Obat Acyclovir Adalah Solusi Untuk Pengobatan Herpes

Posted on

Alwib.net | Untuk pengobatan penyakit herpes yang disebabkan oleh virus, obat herpes Acyclovir merupakan salah satu yang paling ampuh dan umum diketahui oleh masyarakat. Pada artikel kali ini akan dikupas secara singkat namun mendetail tentang Acyclovir menyangkut fungsinya sebagai pengobatan untuk penyakit herpes yang cukup sering menyerang, terutama saat cuaca tengah tidak menentu.

Tentang, Macam dan Kegunaan Obat Herpes Acyclovir

obat herpes Acyclovir (5)

Acyclovir sejatinya merupakan obat anti virus untuk mengobati serangan penyakit yang diakibatkan oleh virus, termasuk di dalamnya adalah herpes. Acyclovir diproduksi dalam dua macam obat oral, yakni tablet yang lebih cocok untuk orang dewasa, serta sirup yang pas dikonsumsi oleh anak-anak. Acyclovir sendiri dijual secara bebas di apotek karena tidak tergolong obat keras.

Obat herpes Acyclovir akan membantu mengempeskan radang akibat serangan virus yang menyerang permukaan kulit tersebut. Selanjutnya, Acyclovir juga membantu untuk regenerasi sel sehingga jaringan yang rusak dapat segera tergantikan sehingga tidak menimbulkan bekas luka. Namun Acyclovir tidak membunuh virus tersebut, hanya melemahkan serta mencegah penyebaran, sehingga kemungkinan terserang herpes kembali di masa mendatang tetap ada.

Dosis & Kontra Indikasi Acyclovir Untuk Pengobatan Herpes

obat herpes Acyclovir

Untuk konsumsi Acyclovir tablet bagi orang dewasa yang baru terserang oleh herpes, jika daya tahan tubuh atau imunitasnya tergolong bagus, cukup konsumsi dosis 200mg, 5x sehari setelah makan, dalam tempo selama 10 hari. Sedangkan bila sistem imun lemah, sebaiknya membeli Acyclovir 400mg dan mengonsumsinya 3x sehari setelah makan dalam jangka waktu antara 7-10 hari.

Sementara untuk anak-anak yang mengonsumsi Acyclovir sirup disarankan mengonsumsi 5ml—atau sesuai sendok takar, 3x dalam sehari setelah makan dan minimal sampai 5 hari. Acyclovir dalam bentuk suspensi biasanya dijual dalam kemasan botol dengan netto 479g. Bila orang dewasa ingin mengonsumsinya, maka untuk dosis menjadi dua kali lipat dari anak-anak.

Bagi pasien yang terserang herpes secara berulang, maka dosis yang diberikan harus sebanyak dua kali lipat dari pemberian Acyclovir saat pertama kali terserang karena virus memiliki tendensi untuk resisten terhadap pemberian obat yang sama pada tubuh lebih dari satu kali. Bila tetap tidak mempan, sebaiknya lekas menghubungi dokter karena dikhawatirkan penyakit yang menyerang bukanlah herpes.

Mengingat setiap obat memiliki kontraindikasi atau larangan konsumsi untuk pasien tertentu, maka untuk Acyclovir sendiri tidak disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui, pasien gagal ginjal, maupun pasien yang baru saja menjalani tindakan medis operasi. Sedangkan untuk memastikan tubuh tidak alergi pada Acyclovir, pengguna diharapkan memperhatikan perubahan selama minimal 3 hari awal masa konsumsi.

Kegunaan Lain & Saran Konsumsi Obat Acyclovir

obat herpes Acyclovir (3)

Selain ampuh mengobati herpes, Acyclovir juga ampuh untuk mengobati penyakit lain akibat virus seperti cacar air dan luka melepuh yang mengenai kulit. Dosis Acyclovir untuk penyakit atau luka di atas berbeda dengan dosis saat pengobatan herpes, yang tertera detail pada kemasan atau botol Acyclovir. Sehingga sebelum dikonsumsi harap dibaca petunjuk secara saksama lebih dahulu.

Meskipun obat herpes Acyclovir dapat dibeli secara bebas tanpa resep dokter di toko obat atau apotek terdekat, tetapi lebih baik untuk berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter maupun praktisi medis yang dapat dijangkau untuk memastikan jenis herpes yang diidap mengingat herpes memiliki jenis beragam. Berikut pula keamanan dari konsumsi Acyclovir untuk pasien-pasien yang termasuk dalam kategori kontra indikasi sebagaimana disinggung di atas.

Selain penggunaan obat herpes Acyclovir, obat Valacyclovir dan Famciclovir juga bisa dipakai untuk solusi penanganan penyakit herpes. Semoga informasi mengenai obat herpes Acyclovir bermanfaat.

Obat Acyclovir Adalah Solusi Untuk Pengobatan Herpes

5.0
Gravatar Image
Alwib.net merupakan official blog yang diwujudkan dengan tujuan untuk memberikan konten-konten informasi dalam berbagai kategori yang ditujukan untuk semua orang sehingga setiap orang yang mengunjungi blog ini dapat menikmati informasi terbaik dan terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *