Skip to main content

5 Tanaman Obat Penurun Tekanan Darah Tinggi

Jika berbicara mengenai hipertensi, pastinya sangat berhubungan dengan permasalahan kesehatan dari pembuluh darah. Hal ini karena penyakit darah tinggi atau hipertensi ditimbulkan oleh adanya masalah pada sistem pembuluh darah, seperti ada pengerasan dan penyumbatan pembuluh arteri sehingga dapat menimbulkan penyempitan pembuluh darah.

Hipertensi adalah suatu penyakit yang banyak dialami oleh orang-orang yang berusia lanjut. Banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit ini, salah satunya ialah kadar kolesterol dalam darah yang tinggi.

Penyakit darah tinggi ini sering dialami pleh para pecandu rokok. Di dalam rokok terkandung nikotin yang dapat merangsang kelenjar adrenalin sehingga dapat menyebabkan sekresi adrenalin menjadi meningkat.

Konsentrasi timah dan kadmium pada para perokok lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak merokok. Meningkatnya kadar timah dan kadnium yang tinggi diketahui dapat meningkatkan tekanan darah.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengobati para penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, diantaranya dengan obat-obatan, baik obat kimia maupun obat alami. Namun konsumsi obat kimia antihipertensi secara terus menerus memiliki efek samping jangka panjang yang tidak baik untuk kesehatan.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk lebih memilih menggunakan obat-obat alternatif non-kimia atau tanaman obat alami. Banyak dari obat alami yang mempunyai khasiat untuk menyembuhkan penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi jika dikonsumsi secara teratur.

Berikut beberapa di antaranya daftar tanaman obat untuk menyembuhkan hipertensi,

1. Biji Seledri

manfaat biji seledri untuk menurunkan darah tinggi
blogspot.com

Di China, biji sudah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk menurunkan tekanan darah. Biji seledri mempunyai zat diuretik yang dipercaya dapat membantu mengatasi efek dari tekanan darah tunggi. Untuk mendapatkan biji seledri ini, Anda bisa membelinya di toko-toko obat tradisional.

2. Rumput Laut

manfaat rumput laut sebagai tanaman obat darah tinggi
http://beritadaerah.co.id/

Beberapa jenis rumput laut yang populer dan sering dimanfaatkan adalah kombu, nori san wakame, yang biasa dipakai sebagai salah satu bahan sup miso. Ketiganya bisa dengan mudah Anda dapatkan di supermarket terdekat.

Rumput memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, mencegah aterosklerosis, dan juga dapat menormalkan tekanan darah. Rumput laut ini bisa Anda menjadi makanan-makanan lezat untuk menu harian, selain enak juga dapat menormalkan tekanan darah.

3. Mentimun

manfaat mentimun sebagai tanaman obat darah tinggi
http://www.lintasnews.com/

Mentimun atau ketimun adalah salah satu jenis tumbuhan yang termasuk suku labu-labuan dan mengahasilkan buah yang dapat dimakan. Mentimun mengandung mineral potassium yang cukup tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan juga mengurangi penyakit batu ginjal.

Buah mentimun ini bisa dimakan secara langsung, bisa dibuat sebagai lalapan, dan juga bisa dibuat jus. Saat membuat jus timun, bisa ditambah dengan jenis buah lain, asalkan komposisi jumlah mentimunnya lebih banyak disbanding buah lainnya.

4. Blewah

manfaat buah blewah sebagai tanaman obat darah tinggi
dedearay.blogspot.com

Buah blewah atau biasa juga disebut timun sari dikenal sebagai buah musim Ramadhan karena buah ini sangat banyak dijual di buan Ramadhan. Buah ini paling enak untuk dibuat ta’jil sebagai es atau dimakan langsung.

Selain enak jika dikonsumsi, buah blewah juga memiliki banyak manfaat, diantaranya dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kandung kemih atau ginjal.

5. Mengkudu

manfaat mengkudu sebagai tanaman obat darah tinggi
https://www.penabiru.com

Mengkudu adalah salah satu jenis buah asli dari Asia Tenggara, buahnya berbentuk lonjong dan terdapat bintik-bintik kecil di bagian kulitnya. Aroma dari buah mengkudu ini sangat menyengat, sehingga banyak orang yang tidak terlalu menyukainya.

Mengkudu biasa digunakan sayur, rujak, dan juga sebagai obat-obatan. Mengkudu memiliki banyak kandungan senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan, antara lain xeronine, terpenoid, zat anti bakteri, scolopetin, zat anti kanker, lycine, sosium, arginine, caprylic, dan lain-lain.

Demikianlah beberpa jenis tanaman obat yang bisa digunakan sebagai obat alami darah tinggi. Semoga bermanfaat.

One thought on “5 Tanaman Obat Penurun Tekanan Darah Tinggi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *