Fungsi Dan Dosis Obat Valacyclovir Sesuai Aturan

Posted on

Alwib.net | Fungsi dan dosis Obat valacyclovirValacyclovir merupakan obat golongan antivirus yang memiliki manfaat untuk menangani dan mencegah infeksi akibat virus pada tubuh, seperti: herpes zoster, herpes labialis, dan herpes genital. Obat Valacyclovir bekerja dengan cara menghentikan perkembangan virus penyebab infeksi pada tubuh. Meskipun demikian, obat ini bukan berarti bisa digunakan untuk menghilangkan virus sepenuhnya dari tubuh Anda.

Valacyclovir hanya memiliki peran untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan pada infeksi, mempercepat penyembuhan infeksi serta mencegah infeksi kambuh kembali. Obat ini harus dikonsumsi sesuai anjuran dokter serta dikonsumsi secara teratur.

Fungsi Dan Dosis Obat Valacyclovir Sesuai Aturan

Fungsi dan dosis valacyclovir untuk Penyakit Herpes

Merek Obat Valacyclovir

Sebagaimana obat Acyclovir, di pasaran terdapat banyak merek obat valacyclovir, Anda bisa menemukan nama yang beragam, diantaranya Vandavir, Zostavir, Cloviar, Inlacyl, Valacyclovir, Iclofar, Valtrex, Inclovir, Norus, Valvir, Herclov,  dan Valcor.  Semuanya bisa Anda pilih sesuai kebutuhan atau berdasarkan anjuran dokter.

Peringatan saat menggunakan Valacyclovir

Pada saat menggunakan obat ini Anda harus berhati-hati terutama bagi penderita HIV,  gangguan ginjal,  alergi terhadap obat terkait,  orang yang telah mengalami transplantasi ginjal atau sumsum tulang. Oleh sebab itu,  sebelum menggunakannya Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Di lain hal,  bagi Anda yang telah lanjut usia harus diawasi dalam penggunaanya. Pasalnya konsumsi obat ini dapat berpotensi menyebabkan gangguan sistem syarat pusat,  seperti halusinasi,  agitasi dan kebingungan.

Dosis Valacyclovir

Fungsi dan dosis valacyclovir untuk Penyakit Herpes (3)

Dosis valacyclovir diberikan berbeda-beda untuk tiap orang pada pengobatan penyakit herpes. Hal ini didasarkan pada umur, kondisi serta respon obat terhadap tubuh. Bagi Anda yang mengkonsumsi Valacycloir dengan benar adalah sesuai dengan anjuran dokter. Selain itu,  Anda tidak diperbolehkan mengurangi atau menambah dosis yang ada. Bacalah instruksi yang tertera pada kemasan obat terkait cara penggunaan dan efek samping, agar Anda paham mengenai langkah yang mungkin bisa dilakukan selanjutnya.

Mengkonsumsi obat ini juga harus dipastikan terdapat jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis selanjutnya. Kemudian, ketika gejala mulai membaik, tetap lanjutkan pengobatan sesuai anjuran dokter hingga tuntas. Jangan menghentikan pengobatan tanpa saran dan izin dokter Anda. Tindakan tersebut dapat menyebabkan gejala kambuh kembali bahkan lebih parah lagi.Selain itu, biasakanlah untuk mengkonsumsi obat pada waktu yang sama setiap harinya. Hal ini dilakukan untuk memperkecil potensi lupa. Ada kasus yang tidak sesuai dalm artian tubuh Anda menolak reaksi obat maka segera temui dokter apabila terjadi reaksi alergi atau overdosis pada tubuh Anda.

Aturan penyimpanan

Fungsi dan dosis valacyclovir untuk Penyakit Herpes (4)

Simpanlah valacyclovir pada suhu ruangan yang stabil pada wadah tertutup untuk menghindari paparan sinar matahari langsung. Hal yang tidak akal penting adalah menjauhkan nya dari  jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. 

Interaksi Obat saat dikonsumsi

Konsumsi obat valacyclovir dengan obat lain dapat menimbulkan interaksi obat, diantaranya dapat meningkatkan risiko gagal pada ginja. Hal bisa dipicu oleh obat-obatan, seperti antibiotik aminoglikosida, senyawa platinum (misalnya cisplatin), methotrexate, ciclosporin, dan tacrolimus. Selain itu, berisiko pula meningkatkan kadar valaciclovir dalam darah jika dikonsumsi dengan cimetidine. Oleh sebab itu, kenali terlebih dahulu efek samping serta bahaya Valacyclovir agar Anda bisa melakukan upaya pencegahan.Adspun efek samping lainnya adalah sakit kepala, Penurunan fungsi hati, peradangan saluran pernapasan bagian atas, rasa mual, rasa nyeri perut, serta turunnya jumlah sel darah putih.

Demikian informasi terkait obat Valacycloir untuk Anda. Penggunaan dosis yang tepat sangat dianjurkan demi kesehatan Anda serta pembebasan tubuh dari virus-virus jahat yang bisa merusak tubuh.

Fungsi Dan Dosis Obat Valacyclovir Sesuai Aturan

5.0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *