Skip to main content

25 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh

Nyamuk biasa berkembang biak saat peralihan musim hujan dan kemarau. Jika anda tidak menjaga kebersihan lingkungan rumah dengan baik, bisa jadi nyamuk akan semakin betah tinggal di rumah anda.

Serangga kecil ini akan mengganggu kenyamanan tidur anda dan bisa menjadi bibit penyakit yang berbahaya bagi keluarga anda di rumah.

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk mengusir dan mencegah datangnya nyamuk, seperti menguras bak air mandi dan menggunakan obat anti nyamuk. Namun, ada cara lain yang lebih mudah untuk mengusir nyamuk, yaitu dengan menanam tanaman tertentu pengusir nyamuk.

Selain akan menambah keindahan pekarangan rumah anda, tanaman ini akan membuat nyamuk minggat.

#1 Serai Wangi (Cymbopogon nardus)

serai wangi pengusir nyamuk
http://www.webphotos.com.au/

Serai Wangi merupakan tanaman yang paling umum digunakan sebagai bahan dasar untuk pembuatan obat nyamuk. Biasanya ibu rumah tangga menggunakan daun serai sebagai bumbu penyedap masakan. Serai wangi sangat mudah ditemui dan cara menanamnya juga cukup mudah.

Tanaman ini mengandung citronella oil yang aromanya segar bagi manusia, tapi sangat tidak disukai oleh nyamuk. Citronella oil mengandung 3 komponen utama yaitu geraniol, citronellal dan citronellol. Ketiga komponen ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi jika diolah lebih lanjut, misalnya menjadi parfum.

Tanaman serai jawa memiliki kandungan geraniol dan citronellol yang lebih banyak dan sangat bagus digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk.

Zat citronellal yang terdapat di dalam citronella bersifat racun kontak yang bisa menyebabkan nyamuk mati. Maka dari itu, tanaman ini bisa diolah menjadi obat nyamuk, baik dalam bentuk oles maupun campuran bahan lilin.

Tanaman serai wangi bisa ditanam di pekarangan rumah sebagai apotek hidup dengan mudah, karena tanaman ini sudah cocok dengan iklim Indonesia. Serai wangi bisa tumbuh dengan tinggi mencapai 1.82 meter. Serai wangi tidak cocok di tanam di dalam pot, anda bisa menanamnya langsung di atas permukaan tanah.

#2 Lemon Balm (Melissa officinalis)

lemon balm pengusir tikus
http://plants.dutchgrowers.ca/

Lemon balm termasuk tanaman herbal mint yang memilki bunga putih dan aroma wangi seperti lemon. Lemon balm mempunyai beragam manfaat seperti digunakan sebagai penyedap dalam teh herbal dan sebagai tanaman yang ampuh untuk mengusir nyamuk.

Untuk memanfaatkan lemon balm sebagai pengusir nyamuk dengan cepat, anda bisa menggunakan beberapa daun lemon balm yang masih segar, kemudian dihancurkan halus dan gosokkan pada kulit anda.

Lemon balm bisa tumbuh dengan mudah di daerah yang teduh. Anda bisa menanamnya di halaman rumah atau di letakkan di dekat jendela kamar dengan menggunakan pot.

#3 Catnip (Nepeta cataria)

catnip pengusir nyamuk
staticflickr.com

Catnip termasuk tanaman herbal yang berumur pendek, bentuknya seperti gulma dan tingginya bisa mencapai 50-100 cm. Batangnya berbetuk persegi, daunnya bergerigi dan berwarna coklat-hijau. Bunganya berwarna putih, ungu pucat atau merah muda. Tanaman ini mekar pada musim semi dan musim gugur.

Catnip merupakan pengusir nyamuk yang efektif. Tanaman catnip mengandung zat kimia nepetalactone yang 10 kali lebih efektif dalam mengusir nyamuk dan serangga dibandingkan zak kimia Diethyl-meta-toluamide (DEET) yang merupakan salah satu bahan pembuat obat serangga.

Tanaman ini bisa menjadi alternatife obat anti nyamuk non toksik dan bisa digunakan untuk obat semprot tradisional.

Tanaman ini juga sangat disukai kucing, dan bisa membuat kucing nge ‘fly’. Bagian yang disukai kucing adalah bagian akarnya.

#4 Bunga Tahi Ayam (Tagetes erecta)

bunga tahi ayam pengusir nyamuk
lewisginter.tumblr.com

Bunga tahi ayam atau marigold memilki aroma bunga yang kurang sedap untuk dicium, tapi bunga ini bisa digunakan untuk mengusir nyamuk. Bunga ini akan menjadi pagar penghalang sehingga nyamuk akan menjauh karena tidak kuat dengan baunya. Bukan hanya nyamuk, serangga lainnya juga akan menghindar.

Bunga tahi ayam berwarna kuning atau orange, berbentuk bonggol yang dikelilingi oleh daun pelindung. Di lahan pertanian, terkadang bunga tahi ayam ditanam berselang dengan tanaman sayur lain untuk mengusir serangga. Bunga tahi ayam mengandung zat terthienyl yang bisa menghambat kerja berbagai enzim yang ada di tubuh larva nyamuk.

Anda bisa menanam bunga tahi ayam ini di pekarangan rumah sebagai tanaman hias sekaligus pengusir nyamuk. Tanaman ini bisa tumbuh baik di lingkungan terbuka yang mendapat sinar matahari langsung.

to be coontinued.. 🙂

3 thoughts on “25 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *