Skip to main content

Tanaman Obat Untuk Mengatasi Masalah Pada Mata

Jika kamu memiliki gangguan pada mata, jangan terburu-buru pergi ke dokter. Karena ada cara alami yang sangat efektif untuk menyelesaikan gangguan pada mata. Yaitu dengan memanfaatkan tanaman obat yang telah teruji mengobati masalah mata sejak zaman nenek moyang kita.

Berikut ini tanaman obat yang bisa mengatasi masalah pada mata.

1. Daun Sirih

manfaat daun sirih untuk tanaman obat mata
http://pedulisehat.info/

Sirih merupakan tanaman yang sangat familiar di Indonesia. Daun sirih memiliki nama latin Pipercaceae. Daun tanaman ini sangat berguna untuk kesehatan mata.

Cara meramunya sangatlah mudah, yaitu dengan mengambil daunnya yang masih muda dan segar sebanyak 3 sampai 5 lembar.

Kemudian cuci sampai bersih, setelah itu rebus dengan air. Setelah air rebusan daun sirih mendidih, diamkan sampai dingin, lalu masukkan ke dalam baskom. Cara menggunakannya cukup dengan memasukkan wajah (mata), tenggelamkan ke dalam baskom, sembari mengedip-ngedipkan mata.

Setelah dirasa cukup, keringkan wajah menggunakan handuk. Perbedaan yang terjadi, mata akan terasa lebih jernih.

2. Bunga Kitolod

manfaat bunga kitolod untuk tanaman obat mata
http://www.detikindonesia.com/

Kitolod memiliki nama latin Isotoma longiflora dan Laurentia longiflora. Kitolod mempunyai kandungan senyawa alkaloid seperti lobelamin, isotomin dan lobelin.

Begitu juga kandungan di dalam daunnya terdapat saponin, flavonoid, alkaloid dan polifenol. Dalam getah tanaman kitolod, ternyata memiliki kandungan racun. Namun jangan khawatir disisi lain tanaman ini memiliki sifat antiflamasi atau antiradang, antikanker dan bisa menghentikan pendarahan.

Bunga kitolod yang masih segar bisa dijadikan untuk obat mata. Hal ini sebagaimana yang dipaparkan oleh Prof. (HC) Dr. H. W. Isnandar beliau adalah seorang ahli tanaman obat keluarga, sekaligus pimpinan jamu dayang sumbi.

Beliau menyatakan bahwa bunga fresh kitolod dapat menyembuhkan penyakit mata, mulai dari rabun, mata minus/plus dan katarak.

3. Rumput Mutiara

manfaat rumput mutiara untuk tanaman obat mata
blogspot.com

Manfaat dari rumput mutiara adalah dapat menghilangkan penyumbatan di pembuluh darah halus yang bisa membuat aliran darah terhambat. Jadi dengan mengkonsumsi rumput mutiara, aliran darah akan menjadi lancar.

Tanaman ini sangat bagus untuk kesehatan mata, tujuannya agar aliran darah di mata menjadi lancar, mata selalu bersih dan jernih. Cara meramunya cukup mudah, hanya dengan merebus 30 gram daunnya ke dalam 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Minumlah air rebusannya 2 sampai 3 kali sehari, sebanyak 2 gelas setiap kali minum.

4. Daun Dewa

manfaat daun dewa untuk tanaman obat mata
blogspot.com

Manfaat daun dewa selain untuk menurunkan kolesterol tinggi, juga bisa mengobati kebutaan pada mata yang sudah lama. Daun dewa juga bisa untuk memperlancar aliran darah.

Cara meramunya pun cukup mudah, pertama-tama ambillah 3 sampai 4 lembar daun dewa, ditambah 15 sampai 30 gram umbinya. Setelah itu rebus dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas. Minumlah air rebusannya 2 samapi 3 kali sehari.

5. Daun Kiurat atau Daun Sendok

manfaat daun sendok untuk tanaman obat mata
www.daunsendok.com

Daun sendok atau istilah ilmiahnya Plabtago major memiliki banyak khasiat, salah satunya untuk mengobati penyakit pada mata. Daun sendok juga sangat bermanfaat untuk memperkuat hati dan fungsi ginjal.

Yang lebih dahsyat lagi, daun sendok berkhasiat untuk meningkatkan gairah seksual. Kandungan yang terdapat pada daun sendok seperti, vitamin A, B, C, kalsium dan kalium sangat membantu mencukupi nutrisi dalam tubuh.

Cara meramunya dengan merebus setengah genggaman daun sendok ke dalam 3 gelas air sampai tersisa dua seperempatnya. Setelah itu saring air rebusannya, kemudian minum tiga seperempat gelas, tiga kali sehari.

6. Boroco

boroco tanaman obat mata
wikimedia.org

Boroco memiliki nama latin Celosia argentea L tanaman ini masih dalam keluarga Amaranthaceae. Di Indonesia boroco memiliki nama yang berbeda-beda setiap daerah. Misalnya di Sumbar boroco lebih dikenal dengan bayam buludu, di Jateng dikenal jengger ayam, di Jabar (Sunda) dikenal jawer hayam, sedangkan di Bali dikenal janggar siap.

Rasa tanaman ini pahit ketika dikonsumsi. Biasanya boroco dikonsumsi baik selagi masih segar maupun sudah kering. Seluruh bagian tanaman ini bisa dikonsumsi seperti daun, bunga dan biji.

Jika kamu terkena infeksi mata bagian dalam, kamu cukup mengambil 10 sampai 30 gram daunnya serta bijinya. Lalu rebus dengan air secukupnya. Air rebusannya dapat dipakai untuk merimbang mata sebanyak 2 sampai 3 kali sehari.

Sedangkan untuk infeksi bagian luar, cukup dengan merebus bunganya, lalu air rebusannya dipakai untuk mencuci mata.

Itulah beberapa tanaman obat yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan mata. Semoga bermanfaat. (ANS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *