Mengapa VPN Memperlambat Koneksi Internet Anda?

Halo sobat Alwib dimanapun Anda berada. Semoga kalian dalam keadaan sehat dan berbahagia selalu setelah melewati masa pandemi Covid-19 ini. Kali ini kami akan membahas tentang mengapa VPN memperlambat koneksi internet Anda?

Setelah posting artikel VPN Online Gratis Unlimited, Ada banyak keluhan dan pertanyaan yang masuk ke Alwib.net kenapa sih koneksi internet jadi lemot alias lambat setelah menggunakan VPN. Dari beberapa pertanyaan tersebut, kami bahas apa saja yang mempengaruhi kecepatan VPN dan bagaimana cara mempercepat koneksi VPN Anda.

Mengapa VPN Memperlambat Koneksi Internet Anda?

Mengapa-VPN-Memperlambat-Koneksi-Internet-Anda

VPN akan menurunkan kecepatan koneksi Anda, tidak peduli berapa banyak penyedia VPN yang tidak dapat dipercaya suka mengklaim sebaliknya. Mengapa VPN memperlambat koneksi Anda, dan apakah ada cara untuk memperbaiki masalah ini?

Apa yang Mempengaruhi Kecepatan VPN?

Ada banyak faktor yang mempengaruhi mengapa VPN memperlambat koneksi internet. Meskipun beberapa penyedia suka mengklaim bahwa VPN mereka dapat meningkatkan kecepatan internet Anda, namun pada kenyataannya VPN akan selalu menyebabkan berkurangnya kecepatan, pertanyaannya hanyalah seberapa banyak pengaruhnya. Ketika VPN dikatakan cepat, itu artinya VPN tersebut hanya mendapat penurunan kecepatan lebih sedikit daripada pesaingnya. Ada tiga alasan utama mengapa VPN memperlambat koneksi Anda, berikut urutannya.

Jarak ke Server VPN

Masalah terbesar yang mempengaruhi kecepatan internet saat menggunakan VPN adalah jarak antara Anda dan server VPN, dan semakin jauh jaraknya, semakin buruk kerugiannya. Jika, misalnya, Anda berada di New York City, server di Boston akan membuat Anda kehilangan kecepatan lebih sedikit daripada yang ada di Los Angeles, belum lagi server di Tokyo. Jika Anda memakai internet di Indonesia menggunakan server VPN Singapura, maka akan terasa lebih cepat dibandingkan server VPN di China.

Baca Juga
Cara Mendapatkan Sertifikat SSL Gratis Terenkripsi dengan Mudah

Ini disebabkan karena betapapun halusnya data, data tetap harus mematuhi hukum fisika. Saat Anda menjelajahi internet, Anda mengirim dan menerima apa yang disebut paket data, dan paket data harus melakukan perjalanan secara fisik menuju Anda dan dari Anda. Semakin panjang rute pengiriman paket data, maka akan semakin lama penundaan antara panggilan dan responnya.

Anda dapat melihat ini secara langsung ketika Anda menguji kecepatan internet Anda sendiri: sambungkan ke server terdekat dan kemudian sambungkan ke server yang lebih jauh. Kemungkinannya adalah server pertama akan memberi Anda hasil yang lebih baik dan lebih cepat daripada yang kedua. Namun, jika tidak, salah satu faktor lain mungkin berperan.

Beban Server

Faktor penting lainnya dalam pelambatan VPN adalah beban pada server yang Anda hubungkan. Sebuah server hanya dapat menangani sekian kapasitas trafik yang terbatas. Semakin dekat Anda mencapai batas tersebut, maka semakin besar perlambatannya, tidak ada pilihan lain.

Akibatnya, jika Anda terhubung ke server bahkan hanya beberapa kilometer jauhnya dari Anda yang mendekati kapasitas penggunanya, Anda mungkin mendapatkan hasil yang lebih buruk daripada dari server di negara lain yang kosong penggunanya. Dari ketiga faktor tersebut, faktor inilah yang paling dipengaruhi oleh penyedia VPN itu sendiri. Layanan yang baik akan berinvestasi dalam infrastruktur yang lebih baik sehingga pengguna tidak akan mengalami pelambatan karena beban server, server ExpressVPN adalah contoh penyedia VPN yang baik.

Baca Juga
10 VPN Online Gratis Unlimited untuk Android Terbaik

Enkripsi & Protokol

Faktor terakhir yang mempengaruhi mengapa VPN memperlambat koneksi internet adalah protokol dan enkripsi yang digunakan. Meskipun tidak sepenting jarak dan beban server, itu memang cukup berperan dalam perlambatan koneksi internet. Ini karena ketika Anda menggunakan VPN, Anda mengirimkan informasi Anda melalui apa yang disebut terowongan (tunnel) VPN. Sebelum dikirim, paket dienkripsi terlebih dahulu dan kemudian didekripsi saat sampai ke tujuan. Proses ini membutuhkan waktu. Itu tidak banyak, tetapi dalam hubungannya dengan faktor-faktor lain, itu bisa bertambah waktunya.

Enkripsi yang lebih berat membutuhkan waktu lebih lama untuk mengenkripsi dan mendekripsi, sehingga sangat berperan memperlambat kecepatan internet, sama halnya dengan protokol yang digunakan. Ini sebagian dikarenakan protokol VPN menentukan tingkat enkripsi—tetapi juga karena beberapa lebih cepat daripada yang lain. Misalnya, IKEv2 lebih cepat daripada OpenVPN, tetapi memiliki beberapa masalah keamanan.

Cara Mempercepat Koneksi VPN Anda

Dengan mengingat informasi yang mempengaruhi mengapa VPN memperlambat koneksi internet di atas, kami juga dapat mencari cara untuk mempercepat koneksi VPN Anda. Tidak semua tips kami akan berfungsi bagi semua orang, tetapi dengan menerapkannya dalam beberapa langkah sederhana akan mendapat beberapa peningkatan koneski internet yang signifikan. Adapun cara mempercepat koneksi internet adalah sebagai berikut.

Pilih Server Terdekat

Cara termudah adalah dengan menggunakan server VPN yang berbeda. Jika Anda di Indonesia, sebaiknya menggunakan server VPN Singapura dan Australia daripada server di Amerika. Jika Anda berada di New York, pilih server itu di Boston daripada yang ada di Los Angeles. Jika Anda berada di Inggris, gunakan satu di Inggris atau Irlandia daripada di daratan Eropa. Karena itu, jika Anda menggunakan VPN untuk mengakses web steraming film gratis, Anda tidak dapat mengubah server dengan mudah, jadi Anda mungkin harus mencari pilihan lain.

Baca Juga
15 Cara Membuka Website Yang Diblokir Paling Efektif Yang Wajib Dicoba

Ubah Protokol

Sebelum melakukannya, kami akan mulai dengan satu peringatan yang harus Anda waspadai, yaitu mengubah protokol. Hal ini karena mengubah pengaturan protokol berpotensi membahayakan keamanan pribadi Anda, kecuali Anda tahu apa yang Anda lakukan. Namun, jika koneksi Anda sangat lambat, mengubah dari TCP ke UDP dapat mempercepat koneksi Anda, atau bahkan menggunakan IKEv2 saja daripada OpenVPN jika keamanan bukanlah perhatian utama Anda.

Pilih Penyedia VPN yang Bagus

Terakhir, kemungkinan besar penyedia VPN Anda menggunakan server yang buruk. Dalam hal ini, kami sarankan kepada Anda untuk memeriksa pilihan VPN terbaik kami, karena sebagian besar dari mereka bekerja dengan sangat baik. VPN tercepat di luar sana mungkin adalah ExpressVPN karena menggunakan arsitektur server canggih untuk menyeimbangkan beban data.

Untuk para pengguna yang suka bermain game online Free Fire dengan VPN, perbedaan antara penyedia yang baik dan yang buruk seperti perbedaan antara siang dan malam. Mengganti penyedia VPN bisa menjadi solusi sederhana—jika terasa mahal—yang Anda cari untuk memperbaiki masalah kecepatan Anda.

Mengapa VPN Memperlambat Koneksi Internet Anda?

-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *