Skip to main content

Jenis Tanaman Obat Untuk Menyembuhkan Paru Paru Basah

Penyakit paru-paru basah atau biasa disebut Bronkitis merupakan penyakit serius yang harus segera disembuhkan. Paru-paru basah terjadi akibat peradangan di saluran udara ke paru-paru.

Bronkitis banyak disebabkan oleh bakteri, virus, alergi, asap dari asam yang kuat, tembakau, polusi udara dan sebagainya. Ada juga faktor-faktor pola hidup seperti sering begadang sampai larut malam di luar rumah, tidur tanpa alas, sering berada di tempat yang lembab dan lain-lain.

Cara untuk mengetahui seseorang itu terkena paru-paru ialah dengan memeriksa kondisi fisiknya ke dokter (dokter spesialis paru). Sedangkan jika kondisinya kronis, maka harus membutuhkan foto x-ray untuk mengetahui kerusakan pada paru-paru.

Umumnya gejala penyakit paru-paru basah ialah, sesak nafas, mudah terkena flu, batuk berdahak yang kadang berwarna merah, sangat mudah lelah, sering sakit kepala, ada pembengkakan pada tungkai dan kaki, ganguan penglihatan dan lain sebagainya.

Nah untuk terapi penyembuhannya secara alami, kamu dapat memanfaatkan tanaman obat alami berikut ini yang bisa menjadi obat paru-paru basah.

Tanaman Ciplukan

Tentu sudah tidak asing lagi bukan dengan tanaman ciplukan. Tanaman ini sering kita temui di kebun atau di ladang. Ciplukan memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya untuk mengobati penyakit paru-paru basah. Cara membuat ramuannya juga cukup mudah, pertama-tama siapkan tanaman ciplukannya, tinggalkan buahnya (tanpa buahnya), lalu cuci hingga bersih.

Setelah itu rebus tanaman tadi sampai mendidih airnya. Kemudian minum air rebusannya tiga kali sehari. Minumlah sebanyak satu gelas setiap kali minum. Lakukan secara rutin sampai benar-benar sembuh.

Daun Pegagan

Manfaat daun pegagan sangat banyak diantaranya untuk mengobati penyakit paru-paru basah. Untuk membuat ramuannya terbilang cukup mudah. Pertama-tama, sediakan daun pegagan sebanyak dua puluh sembilan gram, dan jahe sebanyak lima belas gram. Kemudian, irislah tipis-tipis daun pegagar dan jahe tersebut. Setelah itu masukkan keduanya ke dalam air dengan takaran 500 cc. Lalu rebuslah hingga air menjadi setengahnya.

Setelah air rebusan siap, minumlah air rebusannya ketika masih hangat. Baik diminum dua kali dalam satu hari. Sebagai anjuran konsumsilah selama dua minggu. Setelah itu berhenti mengkonsumsinya selama tiga hari. Hal ini bertujuan untuk menguji apakah ramuan tersebut cocok dan adakah perubahan yang terjadi signifikan.

Jika masih belum ada perubahan atau ada perubahan, namun masih belum signifikan, konsumsilah ramuan tadi secara teratur.

Kulit Kacang Tanah

Kulit kacang tanah juga bisa dijadikan sebagai obat alami untuk paru-paru. Cara membuat ramuannya juga sangat sederhana. Caranya, pertama sediakanlah 27 gram kulit kacang tanah dan gula merah secukupnya. Lalu bersihkan dahulu kulit kacang tanah dengan air bersih sampai tidak ada lagi kotoran atau tanah yang masih melekat.

Rebuslah kulit kacang tanah sampai air rebusannya berubah warna menjadi keruh. Kemudian tambahkan gula merah secukupnya agar memberikan rasa pada air rebusannya. Setelah selesai, ambil air rebusannya dan minumlah selagi masih hangat.

Untuk mengkonsumsinya yaitu dua kali dalam sehari. Lakukanlah secara teratur sampai benar-benar sembuh.

Bunga Sepatu

Bunga sepatu juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit paru-paru basah. Cara membuat ramuannya sangatlah mudah. Pertama sediakan dua kuntum bunga sepatu serta garam dapur secukupnya. Kemudian cuci terlebih dahulu bunganya dengan air bersih.

Setelah itu tumbuklah bunga sepatu tadi sampai benar-benar halus. Setelah halus masukkan kedalam gelas lalu siram dengan air panas, sebelum diaduk tambahkan sedikit garam. Tunggu sampai air mulai dingin, kemudian saringlah airnya. Minumlah air ramuan bunga sepatu tadi setiap pagi, siang dan juga malam secara teratur agar hasilnya maksimal.

Itulah beberapa tanaman obat yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit paru-paru basah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *