesempatan ini karena minum air putih ternyata dapat menjadi tips diet bagi ibu menyusui. Minum air putih memang sehat, selain untuk melancarkan ASI juga bisa melancarkan proses metabolisme dalam tubuh.

Dengan metabolisme tubuh yang lancar maka tubuh juga akan menjadi sehat, sehingga ibu menyusui juga bisa terhindar dari kelelahan akibat mengurus si bayi yang baru saja dilahirkan. Minumlah air putih yang banyak ya bagi ibu menyusui, agar badan sehat dan diet juga bisa terpenuhi.

  1. Hindari Camilan yang Tidak Sehat

Bagi ibu menyusui yang sedang melakukan program diet sebaiknya untuk tidak makan camilan yang memicu menaikkan berat bedan. Camilan yang tidak seperti gorengan, makanan manis-manis, dan makanan lainnya yang banyak mengandung lemak gula.

Jika ingin makan camilan, sebaiknya gantilah camilan yang tidak sehat tersebut dengan camilan yang sehat seperti buah-buahan. Karena buah-buahan bisa menjadi camilan yang sehat serta bergizi.

Buah-buahan yang bisa ibu konsumsi sehari-hari sebagai camilan seperti mangga, stroberi, kiwi, leci, anggur, semangka, dan lain sebagainya. Selain dimakan langsung buah-buahan tersebut juga bisa dijadikan jus ataupun salad buah. Makan buah-buahan merupakan tips diet bagi ibu menyusui yang bisa Anda lakukan.

Demikianlah info mengenai tips diet bagi ibu menyusui yang dapat Anda ketahui. Semoga informasi tips diet bagi ibu menyusui tersebut bisa menjadi referensi yang bermanfaat bagi Anda semua, khususnya bagi para ibu menyusui. Dan semoga dengan tips-tips tersebut berat badan Anda bisa turun dengan cepat dan Anda dapat memperoleh berat badan ideal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *