Cara Mencegah Aplikasi Pembawa Virus Di Android Harus Anda Ketahui

Posted on

Cara Mencegah Aplikasi Pembawa Virus Di Android – Google Play Store adalah toko aplikasi Android yang menyediakan berbagai aplikasi dan game yang dapat diunduh secara gratis dan berbayar. Meski diberi label sebagai toko aplikasi resmi, tidak menutup kemungkinan bahwa di Google Play ada aplikasi yang membawa virus. Karena itu, untuk memilih aplikasi yang tepat kita harus tahu cara mencegah aplikasi pembawa virus di Android.

Sistem operasi Android yang bersifat open source memudahkan banyak pengembang untuk mengembangkan berbagai aplikasi yang kemudian dipasarkan di Google Play Store. Hal ini terkadang digunakan oleh pengembang yang tidak bermoral yang ingin mencari keuntungan dengan memasukkan virus pada aplikasi.

Terlebih lagi sebagian besar pengguna Android saat ini tidak pernah selektif dalam memilih aplikasi, dengan kata lain saat aplikasi menemukan dengan gambar menarik mereka biasanya langsung menginstalnya. Inilah yang membuat perangkat rentan terhadap virus.

Baca juga:

Cara Mencegah Aplikasi Pembawa Virus Di Android

4 Cara Mencegah Aplikasi Pembawa Virus Di Android Harus Anda Ketahui

Oleh karena itu, untuk mencegah aplikasi pembawa virus, setidaknya kita harus berhati-hati jika ingin memasang aplikasi, disamping itu kita juga perlu tahu cara mencegah aplikasi pembawa virus di Android. Nah jika Anda tidak tahu jalannya, berikut kami sampaikan ulasannya untuk Anda.

Hindari Download APK dari Aplikasi Berbayar

Biasanya jika pengguna Android menemukan aplikasi atau game yang menarik tapi berbayar, mereka segera mencari file APK untuk mendownloadnya secara gratis. Kebiasaan ini sebenarnya digunakan oleh Hacker untuk menginfiltrasi malware di file APK.

Oleh karena itu untuk melakukan Cara Mencegah Aplikasi Pengangkut Virus di Android sebaiknya Anda menghindari mendownload APK dari aplikasi berbayar agar Android tetap aman.

Baca juga: Cara Menghentikan Penyadapan di Smartphone Android

Jangan Di Sini Memberikan Akses Admin

Jika Anda memasang aplikasi Android, aplikasi akan meminta akses admin sehingga bisa berjalan dengan baik di perangkat Android Anda. Namun, jika Anda menginstal aplikasi pada sumber lain, Anda harus berhati-hati dan membaca kebijakan privasi terlebih dahulu sebelum memberikan akses Admin.

Inilah cara mencegah aplikasi pembawa virus di Android cukup efektif, sehingga Anda bisa mengetahui apakah aplikasi ini benar-benar resmi atau berasal dari pengembang abal-abal.

Periksa Ukuran File

Cara mencegah aplikasi pembawa virus di Android Ketiga adalah dengan menentukan ukuran file aplikasi yang ingin Anda download. Biasanya jika pengguna Android tidak bisa mendownload aplikasi di Google Play Store, tentu mereka akan mencari toko aplikasi lain untuk mendownload software tersebut.

Jika Anda memiliki kebiasaan seperti ini, sebaiknya cek ukuran file aplikasi terlebih dahulu. Jika ukurannya tidak sama (bisa lebih besar atau lebih kecil) Anda harus curiga. Bisa jadi aplikasi tersebut telah disisipi oleh malware atau file tersebut memang malware.

Catat juga izin Aplikasi

Selain meminta akses admin, saat memasang aplikasi baru juga akan muncul permission. Cara mencegah aplikasi pembawa virus di Android salah satunya adalah memperhatikan apa yang diminta oleh aplikasi. Misalnya jika Anda memasang aplikasi pengeditan foto atau permainan offline namun meminta akses kontak dan data seluler, maka Anda harus curiga.

Manfaat bagi Anda pengguna perangkat Android v6.0 Marshmallow dapat dengan mudah mengelola izin aplikasi yang akan diinstal di menu Settings – Apps – App Permissions dari setiap aplikasi yang Anda instal.

Baca juga: Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Dengan Benar

Nah itu review singkat cara mencegah aplikasi pembawa virus di Android. Hal yang perlu kita ingat adalah setiap akan menginstal aplikasi, Anda harus berhati-hati dan selektif dalam memilih aplikasi untuk memudahkan aktivitas mobile Anda. Semoga informasi yang kami sebutkan di atas bisa bermanfaat bagi anda semua.

Cara Mencegah Aplikasi Pembawa Virus Di Android Harus Anda Ketahui

-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *