Skip to main content

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat buah belimbing

Bagian dari belimbing wuluh yang bisa dimanfaatkan untu pengobatan yaitu daun, bunga dan buahnya. Daun belimbing wuluh bermanfaat untuk mengobati rematik, perut sakit dan gondongan (parotitis). Bunga belimbing wuluh berguna untuk mengobati batuk dan sariawan. Sedangkan buahnya berguna untuk mengobati batuk rejan, sakit gigi berlubang, gusi berdarah dan bibir sariawan.

Belimbing Wuluh untuk Pegal Linu

Ambil segenggam daun belimbing wuluh yang masih muda, sepuluh biji cengkeh dan 15 biji lada. Semuanya dicampur dan digiling halus, kemudian tambahkan cuka secukupnya. Hasilnya balurkan pada bagian yang sakit.

Belimbing Wuluh untuk Gondongan

Ambil kira-kira sepuluh ranting belimbing wuluh yang muda dan empat butir bawang merah, cuci bersih, lalu ditumbuk samapi halus. Hasilnya balurkan ke bagian yang sakit.

Belimbing Wuluh untuk Batuk Rejan

Ambil kira-kira sepuluh buah belimbing wuluh, cuci bersih, lalu ditumbuk sampai halus. Campurkan dengan 2 sendok makan air garam, lalu disaring. Air hasil saringannya diminum, lakukan dua kali dalam sehari.

Belimbing Wuluh untuk Panu

Ambil kira-kira sepuluh buah belimbing wuluh, cuci bersih, lalu digiling halus. Tambahkan dengan kapur sirih sebesar biji asam dan remas sampai rata. Hasilnya gosokkan pada kulit yang terkena panu. Lakukan dua kali sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *