Skip to main content

7 Manfaat Kunyit Untuk Wajah Berjerawat Dan Cara Membuatnya

Kunyit termasuk ke dalam tanaman obat keluarga atau toga yang memiliki banyak sekali manfaat dan salah satunya yaitu kunyit bermanfaat untuk wajah yang berjerawat. Kunyit dipercaya bisa digunakan sebagai bahan kecantikan alami. Bagi Anda yang ingin mendapatkan wajah yang mulus dan halus, Anda bisa mencoba menggunakan kunyit.

Dengan memakai kunyit secara teratur dan rutin, Anda akan mendapatkan kulit wajah yang lebih halus dan mulus. Terlebih lagi untuk Anda yang memiliki wajah berjerawat sangat dianjurkan sekali menggunakan kunyit untuk mengatasi jerawat yang ada di wajah. Kunyit dipercaya dapat mengurangi jerawat yang ada di wajah.

Selain itu, kunyit juga membantu mengatasi jerawat yang membandel di wajah. Anda bisa baca penjelasan selengkapnya di bawah ini mengenai beberapa khasiat kunyit untuk kulit wajah berjerawat.

1. Mencegah Peradangan Pada Jerawat

Mencegah peradangan merupakan salah satu manfaat dan khasiat dari kunyit untuk kulit yang berjerawat. Kita tahu bahwa ada banyak penyebab jerawat. Misalnya saja pengaruh kosmetik yang dipakai. Terlalu lama memakai suatu kosmetik bisa menyebabkan jerawat karena kulit tidak bisa bernafas dengan baik.

Selain itu, pengaruh penggunaan kosmetik yang tidak cocok juga merupakan salah satu penyebab terjadinya jerawat. Kurangnya membersihkan diri dan masalah hormon juga bisa menjadi penyebab jerawat tumbuh di wajah. Jerawat yang tumbuh biasanya akan melewati fase peradangan.

Fase peradangan merupakan fase dimana jerawat yang ada di wajah tumbuh menjadi besar, berwarna merah dan biasanya bernanah. Nah, kalau jerawat sudah mencapai fase peradangan maka bekas jerawat pun akan muncul. Bekas jerawat tersebut akan hilang dalam waktu yang cukup lama.

Pastinya Anda tidak mau apabila penampilan Anda terganggu karena masalah jerawat. Nah, untuk mengatasi dan mencegah peradangan jerawat pada wajah, Anda bisa menggunakan kunyit. Salah satu manfaat kunyit untuk wajah berjerawat yaitu mencegah peradangan sehingga jerawat akan lebih gampang sembuhnya. Bekas yang ditimbulkan pun akan semakin mudah untuk dihilangkan.

Cara membuat masker wajah untuk mengatasi peradangan yaitu dengan membuat masker wajah dari kunyit. Cara membuatnya dengan mencampurkan tiga sendok makan air hasil perasan kunyit dan juga satu sendok makan bubuk kunyit.

Kemudian campurkanlah madu dan juga yoghurt ke dalam bubuk dan air perasan kunyit. Lalu aduklah hingga rata dan kental seperti pasta.

masker wajah dari kunyit
dorayakino.blogspot.com

Pakailah adonan tersebut untuk masker wajah dan sebelum memakai masker sebaiknya Anda membersihkan wajah terlebih dahulu. Tunggulah kurang lebih 15 menit setelah pemakaian lalu bersihkan dengan air.

2. Mengurangi Minyak Pada Wajah

Salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah minyak wajah yang berlebihan. Produksi minyak wajah yang berlebihan pada pori-pori kulit akan menimbulkan jerawat. Adanya minyak yang berlebihan akan membuat pori-pori wajah dengan mudah terkena bakteri dan kotoran sehingga menimbulkan jerawat.

Untuk mencegah timbulnya jerawat Anda harus bisa mengontrol minyak yang ada di wajah, caranya dengan mengurangi produksinya yaitu dengan menggunakan kunyit sebagai masker wajah. Kunyit dipercaya dapat mengurangi minyak yang berlebih pada wajah.

Jika minyak wajah berkurang, maka wajah Anda akan terhindar dari timbulnya jerawat. Kunyit sangat bermanfaat untuk mengurangi dan mengatasi timbulnya jerawat diakibatkan oleh kelebihan minyak wajah yang diproduksi. Untuk wajah yang berminyak sering-seringlah memakai masker kunyit.

Untuk mengurangi minyak wajah Anda dapat menggunakan masker kunyit. Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan bubuk kunyit, 1 ½ sendok makan bubuk cendana, dan tiga sendok makan jus jeruk atau lemon. Aduklah hingga rata lalu oleskan pada wajah dan tunggulah sampai 15 menit lalu bilas dengan air bersih sampai bersih dan lebih baik menggunakan air hangat untuk bilasannya.

3. Kunyit Dapat Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Selain mencegah dan mengurangi minyak wajah yang berlebihan, kunyit juga dapat mengecilkan pori-pori wajah. Salah satu penyebab timbulnya jerawat yaitu karena pori-pori wajah yang besar sehingga mengakibatkan kotoran dan bakteri mudah masuk. Oleh karena itu, jika Anda rajin menggunakan kunyit sebagai masker wajah, maka masalah jerawat akan sedikit berkurang.

4. Kunyit Sebagai Sumber Antikosidan Untuk Wajah

Manfaat kunyit yang lainnya yaitu sebagai sumber antioksidan untuk wajah. Kunyit mengandung zat yang disebut kurkuminoid dan zat ini dapat digunakan untuk mencegah peradangan dan juga menjadi antioksidan bagi jerawat. Zat tersebut akan membantu mengecilkan jerawat dan juga menghilangkan kotoran pada jerawat.

Menggunakan kunyit sebagai masker wajah bisa memberikan cukup zat antioksidan yang dapat melindungi wajah dari jerawat. Selain itu menggunakan masker kunyit juga dapat mencerahkan kulit wajah.

5. Menghilangkan Bekas Jerawat

Bagi Anda yang memiliki wajah berjerawat, pastinya Anda akan resah karena selain memiliki rasa nyeri di wajah, jerawat juga bisa menimbulkan bekas. Biasanya bekas jerawat akan berwarna hitam seperti flex hitam. Bekas jerawat akan mengganggu penampilan wajah cantik Anda.

Cara alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat secara aman dan cepat yaitu dengan menggunakan masker kunyit untuk wajah. Kunyit sudah terbukti dapat menghilangkan bekas jerawat secara alami dan juga cepat. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, Anda harus menggunakan masker kunyit secara teratur.

Untuk menghilangkan bekas jerawat dan mencerahkan kulit wajah, Anda bisa membuat masker wajah dari kunyit. Cara membuat masker wajahnya yaitu dengan mencampurkan dua sendok teh bubuk cendana, ½ cangkir tepung kacang, dua sendok teh bubuk kunyit, dan sedikit minyak almond. Kemudian campurkanlah sedikit air ke dalam adonan tersebut.

Setelah itu, aduklah hingga merata sampai adonan tersebut berbentuk pasta. Setelah adonan selesai, langkah berikutnya yaitu dengan mengoleskannya pada wajah dan tunggulah sampai kering kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilaslah hingga bersih dengan menggunakan air.

6. Mengatasi Kulit Kering

Selain mengatasi masalah jerawat, kunyit juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah kecantikan wajah lainnya seperti untuk melembabkan kulit kering. Memiliki kulit kering pada wajah juga akan mengganggu penampilan Anda. Untuk mengatasi masalah kulit kering pada wajah, Anda bisa mencoba masker kunyit untuk wajah.

Cara membuat masker kunyit untuk wajah kering yaitu dengan mencampurkan satu sendok teh kunyit bubuk dengan satu sendok makan susu bubuk dan air secukupnya. Adukalah hingga rata samapi berbentuk seperti pasta, kemudian oleskan pada wajah dan tunggulah hingga kering kurang lebih 10 sampai 15 menit.

7. Kunyit Mengatasi Masalah Pigmentasi

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, manfaat dari kunyit untuk kecantikan berikutnya yaitu mengatasi masalah pigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Anda bisa menggunakan masker kunyit untuk mengatasi pigmentasi.

Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan bubuk kunyit secukupnya dengan jus timun. Lalu oleskanlah pada wajah dan tunggu hingga kering yaitu antara 20 sampai 30 menit. Kemudianlah bilas dengan air bersih sampai bersih.

Selain 7 manfaat yang telah disebutkan di atas, masih ada manfaat lain yang bisa diperoleh dengan menggunakan masker wajah dari kunyit. Manfaat lainnya seperti menjadikan kulit wajah lebih elastis, mencegah penuaan dini, mengangkat sel kulit mati, dan dapat menghilangkan bulu di wajah.

Anda bisa mencoba menggunakan masker kunyit supaya kulit wajah Anda bisa sehat dan terbebas dari jerawat atau masalah wajah lainnya. Selamat mencoba. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *