5 Cara Memperbaiki Error “NVIDIA Installer Failed” Paling Ampuh

Jika Anda menggunakan kartu grafis NVIDIA, maka Anda pasti pernah menghadapi kesalahan seperti “NVIDIA Installer Failed” di komputer Windows Anda sebelumnya. Adapun pengguna NVIDIA baru, Anda mungkin ingin mengambil informasi ini sebagai tindakan pencegahan. Karena kesalahan ini terjadi selama proses instalasi, maka Anda dapat mencegahnya terjadi pada PC Anda dengan metode yang telah Alwib.net sediakan di artikel ini. Selain itu, Anda dapat membaca artikel tentang panel kontrol NVIDIA yang hilang untuk menghindari kesalahan lebih lanjut di masa mendatang.

Jika Anda ingin menginstal kartu grafis NVIDIA, pastikan driver lain yang berkontribusi pada PC Windows 10 atau 7 Anda telah update terbaru untuk menghindari kesalahan “NVIDIA Installer Failed”. Jika ada notifikasi yang berisi pesan “NVIDIA installer failed”, berarti komponen di PC Windows 10 atau 7 Anda tidak memenuhi persyaratan. Selain itu, penyebabnya bisa berasal dari NVIDIA itu sendiri. Untuk saat ini, Anda dapat memeriksa driver Windows 10 atau 7 yang diperlukan untuk membuat instalasi berhasil sambil memeriksa fitur kartu grafis NVIDIA itu sendiri.

Cara Memperbaiki Error “NVIDIA Installer Failed” Paling Ampuh

Sebagian besar pengguna Windows 10 telah melaporkan masalah “NVIDIA Installer Failed” dan masalahnya bisa ditelusuri kembali ke GPU komputer yang digunakan. Namun demikian, Anda masih dapat mencoba untuk memperbaiki masalah “NVIDIA Installer Failed” ini hanya dengan mengutak-atik beberapa fitur di PC Windows 10 Anda sehingga menjadi lebih baik.

Penyebab Error “NVIDIA Installer Failed”

Sebelum kita langsung menyimak metode cara memperbaiki error “NVIDIA installer failed”, kita akan melihat faktor-faktor yang berkontribusi pada error yang terjadi ini. Simak penjelasan singkat tentang “NVIDIA installer failed” di bawah ini.

Karena setiap versi Windows, mulai dari versi 7 hingga 10 melakukan update otomatis secara teratur, maka beberapa program mungkin ada yang mengalami gangguan karena terjadi update yang serupa. Ketika update Windows 10 terjadi, Update Windows akan memastikan untuk memperbarui setiap fitur inti utama Windows sekaligus. Update ini juga melibatkan driver GPU. Pada saat proses update, Anda tidak bisa mengupdate program lain. Tunggu proses update selesai terlebih dahulu, lalu Anda dapat menginstal atau mengupdate program lain di komputer Windows 10 Anda. Proses update akan memakan waktu sekitar lima hingga sepuluh menit. Jika Anda bersikeras untuk menginstal driver kartu grafis NVIDIA selama proses update Windows memperbarui driver GPU, maka Anda akan menemui masalah “NVIDIA installer failed”.

Baca Juga
Cara Instal Aplikasi Android di Windows 11 dengan Mudah!

Cara Memperbaiki Error “NVIDIA Installer Failed”

5 Cara Memperbaiki Error NVIDIA Installer Failed Paling Ampuh

Ketika installer dirver NVIDIA Anda gagal beroperasi, maka Anda harus memperbaiki sistem komputer terlebih dahulu. Jika Anda memiliki Windows 7 atau 8, Anda cukup mengupdate sistem operasi menjadi Windows 10. Setelah versi Windows ditingkatkan, Anda dapat menunggu proses download dan penginstalan yang tersisa sampai selesai. Setelah sistem Windows 10 siap, Anda dapat mencoba menginstal driver NVIDIA dengan aman.

Selain meningkatkan sistem operasi Windows, Anda dapat mencoba menginstal ulang NVIDIA tanpa kesalahan dengan beberapa metode berbeda yang telah kami kupas di bawah ini. Simak metode di bawah ini dan lihat mana yang cocok untuk Anda.

Perbaiki Error “NVIDIA Installer Failed” dengan Melakukan Instalasi Kustom dari Driver

Daripada melakukan penginstalan secara otomatis, Anda bisa menggunakan penginstalan driver NVIDIA khusus untuk menghindari masalah “NVIDIA installer failed”. Dengan instalasi khusus, Anda dapat memilih fitur mana saja yang ingin Anda instal dan mana yang tidak. Dengan melakukan itu, Anda dapat menghindari masalah gagal “NVIDIA installer”.

Untuk melakukan metode ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Temukan file instalasi NVIDIA di drive Windows Anda dan jalankan.
  • Temukan layar Opsi penginstalan. Akan ada dua pilihan untuk instalasi yang bisa Anda pilih. Pilih “Express” untuk melakukan instalasi otomatis. Di sisi lain, pilih “Custom” untuk melakukan instalasi lanjutan.
  • Pilih instalasi Custom (Advance), lalu klik tombol “Next”.
  • Setelah jendela baru muncul, Anda harus memilih semua driver pada daftar.
  • Setelah itu, pilih opsi “Perform a clean installation”. Centang kotak di sebelah opsi instalasi. Kemudian klik “Next” untuk melanjutkan.
  • Ikuti petunjuk instalasi driver NVIDIA untuk menyelesaikan penginstalan.
  • Akhirnya, silahkan coba jalankan program NVIDIA dan lihat apakah berfungsi dengan baik.

Setelah instalasi secara kustom selesai, Anda dapat mengoperasikan kartu grafis NVIDIA dari panel kontrol. Jika update Windows 10 atau 7 belum selesai, Anda dapat menunggu sampai selesai terlebih dahulu. Jika Anda bersikeras untuk melakukan instalasi driver NVIDIA selama penginstalan update Windows, maka akan terjadi error “NVIDIA installer failed”. Jika “NVIDIA installer failed” masih muncul terus, Anda cukup me-restart komputer Windows 7 atau 10.

Baca Juga
6+ Software Dual Monitor Tools Terbaik untuk PC Windows

Nonaktifkan Sementara Program Pihak Ketiga

Task manager

Jika ada program pihak ketiga yang berjalan di komputer Windows 7 atau 10 Anda, maka Anda cukup mematikannya terlebih dahulu untuk menghindari error “NVIDIA Installer Failed”. Program firewall dapat menyebabkan bentrokan jika tidak dimatikan saat proses penginstalan driver NVIDIA. Untuk menonaktifkan program pihak ketiga di komputer Windows 7 atau 10 Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Periksa program pihak ketiga dengan firewall yang beroperasi di komputer Windows 7 atau 10 Anda. Lihat di Task Manager untuk mengetahui program mana yang perlu dinonaktifkan.
  • Tekan Ctrl + Shift + Esc kemudian pilih menu “Start Task Manager”.
  • Buka tab “Processes”.
  • Lihat masing-masing aplikasi pihak ketiga yang berkaitan dengan keamanan komputer Windows 7 atau 10 Anda.
  • Pilih masing-masing program dan klik tombol “End Process” untuk mematikannya.
  • Setelah program pihak ketiga dinonaktifkan, Anda dapat menjalankan NVIDIA Installer.
  • Ingatlah untuk memilih instalasi khusus untuk menghindari masalah “NVIDIA installer failed”.

Matikan Perangkat Lunak Antivirus

Sama halnya dengan program pihak ketiga, software antivirus juga perlu dimatikan jika terjadi masalah “NVIDIA installer failed”. Ada kemungkinan bahwa software antivirus mencegah file tertentu dari proses pembaruan driver NVIDIA. Karena hal itu, proses penginstalan NVIDIA tidak dapat berjalan dengan benar.

Antivirus, seperti Avast, mungkin mengkategorikan file dari update NVIDIA sebagai berbahaya yang menyebabkan instalasi NVIDIA gagal. Untuk mencegah bentrokan antara NVIDIA dan operasi Avast, maka Anda dapat menonaktifkan Avast untuk sementara. Selain Avast, Anda juga dapat mematikan program firewall lain yang beroperasi secara teratur di komputer Windows 7 atau 10 Anda. Untuk melakukannya, cukup mematikan tugas program yang dipilih dari Task Manager. Setelah penginstalan NVIDIA selesai berjalan, Anda dapat mengaktifkan kembali antivirus.

Untuk menonaktifkan antivirus dengan cepat, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Tekan tombol Ctrl, Alt, dan Delete secara bersamaan. Jendela Task Manager akan segera muncul.
  • Di jendela Task Manager, temukan tab Processes dan klik di atasnya. Lihat semua proses yang terkait dengan software antivirus Anda.
  • Lanjutkan untuk memilih setiap proses dan klik “End process” untuk mematikannya.
  • Terakhir, reboot komputer Windows 7 atau 10 Anda untuk menyimpan perubahan.
  • Jalankan penginstalan driver NVIDIA sekali lagi. Ingatlah untuk memilih instalasi khusus (custom).
  • Jangan lupa untuk centang kotak yang menyatakan “perform clean installation” sebelum menjalankan penginstal NVIDIA.
  • Selesai.

Hapus File NVIDIA dan Mengakhiri Proses NVIDIA

Temukan file NVIDIA di sistem Windows Anda dan hapus sekaligus. Cari filenya dengan mengikuti lokasinya seperti di bawah ini:

C:\Program Files\NVIDIA Corporation\
C:\Program Files (x86)\NVIDIA Corporation\
C:\Program Files (x64)\NVIDIA Corporation\
File nvdsp.inf dalam direktori C:\Windows\System32\DriverStore\FileRepository 
File nv_lh dalam direktori C:\Windows\System32\DriverStore\FileRepository
C:\Windows\System32\DriverStore\FileRepository

Setelah Anda menghapus semuanya, Anda dapat me-restart ulang komputer Windows 7 atau 10. Saat Windows 7 atau 10 menyala kembali, Anda bisa menekan Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager. Setelah itu, temukan tab Processes dan klik di tab tersebut.

Baca Juga
8+ AdBlock Firefox Terbaik dan Paling Efektif di Tahun 2022

Cari setiap proses yang terkait dengan software NVIDIA. Setelah Anda menemukan semuanya, pilih masing-masing. Kemudian, klik “End Process” untuk menghentikan operasi software.

Setelah semuanya selesai, jalankan penginstalan driver NVIDIA. Ingatlah untuk memilih instalasi khusus (custom) untuk mencegah masalah “NVIDIA installer failed” terjadi.

Lakukan Instalasi Ulang Windows 10

Lakukan cara ini HANYA jika semua metode di atas gagal, Anda dapat memilih untuk menginstal ulang sistem operasi Windows 10 lagi. Ketika sistem komputer menyala lagi, dapat dijamin bahwa penginstal NVIDIA akan berfungsi dengan baik. Selain memperbaiki masalah “NVIDIA installer failed”, Anda juga dapat menghapus file sampah secara otomatis.

Untuk melakukannya, Anda bisa mendapatkan Windows 10 resmi dan segera melakukan penginstalan. Pastikan untuk memindahkan file penting pada hard drive eksternal sebelum Anda melakukan instalasi ulang dari awal. Setelah Windows 10 dihidupkan kembali, Anda dapat menjalankan penginstal NVIDIA sekali lagi dan menyingkirkan error “NVIDIA installer failed”. Ingatlah untuk memilih instalasi khusus (custom) untuk mencegah masalah yang sama terjadi lagi.

Kesimpulan

Jika penginstal NVIDIA Anda gagal beroperasi, maka Anda harus memperbaiki sistem komputer terlebih dahulu. Jika Anda memiliki Windows 7 atau 8, Anda cukup mengupgrade sistem operasi ke Windows 10 untuk menghindari kesalahan “NVIDIA Installer Failed”. Setelah Windows diupgrade, Anda dapat menunggu unduhan dan instalasi yang tersisa selesai. Setelah Windows 7 atau 10 siap, Anda dapat mencoba menginstal driver NVIDIA dengan aman. Selain itu, Anda dapat menonaktifkan program pihak ketiga di komputer Windows 10 Anda. Yang terpenting, Anda juga dapat menonaktifkan antivirus sementara waktu sebelum menjalankan penginstalan driver NVIDIA. Ketika semuanya gagal, Anda dapat menginstal ulang sistem Windows 10 sekali lagi. Sebelum Anda melakukannya, pastikan untuk membuat cadangan file penting yang Anda miliki di komputer Anda.

Itulah informasi cara memperbaiki error NVIDIA Installer Failed yang Alwib sampaikan, semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang menghadapi permasalahan ini.

5 Cara Memperbaiki Error “NVIDIA Installer Failed” Paling Ampuh

-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *