Skip to main content

5 Tanaman Obat Untuk Mengobati Asma

Buat kamu yang punya penyakit asma, pasti sangat merasa tidak nyaman bukan ketika asma kamu sedang kambuh? Dan tentunya harus cepat diselesaikan.

Kalau dilihat dari sisi kedokteran, sebenarnya penyakit asma tidak bisa disembuhkan. Tetapi penyakit asma bisa kok untuk dicegah, dan bisa pula dihilangkan gejala-gejalanya.

Penyebab kambuhnya penyakit asma bisa karena berbagai faktor, misalnya seperti kalau cuaca di lingkungan sekitar memang sedang dingin sekali, atau bisa juga karena debu­- debu yang masuk melalui pernafasan. Cara mencegahnya supaya asma kamu tidak kambuh adalah dengan cara mencegah penyebabnya.

Kalau misal penyebabnya karena dingin, kamu bisa menggunakan baju hangat yang tebal, atau kamu juga bisa tidak beraktifitas di luar ketika cuaca memang sedang dingin-dinginnya.

Pantangan untuk kamu yang memiliki penyakit asma adalah, tidak boleh terlalu lelah ketika melakukan suatu aktifitas, tujuannya ya tidak lain supaya asma kamu tidak kambuh.

Selain itu, kamu juga harus selalu mempersiapkan obat-obatan medis pribadi, baik itu yang berupa herbal, ataupun yang kimia, tujuannya supaya ketika suatu saat penyakit itu kambuh, kamu akan selalu siap untuk bisa meredakannya.

Nah, berikut beberapa tanaman obat asma yang secara medis dapat digunakan untuk menghilangkan dan meringankan gejala-gejala asma, yuk simak ulasannya:

Tanaman Obat Medis Untuk Mengatasi Penyakit Asma

Tanaman obat asma pada zaman sekarang sudah menjadi salah satu pilihan utama yang diprioritaskan ketika suatu saat penyakit tersebut sedang kambuh. Selain karena cukup praktis untuk digunakan, tanaman obat asma juga memiliki dampak yang luar biasa untuk meredakan gejala-gejalanya.

Nah, apa saja tanaman obatnya? Langsung saja yuk..

1. Ginkgo Biloba

tanaman obat gingko biloba
www.saga.co.uk

Zat yang dimiliki oleh Ginkgo biloba, di dalamnya terdapat unsur anti inflamasi dan anti histamin, yang mana sifat-sifat tersebut akan sangat membantu untuk mengobati dan menghilangkan gejala-gejala asma.

Di dalam sebuah studi yang dilakukan oleh salah satu universitas sains dan teknologi kedokteran menyebutkan, mereka menemukan bahwa kandungan ekstrak herbal yang terdapat di dalam gingko biloba dapat membantu mengurangi efek infiltrasi sel inflamasi pada saluran pernafasan seseorang yang memiliki asma.

Dan dampak langsungnya adalah, bisa meredakan peradangan pada saluran pernapasan.

2. Oregano

tanaman obat oregano
1cent1life.com

Oregano adalah salah satu tanaman obat asma yang efektif apabila digunakan untuk mengobati penyakit asma. Selain itu, oregano juga memiliki kandungan flavonoid, zat anti-inflamasi, terpene, dan carvacrol yang bermanfaat sebagai pembersih paru-paru.

Sehingga ramuan dari tanaman yang satu ini akan sangat berpengaruh untuk mengurangi peradangan pada saluran pernapasan, yang mana akan memberikan dampak langsung berupa bantuan untuk meringankan gejala asma.

3. Bawang Putih

tanaman obat asma bawang putih
pixabay.com

Untuk kita orang Indonesia, mungkin bawang putih masih menjadi salah satu hal yang asing kalau digunakan untuk mengobati asma. Tapi tahukan kamu kalau bawang putih sudah digunakan sejak dahulu sebagai obat herbal populer yang digunakan untuk mengobati asma?

Yup, karena kandungan yang dimilikinya mempunyai dampak yang baik untuk membantu hambatan pernafasan pada paru-paru.

4. Jahe

jahe sebagai tanaman obat asma
tergemes.com

Mungkin tanaman yang satu ini sudah familiar dengan kita. Yup betul sekali, tanaman yang kerap dijadikan sebagai minuman penghangat ini, tidak lain juga sudah dikenal khasiatnya, salah satunya untuk mengobati asma.

Berdasarkan sebuah penelitian yang disampaikan di salah satu konfrensi Internasional menyebutkan bahwa, beberapa senyawa yang terdapat di dalam jahe memiliki dampak yang baik untuk membantu mengendurkan jaringan-jaringan otot polos pada saluran pernafasan, yang mana saluran tersebut terbatas selama serangan asma berlangsung.

Walaupun begitu, hal ini tidak bisa dijadikan landasan karena masih dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut. Tetapi masih layak kok untuk dicoba. 😀

5. Kunyit

tanaman obat asma kunyit
tergemes.com

Kunyit merupakan salah satu tanaman obat yang ampuh untuk mencegah penyakit asma dan alergi yang disebabkan karena faktor lainnya.

Hal ini karena kandungan yang dimiikinya terdapat zat kurkumin, yakni bahan aktif dengan antioksidanyang kuat, yang mana zat itulah yang membantu melawan gejala- gejala asma, maupun penyakitnya.

Nah, itulah beberapa tanaman obat herbal yang bisa kamu gunakan untuk membantu menegah gejala-gejala asma, baik itu yang kronis, maupun penyakit asma yang sudah akut. (HMS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *