Skip to main content

Manfaat Kemuning Sebagai Tanaman Obat Untuk Infeksi Saluran Kencing

Kemuning merupakan tanaman obat yang sangat berkhasiat mengatasi masalah infeksi saluran kencing. Kemuning memiliki nama latin Murraya paniculata, orang-orang sangat mengenal tanaman ini karena aromanya yang tajam dan khas, terutama pada saat malam hari.

Di Indonesia tanaman ini mudah sekali di dapat, karena dapat ditemukan di pemukiman masyarakat, terutama di daerah Minangkabau. Masyarakat tradisional Minangkabau sering menggunakan tanaman kemuning untuk bahan baku pembuatan golok atau ladiang. Tidak hanya itu, kayu dari tanaman ini juga bisa dimanfaatkan untuk pembuatan sempoa dan juga tongkat.

Saat ini orang-orang juga banyak yang menjadikan tanaman ini sebagai tanaman hias seperti tanaman pagar. Untuk di daerah-daerah yang alamnya masih terjaga, tanaman kemuning juga banyak tumbuh secara liar. Jika kita temui tanaman ini di hutan, ketinggian semak belukarnya mencapai 400 meter dari permukaan laut. Uniknya variasi morfologi tanaman ini sangat banyak dan dalam ukuran yang besar.

Tanaman kemuning yang biasanya tumbuh di pekarangan, merupakan jenis kemuning yang berukuran kecil yaitu ketinggiannya sekitar 3-8 meter. Daun-daunnya memang kecil tetapi lebat. Batang tanamannya sangat keras dan beralur.

Kalau dilihat dari bunganya, memiliki kesamaan fisik dengan bunga melati. Inilah sebab mengapa di negara Inggris kemuning diberi nama orangejessamine. Adapun bagian yang bisa dimanfaatkan dari tanaman kemuning adalah mulai dari akar, daun hingga kulit batangnya.

Cara Meramu Daun Kemuning untuk Infeksi Saluran Kencing

Daun kemuning terkenal dapat mengatasi berbagai penyakit diantaranya radang saluran nafas, rematik, saluran kemih, obesitas, tukak lambung dan infeksi saluran kencing.

Untuk penyakit infeksi saluran kemih atau biasa disebut saluran kencing. Umumnya diakibatkan karena terdapat bakteri atau kuman yang menyerang pada saat imunitas tubuh sedang lemah atau tidak stabil.

Nah, jika kamu menderita infeksi saluran kencing, kamu bisa memanfaatkan khasiat yang ada pada tanaman kemuning ini. Dan tentunya kamu juga harus bisa meramu tanaman ini menjadi sebuah ramuan herbal.

Cara meramunya cukup mudah. Berikut ini akan kami jelaskan langkah-langkahnya dalam membuat ramuan daun kemuning untuk mengobati infeksi saluran kemih.

  1. Pertama-tama, siapkan daun kemuning yang masih segar sejumlah 35 gram, lalu cuci hingga bersih.
  2. Setelah itu rebus daun kemuning dengan tiga gelas air putih sampai tersisa setengahnya.
  3. Setelah mendidih matikan apinya, kemudian diamkan air rebusan sampai dingin.
  4. Setelah dingin, saring air rebusan daun kemuning kedalam gelas.
  5. Minumlah air rebusan daun kemuning sebanyak 3 kali sehari, dengan takaran setengah gelas setiap kali minum.
  6. Konsumsilah ramuan ini secara rutin, sampai infeksi saluran kencing berangsur sembuh.

Lama dari penyembuhannya tergantung pada kondisi tubuh seseorang, jika diimbangi dengan pola hidup yang sehat tentu proses penyembuhan akan semakin cepat. Perlu diketahui bahwa, penyembuhan apapun dengan menggunakan metode herbal, membutuhkan kesabaran dan ketelatenan.

Pengobatan dengan tanaman kemuning sangat aman dan tidak ada efek samping. Karena diramu dari bahan alami yang tidak ada campuran kimia di dalamnya. Agar lebih efektif dalam proses penyembuhan, usahakan dibarengi dengan pola hidup yang sehat. Agar kondisi tubuh selalu terjaga dan terhindar dari serangan bakteri dan virus.

Setelah semua usaha yang telah dilakukan. Langkah terakhir adalah tawakkal dan terus berdoa meminta kesembuhan. Karena segala penyakit itu ada obatnya, tidaklah sembuh penyakit itu kalau belum ada izin dari penciptanya. Mari berdoa kepada Allah SWT agar kita semua diberi kesembuhan dan kesehatan. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *