Skip to main content

5 Jenis Tanaman Obat Untuk Menurunkan Kolesterol

Seperti yang kita tahu bahwa kolesterol merupakan sebab dari banyak penyakit yang diderita manusia.

Namun, apa itu kolesterol?

Kolesterol secara istilah merupakan metabolit yang memiliki kandungan lemak sterol (Inggris : waxy steroid). Lemak sterol tersebut ada pada membran sel serta aliran plasma darah. Kolesterol ini adalah lemak yang berjenis steroid. Sederhananya, kolesterol adalah lemak dalam darah dan membran sel.

Penyakit kolesterol yang biasa disebut dalam masyarakat adalah hiperkolesterolemia. Hiperkolesterolemia bermakna kalau kandungan kolesterol sangat tinggi dalam darah.

Tingginya tingkat kolestrol dalam darah menyebabkan timbulnya beragam penyakit. Pola makan sehat adalah aspek terpenting untuk menghindari hal semacam ini. Walau demikian, tak semuanya kolestrol beresiko jelek untuk badan.

Hanya kolestrol yang merupakan LDL saja yang buruk. Sedangkan kolestrol HDL adalah kolesterol yang justru bisa melarutkan kolesterol buruk dalam tubuh.

Tingkat normal kolesterol pada tubuh yaitu 160–200 miligram. Kandungan kolesterol yang tinggi bisa diturunkan dengan simvastatin. Namun simvastatin mempunyai resiko yaitu mempercepat munculnya katarak atau jadi memperburuk katarak. Oleh karena itu sekarang digunakan atorvastatin yang memiliki lebih sedikit efek samping.

Selain itu biasanya seseorang dokter merekomendasikan mengkonsumsi makanan dan tanaman herbal yang bisa mengobati kolesterol. Bekatul adalah salah satu yang sering direkomendasikan. Selain bekatul, tanaman berserat lainnya bisa menjadi tanaman obat kolesterol. Tentang tanaman obat kolesterol lebih lanjut dibahas di bawah.

Berikut adalah tingkatan kolesterol dalam tubuh dan indikasinya:

  1. Kolesterol kurang dari 200 mg/dl: Kadar kolesterol normal. Artinya jumlah total dari trigliserida, HDL (kolesterol baik), dan LDL (kolesterol buruk) kurang dari 200mg/dl. Dengan kata lain risiko penyakit jantung karena kolesterol tidak ada.
  2. Kolesterol di kisaran antara 200-239 mg/dl: Kadar kolesterol sedang. Dalam kisaran ini pola hidup harus lebih dijaga dan tak ada salahnya mengecek kadar LDL, HDL, dan trigliserida ke laboratorium.
  3. Kolesterol lebih dari 240 mg/dl: Kadar kolesterol berisiko tinggi. Kondisi ini rentan terkena penyakit, khususnya jantung. Oleh karena itu harus segera diatasi.

Tanaman Obat Kolesterol

Seperti yang kita bahas di atas bahwa kolesterol dapat disembuhkan dengan obat generik seperti atorvastatin. Tetapi sebenarnya kolesterol dapat dicegah dan diatasi oleh obat yang berasal dari tanaman di sekitar kita. Tanaman obat kolesterol ada beberapa, kita akan bahas sebagai berikut:

1. Kubis

Sayuran kubis banyak mengandung air, protein, lemak, serat, dan lain-lain yang bisa berkhasiat menurunkan kolesterol di tubuh. Mengkonsumsinya bisa dengan dijadikan sayur atau mengambil sarinya saja. Caranya yaitu dengan memotong-motong kubis dan mengambil sarinya baik dengan cara direbus atau diperas.

2. Akar Manis

Akar manis mengandung tritepenoid dan zat lain seperti asam sinpaic, biotin, dan beta-sitoteral. Karena itulah akar manis dipercaya dapat menurunkan kolesterol. Cara membuat ramuan dari akar manis adalah dengan mencampurnya dengan air lalu merbusnya. Air rebusan akar manis itulah yang dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol.

3. Alpukat

Buah alpukat mengandung asam folat, asam pantotenat, dan bermacam-macam vitamin yang dipercaya bisa membantu menurunkan kolesterol. Selain itu alpukat juga mengandung zat lainnya seperti asam lemak tak jenuh, magnesium, serat, glutation, dan lain-lain yang bisa memperkuat manfaatnya. Alpukat ini dapat dikonsumsi dengan menjadikannya jus atau smoothie.

4. Belimbing

Buah belimbing dipercaya bisa menjadi obat yang mengatasi kolesterol. Serat dari buah belimbing bisa membantu menyerap lemak dan menurunkan kadar kolesterol. Selain itu vitamin C pada belimbing juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Belimbing manis ini bisa langsung dimakan atau dijadikan jus.

Seperti itulah tanaman obat kolesterol yang dapat membantu Anda menurunkan kolesterol. Tanaman-tanaman di atas mudah didapat dan juga mudah dikonsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *