Skip to main content

Manfaat Jamu Kunyit Asam Untuk Kesehatan

Manfaat Jamu Kunyit Asam telah dikenal sejak lama mulai dari zaman dahulu hingga kini. Tanaman kunyit telah banyak dikonsumsi mulai dengan cara merebusnya hingga menjadi minuman herbal atau memarutnya agar bisa menjadi bahan alami minuman jamu.

Manfaat kunyit ternyata tidak hanya sekadar sebagai bahan kecantikan yang mampu membuat wajah Anda menjadi bersinar, kencang, dan langsat. Namun, lebih jauh, mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan Anda.

1. Meredam Racun Dalam Tubuh

manfaat jamu kunyit asem
http://kabarinews.com/

Salah satu manfaat yang ada dalam kunyit adalah ia mampu meredam racun yang mungkin ada di dalam tubuh Anda. Kunyit asam yang dikonsumsi secara rutin mampu membuat racun yang terendap menjadi netral dan mampu dikeluarkan secara alami didalam tubuh.

2. Menurunkan Berat Badan

jamu penurun barat badan
http://www.harianindo.com/

Mengkonsumsi minuman herbal dari kunyit asam seperti jamu mampu menurunkan berat badan Anda secara perlahan. Ramuan jamu ini adalah ramuan jamu alami yang sangat cocok untuk diet penurunan badan yang banyak dilakukan oleh wanita masa kini.

Dari pada menggunakan obat-obat diet yang belum tentu aman, lebih menyehatkan dan lebih aman bila Anda mencoba melakukan diet Anda dengan menggunakan diet jamu. Diet jamu ini dilakukan dengan mengkonsumsi secara rutin minuman jamu khususnya yang terbuat dari kunyit.

Jamu kunyit ini akan membuat Anda merasa tidak terlalu lapar juga dapat mencegah Anda mengkonsumsi camilan secara berlebihan. Selain sebagai minuman pelangsing, kunyit asam juga dipercaya mampu mengatasi infeksi pada kulit seperti luka bakar atau radang tenggorokan.

3. Meringankan Nyeri Haid

jamu untuk nyeri haid
http://kotakamal.org/

Tidak hanya itu, khasiat yang paling umum yang paling banyak dikenal apalagi di kalangan wanita adalah khasiat jamu kunyit yang mampu membuat rasa nyeri haid menjadi berkurang. Kunyit asam dipercaya mampu memperlancar siklus haid menjadi lebih lancar dan tidak terasa sakit.

Oleh karena itu, para orang tua selalu menyarankan untuk mengkonsumsi jamu khususnya yang terbuat dari kunyit kepada putrinya. Manfaat yang ada dalam ramuan herbal ini ternyata juga sampai pada hal kecantikan diri.

4. Ramuan Kunyit Asam untuk Kecantikan Diri

kunyit asam untuk kecantikan
http://hariansehat.com/

Ramuan yang terbuat dari kunyit, katakanlah seperti jamu atau bahkan perasan parutan kunyit ternyata mampu dimanfaatkan untuk kecantikan tubuh. Parutan kunyit yang dioleskan ke wajah dipercaya mampu membuat kulit wajah menjadi lebih cerah dan lebih kencang.

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh

meningkatkan daya tahan tubuh
http://www.simplyfreshlaundry.com/

Selain itu, minuman yang terbuat dari rebusan kunyit dan asam dapat membuat imunitas tubuh menjadi meningkat. Ia juga mampu memperlambat proses penuaan sehingga membuat Anda tampak lebih muda dan segar. Proses peremajaan kulit yang terjadi menjadi lebih cepat.

6. Menghilangkan Bau Badan

jamu kunyit untuk menghilangkan bau badan
http://www.satujam.com/

Kunyit asam juga mampu membuat kepercayaan diri Anda meningkat. Lebih – lebih bila Anda termasuk orang yang memiliki masalah bau badan. Dengan meminum ramuan ini, Anda terhindar dari bau badan karena zat yang terkandung dalam kunyit asam mampu bekerja dengan baik.

Lantas bagaimana cara membuat ramuan herbal yang benar yang terbuat dari bahan kunyit yang dicampur dengan asam ini? Ternyata cara membuatnya tidaklah sulit. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut.

7. Cara Membuat Ramuan Jamu Kunyit Asam

manfaat jamu kunyit asam
www.money.id

Pertama-tama siapkan beberapa bahan-bahan yang dibutuhkan seperti kunyit segar sekitar ½ kg, gula jawa atau gula aren sebanyak ¼ kg, asam jawa sebanyak ½ buah, lalu air sebanyak 2 liter dan terakhir garam secukupnya.

Langkah yang dapat Anda ambil adalah dengan membersihkan terlebih dahulu kunyit dengan air lalu mengupasnya. Setelah terkupas seluruhnya Anda dapat memarutnya dan memblender kunyit tersebut dengan air dan mengambil sarinya.

Selanjutnya rebuslah sari kunyit dari perasan parutan tadi dengan air sebanyak 2 liter lalu masukkan gula jawa atau gula aren yang telah dihancurkan. Aduk rata dan masukkan pula asam serta sedikit garam lalu aduklah hingga mendidih. Tunggulah hingga dingin dan jamu siap dikonsumsi.

Demikianlah beberapa manfaat jamu kunyit asam yang dapat membantu kesehatan dan kecantikan Anda. Ditambah pula dengan satu tips menarik bagaimana cara membuat ramuan jamu dari bahan kunyit asam. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *