Penyebab Play Store Tidak Bisa Download Dan Install Aplikasi

Halo sobat Alwib dimanapun berada! Semoga Anda dalam keadaan sehat dan berbahagia selalu ya. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas beberapa penyebab Play Store tidak bisa download aplikasi maupun game.

Bagaimana perasaan Anda ketika Play Store tidak dapat mengunduh aplikasi? Tentunya Anda akan jengkel sendiri. Apalagi aplikasi tersebut adalah game yang sedang tren saat itu. Alih-alih bermain game, ternyata Anda harus rela menahan iritasi karena instalasi Anda gagal. Bahkan, teman Anda aman hanya mengunduh aplikasi yang sama. Instalasi berhasil tanpa hambatan.

Mungkin Anda perlu memperhatikan poin-poin berikut. Bisa jadi selama ini kondisi perangkat Anda tidak didukung. Semoga ini akan menjadi jawaban untuk pertanyaan Anda untuk kegagalan instalasi aplikasi yang baru saja diunduh.

Penyebab Play Store Tidak Bisa Download

Penyebab-Play-Store-Tidak-Bisa-Download

Sebelum berbicara tentang solusi, ada beberapa penyebab Play Store tidak bisa mendownload yang perlu diperiksa oleh Anda. Tidak dapat mendownload aplikasi atau game dari Google Play Store atau layar download menunjukkan beberapa pesan error acak saat kita menekan tombol unduh? Ini mungkin masalah paling umum yang dihadapi oleh pengguna Android ketika mereka menemukan aplikasi atau game menarik di Google Play Store dan terjebak dengan pesan ‘unduh’ atau ‘tertunda’ di bawah bilah unduhan. Kadang-kadang bahkan setelah menunggu beberapa menit atau mungkin berjam-jam, layar unduhan terus menampilkan pesan yang sama. Cukup menjengkelkan, bukan?

Baca Juga
Tips Mengubah Tampilan Android Menjadi iphone Yang Simple

Berikut adalah beberapa penyebab Play Store tidak bisa mendownload dan instal aplikasi serta metode yang dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan masalah yang terkait dengan Google Play Store.

Dukungan Area Terbatas

Kenapa play store tidak bisa download aplikasi? Pertanyaan itu muncul ketika Anda mau mendownload aplikasi streaming film. Rasanya tidak adil dengan adanya pembatasan wilayah. Sekalipun ada batasan, mungkin karena batasan perangkat masih bisa dipahami. Jika Anda telah menemukan aplikasi yang sesuai, ternyata area tempat Anda berada tidak didukung oleh Pengembang. Risiko bisa fatal jika Anda masih memaksa perangkat Anda untuk menginstal aplikasi. Ponsel cerdas Anda mungkin tidak berfungsi lagi.

Paling-paling ada kondisi tertentu untuk dapat menggunakan aplikasi. Seperti lokasi domisili Anda saat itu. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah menghubungi pengembang aplikasi untuk memperluas area dukungan. Sehingga aplikasi tersebut dapat berfungsi dengan baik di wilayah keberadaan Anda atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi VPN gratis yang tersedia.

Perangkat Android Tidak Memiliki Fitur Pendukung

Ini biasanya terjadi ketika Anda membeli perangkat baru, maka semua aplikasi pada perangkat lama dipindahkan ke perangkat baru. Mungkin saja beberapa aplikasi, seperti game yang biasanya berjalan lancar di perangkat lama, akan mengalami gangguan pada perangkat baru Anda. Bagaimana hal itu terjadi? Di suatu perangkat ada fitur tertentu yang tidak semua memiliki.

Bisa jadi ketika Anda membeli ponsel baru, dan memindahkan semua aplikasi dan game android di perangkat lama ke perangkat baru, Anda mungkin dapat mengalami hal yang tidak menyenangkan ini. Cara untuk mengantisipasi adalah dengan membeli smartphone yang memiliki fitur lebih lengkap di kemudian hari.

Baca Juga
5 Aplikasi Keamanan Android Untuk Foto Maling Langsung Tahu Wajahnya

Pastikan OS Android tetap diperbarui

Setiap kali ada OS Android baru yang dirilis, akan ada banyak fitur baru yang menyertainya. Fitur baru ini akan membantu beberapa aplikasi Anda berjalan dengan lancar. Pengembang terkait memberikan banding ke aplikasi dalam bentuk kecocokan antara aplikasi dan OS tertentu.

Aplikasi hanya untuk Perangkat Tertentu

Setiap merek perangkat Android tentu memiliki aplikasi khusus yang tidak dapat diperoleh secara bebas. Hanya perangkat tertentu yang juga dapat menjalankannya dengan lancar. Jika Anda menginginkan aplikasi terkait tetapi tidak cocok untuk perangkat Anda. Lebih baik, cari aplikasi alternatif yang masih menyentuh fungsi yang sama sehingga bisa digunakan dengan lancar.

Ada Bug di Play Store

Aplikasi yang seharusnya berjalan dengan lancar di perangkat Anda mungkin tidak dapat diunduh. Ini bisa terjadi karena ada masalah yang menimpa Play Store Anda. Ambil langkah-langkah untuk Menghapus Instalasi Play Store Anda, lalu pasang kembali. Setelah itu, coba mulai ulang perangkat Anda. Jika masih tidak bisa, mungkin ada masalah lain di luar Play Store.

Memori Perangkat Penuh

Ini jelas menjadi masalah Google Play Store tidak bisa download. Instalasi aplikasi membutuhkan banyak ruang memori untuk menyimpan data. Hapus instalan aplikasi yang tidak lagi penting, atau pindahkan file seperti foto atau video ke media penyimpanan lain.

Sekarang cobalah untuk melihat lebih dekat perangkat smartphone Android Anda, masalah apa pun yang membuat aplikasi Play Store Anda tidak dapat digunakan untuk mengunduh aplikasi.

Baca Juga
Tips Perbaiki Play Store Yang Tidak Bisa Terbuka Dengan Mudah

Antrian Download

Google Play Store hanya bisa mengunduh satu aplikasi pada satu waktu menjadi salah satu penyebab Play Store tidak bisa download aplikasi, jadi apabila di layar menunjukkan download tertunda silahkan Anda periksa apakah ada aplikasi lain yang sedang diunduh atau diperbarui saat ini. Jika ya, tunggu hingga downloadnya selesai atau hentikan download secara manual dengan membuka bagian “Manage apps and devices” pada aplikasi Play Store.

Koneksi Wifi

Selain itu, pengguna juga perlu memastikan bahwa konektivitas internet mereka berfungsi dengan baik. Satu hal lagi, Google Play Store mengunduh aplikasi dan game dengan ukuran file lebih besar melalui Wi-Fi. Jadi, pastikan untuk menghapus centang pada pilihan ‘Unduh melalui Wi-Fi’ setelah menekan tombol download.

Kode Error-20

Selanjutnya, jika semuanya tampak baik-baik saja, internet juga berfungsi lancar, Anda memiliki cukup ruang di ponsel Anda dan masih tidak dapat mengunduh, maka inilah yang harus Anda periksa.

Google Play Store error 20 terjadi pada saat Anda mencoba mengunduh aplikasi. Pesan kesalahan yang sebenarnya seperti ini, “App can’t be downloaded. Try again, and if the problem continues, get help troubleshooting. (Error code: -20)”.Kesalahan ini pada umumnya dikenal sebagai ‘Error-20’ dan cara atasi play store tidak bisa download tersebut, Anda perlu menghapus cache dan menyinkronkan ulang Akun Google pada smartphone Android Anda.

Itulah pembahasan mengenai Penyebab Play Store Tidak Bisa Download dan instal aplikasi maupun game Android pada smartphone Anda. Semoga bermanfaat ya.

Penyebab Play Store Tidak Bisa Download Dan Install Aplikasi

-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *