Silsilah Nabi Muhammad SAW dari Ibu Siti Aminah binti Wahab

Posted on

Memahami silsilah atau garis keturunan Nabi Muhammad SAW, terutama dari jalur ibu Siti Aminah binti Wahab, penting untuk umat Islam. Ini membantu kita menelusuri akar dan memperkuat ikatan spiritual dengan Baginda Rasulullah dan para leluhur. Simak informasi selengkapnya mengenai silsilah Nabi Muhammad dari ibu Siti Aminah binti Wahab dalam artikel berikut ini.

Silsilah Nabi Muhammad dari Ibu Siti Aminah binti Wahab

Silsilah Nabi Muhammad SAW dari Ibu

Ibu kandung junjungan Nabi Muhammad SAW adalah Siti Aminah binti Wahab bin Abd Manaf dari suku Quraisy. Beliau dikenal sebagai wanita salehah yang ikut membentuk akhlak Rasulullah sejak kecil.

Siti Aminah merupakan keturunan langsung dari Nabi Ismail a.s putra Nabi Ibrahim a.s. Garis keturunan lengkapnya adalah:

Siti Aminah binti Wahab bin Abd Manaf bin Qusai bin Kilab bin Murrah bin Ka’b bin Lu’ayy bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin An-Nadr bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudar bin Nizar bin Ma’ad bin Adnan.

Adnan secara nasab merupakan keturunan langsung dari Ismail bin Ibrahim Khalilullah. Jadi Nabi Muhammad benar-benar berasal dari jalur keturunan Nabi yang mulia.

Silsilah hingga Hindun binti Aus

Garis nasab Siti Aminah bisa dilacak hingga Hindun binti Aus bin Imlaq bin Lawudz bin Sam bin Nuh a.s. Jadi seluruh umat manusia berasal dari manusia pertama yaitu Nabi Adam a.s.

Baca Juga:
Ringkasan Kisah 25 Nabi dan Rasul

Tabel Silsilah Nabi Muhammad dari Ibu Siti Aminah binti Wahab bin Abd Manaf

NamaHubungan
Siti AminahIbu kandung Nabi Muhammad
Wahab bin Abd ManafAyah Siti Aminah
Abdul ManafKakek Siti Aminah
Qusai bin KilabBuyut Siti Aminah
Kilab bin MurrahPangkat 6 Siti Aminah
Murrah bin Ka’bPangkat 7 Siti Aminah
Ka’b bin Lu’ayyPangkat 8 Siti Aminah
Lu’ayy bin GhalibPangkat 9 Siti Aminah
Ghalib bin FihrPangkat 10 Siti Aminah
Fihr bin MalikPangkat 11 Siti Aminah
Malik bin An-NadrPangkat 12 Siti Aminah
An-Nadr bin KinanahPangkat 13 Siti Aminah
Kinanah bin KhuzaimahPangkat 14 Siti Aminah
Khuzaimah bin MudrikahPangkat 15 Siti Aminah
Mudrikah bin IlyasPangkat 16 Siti Aminah
Ilyas bin MudarPangkat 17 Siti Aminah
Mudar bin NizarPangkat 18 Siti Aminah
Nizar bin Ma’adPangkat 19 Siti Aminah
Ma’ad bin AdnanPangkat 20 Siti Aminah
AdnanPangkat 21 Siti Aminah – keturunan langsung Ismail bin Ibrahim AS
Ismail bin Ibrahim ASAnak Nabi Ibrahim, cucu Nabi Nuh AS

Quraisy dan Suku Quraisy

Mayoritas leluhur keluarga Rasulullah dari pihak ibu termasuk suku Quraisy, salah satu suku Arab terkenal berasal dari Mekkah. Beberapa fakta unik suku Quraisy:

  • Bertanggung jawab menjaga Ka’bah
  • Terdiri dari berbagai klan, antara lain Banu Hashim, Banu Abdul Manaf, dan Banu Makhzum
  • Sangat dihormati di Semenanjung Arabia pada zamannya
Baca Juga:
Panduan Lengkap Cara Daftar Kartu Kuning Online

Kabilah Quraisy termasuk ‘Adnani (keturunan Adnan) dan mereka adalah keturunan Ismail yang sah melalui Nabi Ismail bin Ibrahim a.s.

Bani Tamim

Bani Tamim merupakan salah satu kabilah Arab besar keturunan langsung dari Nabi Ismail a.s dari jalur putranya yang bernama Qedar. Kabilah Bani Tamim tinggal di pusat Semenanjung Arabia Utara dekat Madinah dan menjadi satu dari beberapa suku terbesar pada masa Nabi Muhammad lahir.

Kedudukan Muhammad sebagai Sayyid dan Batih

Rasulullah Muhammad SAW diakui sebagai Sayyid, yaitu pemimpin dan keturunan terhormat dari suku Quraisy khususnya Bani Hasyim, yang juga merupakan kabilah dari leluhurnya Abdul Manat bin Qushayi.

Beliau juga dikenal sebagai “Batih” karena berasal dari jalur ibu yang merupakan keturunan Batihah binti Murrah ibn Ka’b ibn Luayy. Batihah termasuk suku Bani Tamim dari keturunan Qedar bin Ismail bin Ibrahim Khalilullah.

Jadi baik dari jalur ayahanda Abdullah maupun ibu Siti Aminah, Junjungan Nabi kita memiliki nasab yang sangat mulia.

Peran Ibu Muhammad SAW dalam Pendidikan Anak

Meski wafat saat Rasulullah berusia muda, ibu Siti Aminah sempat mendidik beliau selama kurang lebih 6 tahun dan berpengaruh besar dalam membentuk akhlak luhur baginda Nabi.

Beberapa hal yang diajarkan Siti Aminah kepada putranya antara lain:

  • Akidah Islam yang murni
  • Menegakkan kebenaran dan keadilan
  • Berlaku adil pada kaum lemah
  • Mengasihi fakir miskin dan anak yatim
  • Kepemimpinan dan tanggung jawab sosial yang tinggi

Siti Aminah wafat saat Muhammad berusia 6 tahun dan tugas mendidik beliau dilanjutkan oleh kakeknya Abdul Muthalib dan setelah itu pamannya Abu Thalib.

Baca Juga:
Sejarah Majelis Dakwah Walisongo di Indonesia

Meski singkat, peran ibu kandung Rasulullah ini tak bisa dilepaskan dari pembentukan baginda Nabi sebagai figur sempurna umat manusia. Sungguh sebuah legasi besar yang patut dikenang sepanjang masa.

Sunnah Menjaga Silaturahim Lewat Silsilah Keturunan

Dalam ajaran Islam, sangat disunnahkan untuk menjaga silaturahim atau menghubungkan tali kekeluargaan, baik dari jalur nasab maupun persaudaraan. Salah satunya dengan mempelajari silsilah atau garis keturunan masing-masing.

Dengan memahami silsilah keluarga dan suku, kita bisa mengenal para leluhur dan merasakan kedekatan batiniah dengan mereka. Ini juga memperkokoh tali ukhuwah atau persaudaraan sesama Muslim karena pada hakikatnya semua berasal dari manusia pertama yaitu Nabi Adam.

Di dalam Al-Quran sendiri banyak disebutkan kisah para Nabi dan umat terdahulu beserta garis keturunan mereka. Ini menunjukkan Allah SWT sangat menganjurkan umat Islam untuk mengenal akar nasab mereka, terutama yang berasal dari para Nabi dan orang-orang saleh.

Jadi marilah kita mempelajari sejarah leluhur dengan menelusuri silsilah mereka, terutama garis nasab dari Baginda Rasulullah Muhammad SAW agar merasa lebih dekat dengannya.

Demikian informasi postingan Alwib yang komprehensif tentang silsilah Nabi Muhammad dari jalur ibu Siti Aminah. Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan dan kecintaan kita pada baginda Rasul, keluarga serta para leluhur mulia lainnya.

Silsilah Nabi Muhammad SAW dari Ibu Siti Aminah binti Wahab

-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *