Tips Perbaiki Play Store Yang Tidak Bisa Terbuka Dengan Mudah

Posted on

Mengatasi Play Store tidak bisa dibuka – Tampaknya tidak lengkap jika smartphone yang berbasis sistem operasi Android tidak dapat membuka aplikasi Google Play Store. Melalui Play Store, kita dapat mengunduh berbagai jenis aplikasi dan game menarik untuk mengisi kesenjangan waktu. Namun, pada beberapa ponsel cerdas, aplikasi Play Store sering mengalami masalah, apakah itu masalah saat mengunduh atau bahkan tidak dapat dibuka sama sekali. Penyebabnya sangat beragam, baik karena parameter, kesalahan jaringan, dan masih banyak lainnya.

Jika Anda mengalami masalah ini, jangan khawatir lagi. Setelah mengikuti panduan ini, aplikasi Google Play Store Anda akan terus berfungsi secara normal dan dapat digunakan secara normal. Metode ini juga dapat digunakan di semua merek ponsel pintar utama ponsel cerdas Anda menggunakan sistem operasi Android.

Dalam hal ini, saya menggunakan Xiaomi, jika Anda menggunakan smartphone yang berbeda, seperti Samsung, Asus, Oppo, Vivo atau yang lainnya untuk pengaturannya sama. Karena banyak tips mengatasi Play Store tidak dapat dibuka, opsi ini akan digunakan pada semua merek smartphone, kecuali menu pengaturan yang mungkin berbeda. Juga, pastikan untuk mengikuti semua metode ini secara berurutan setiap kali Anda telah menerapkan metode untuk memastikan Anda mengujinya sebelum melanjutkan ke metode berikutnya.

Baca juga:

Tips Perbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka

Tips Perbaiki Play Store Yang Tidak Bisa Terbuka

1. Aktifkan mode pesawat

Ini adalah metode yang paling nyaman, tetapi metode ini juga cukup kuat untuk menyelesaikan masalah koneksi Internet yang tidak dapat membuka Play Store. Anda dapat mengaktifkan mode pesawat selama sekitar 2 menit, dan kemudian mematikan mode pesawat lagi. Jika metode ini tidak berhasil, Anda dapat mencoba beralih dari koneksi data seluler ke koneksi Wi-Fi atau sebaliknya. Jika berhasil, ini berarti mengatur koneksi Internet pada ponsel cerdas yang Anda gunakan adalah masalah. Tetapi jika masalah tidak teratasi, lanjutkan ke metode berikutnya.

Baca juga: Cara Mudah Internet Gratis Mode Pesawat Terupdate

2. Sesuaikan tanggal dan waktu

Saat Anda menjelajahi Internet, tanggal dan waktu telepon pintar harus akurat. Jika itu tidak benar, biasanya bukan hanya Play Store yang dapat menjadi masalah, tetapi anda juga tidak dapat mengakses Internet. Bahkan beberapa aplikasi yang membutuhkan Internet juga tidak dapat berfungsi dengan baik. Saat Anda menggunakan Google Play Store, Google memeriksa tanggal dan waktu ponsel cerdas. Jika waktu Anda salah, Google Play Store menampilkan pesan kesalahan karena server Google akan kesulitan menyinkronkan data perangkat Anda.

Untuk mengatasi masalah ini, masuk ke Pengaturan> Pengaturan Tambahan> Tanggal dan Waktu, lalu aktifkan opsi Tanggal dan Waktu Otomatis. Dengan mengaktifkan pengaturan waktu dan tanggal otomatis, tanggal dan waktu telepon pintar akan secara otomatis menyesuaikan sesuai dengan waktu yang tersedia di Internet atau di penyedia Anda. Anda tidak perlu menyesuaikannya secara manual.

Baca juga nih: Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Dengan Benar

3. Aktifkan aplikasi Download Manager

Saat Anda mengunduh aplikasi, apakah itu di Play Store atau di Internet melalui browser, Anda pasti melihat proses unduhan di notifikasi bilah ponsel cerdas, bukan? Proses unduhan sekarang dilakukan oleh aplikasi pengelola unduhan bawaan ponsel cerdas. Setiap smartphone harus memiliki aplikasi pengunduhan, aplikasi ini juga akan aktif secara otomatis. Tetapi jika aplikasi ini dinonaktifkan, Anda tidak akan dapat mengunduh seperti biasa, termasuk saat Anda mengunduh dari Play Store. Jika pada Xiaomi, aplikasi ini tidak dapat dinonaktifkan, itu akan diaktifkan secara otomatis. Untuk pengguna Samsung atau merek hp lain, silakan periksa aplikasi unduhan pada ponsel cerdas Anda, apakah aplikasi itu aktif atau tidak.

Caranya adalah dengan membuka menu Pengaturan> Aplikasi> ikon tiga titik (di sudut kanan atas layar)> Lihat aplikasi sistem, lalu cari aplikasi Download Manger. Jika Anda melihat tombol Disable, aplikasi sedang aktif. Sementara jika Enable berarti tidak aktif, silakan pilih tombol untuk mengaktifkannya.

Baca juga: Cara Memonitor Pemakaian Kuota Internet Terkini 2019

Itulah beberapa cara mengatasi play store yang tidak dapat dibuka. Anda dapat mengikuti 3 panduan di atas sekarang. Semoga info ini bermanfaat, terima kasih telah datang disini.

Tips Perbaiki Play Store Yang Tidak Bisa Terbuka Dengan Mudah

-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *