Penyebab “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” dan Cara Mudah Mengatasinya

Posted on

Penyebab “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” – Ketika sedang asyik-asyiknya mengakses suatu aplikasi, banyak dari kita yang mengalami suatu kondisi yang menunjukkan kotak dialog yang mengatakan bahwa “Sayangnya aplikasi telah berhenti”. Sobat tentu pernah mengalami hal ini bukan?

Hal yang semacam ini memang sangat menyebalkan apalagi di tengah kenyamanan dalam menjalankan sebuah aplikasi tersebut dimana tiba-tiba saja aplikasi berhenti dan tidak memberikan respon begitu saja. Namun tenang saja karena masalah ini masih bisa Anda atasi. Dan Bagi sobat jomblo jangan Ge-eR ya di smartphone ada yang manggil sayang. Hehehe.

Berikut bagaimana cara mudah mengatasi masalah “Sayangnya aplikasi telah berhenti” yang bisa Anda dapat terapkan beserta informasi mengenai apa saja penyebab “Sayangnya aplikasi telah berhenti”. Cek informasi lengkapnya berikut ini!

Baca juga:

Penyebab Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti dan Cara Mudah Mengatasinya

Penyebab “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” dan Cara Mudah Mengatasinya

File cache menumpuk dan Anda harus segera menghapusnya

Penyebab “Sayangnya, aplikasi telah berhenti” yang pertama adalah terjadinya penumpukan file cache di android. Solusi yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hal ini adalah menghapus cache semua aplikasi android. Anda bisa memanfaatkan aplikasi pendukung seperti Clean Master, CCleaner atau berbagai aplikasi sejenisnya. Dengan menggunakan aplikasi tersebut Anda bisa menghapus tumpukan cache android dengan sangat cepat dan mudah. Langkah-langkahnya menjalankan solusi yang pertama yaitu :

  • Pertama-tama Anda buka menu pengaturan. Kemudian pilih setelan tambahan dan pilih manajemen aplikasi.
  • Cari nama aplikasi kemudian tap hapus cache.

Data aplikasi penuh dan harus Anda hapus

Kemudian penyebab yang kedua adalah menghapus data aplikasi jika memang riwayat data aplikasi Anda penuh. Metode ini bisa menjadi sebuah cara ampuh mengatasi aplikasi yang macet atau mengalami eror. Adapun ketika Anda menghapus data aplikasi hal ini akan dapat membantu menghilangkan data yang bersifat sementara seperti halnya file sampah, basis data, history, bookmark, login dan sebagainya. Cara untuk menghapusnya sebagai berikut :

  • Pertama-tama Anda buka menu pengaturan. Kemudian selanjutnya pilih setelan tambahan.
  • Cari kotak perintah manajemen aplikasi dan cari nama aplikasi. Kemudian tap paksa berhenti dan hapus data.

Rekomendasi:

Aplikasi belum diupdate dan Anda harus mengupdatenya

Metode ini bisa dilakukan ketika aplikasi Anda memang belum pernah diupdate. Cara ini akan membantu menghilangkan suatu bugs atau kerusakan yang terjadi pada aplikasi yang mengalami error tersebut. Pastikan bahwa koneksi internet Anda lancar dan Anda bisa update langsung juga dari Play Store dengan sangat mudah. Jika memang aplikasi belum terupdate secara otomatis lakukan cara manual untuk mengupdatenya.

Aplikasi tidak merespon, install ulang aplikasi

Jika nantinya kemudian masalah aplikasi Anda tergolong serius dan cara-cara diatas memang sudah tidak dapat teratasi, maka solusi selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah menginstall ulang aplikasi. Cara ini sudah menjadi suatu cara paling akhir jika memang aplikasi tidak memberikan respon yang baik ketika Anda atasi dengan beberapa cara sebelumnya. Kebanyakan dengan menggunakan cara ini masalah “Sayangnya aplikasi telah berhenti” dapat  teratasi dengan baik.

Jadi pastikan juga bahwa Anda juga telah membersihkan file sampah dengan melakukan restart pada smartphone Anda. Langkah-langkahnya Anda buka menu pengaturan kemudian pilih setelan tambahan dan pilih manajemen aplikasi. Kemudian cari nama aplikasi dan tap hapus instalasi. Kemudian pasang kembali dalam beberapa saat.

Baca juga: Aplikasi Terbaik di Android untuk Ganti Tombol Power yang Rusak di Smartphone

Sangat mudah bukan cara mengatasi penyebab “Sayangnya, aplikasi telah berhenti”? Semoga langkah-langkah diatas menjadi solusi tepat mengatasi masalah aplikasi yang bermasalah di ponsel android Anda.

Penyebab “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” dan Cara Mudah Mengatasinya

-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *