Skip to main content

Manfaat Daun Sirsak Untuk Asam Urat dan Kesehatan

Alam menyediakan segala yang kita butuhkan jika kita mau memanfaatkannya dengan benar dan bijaksana. Seperti halnya manfaat daun sirsak untuk asam urat. Asam urat merupakan penyakit yang tidak hanya dapat menimpa orang yang sudah lanjut usia saja, karena dewasa muda pun bisa terkena asam urat.

Gejalanya adalah nyeri pada persendian. Jangan memaksakan diri jika tidak terbiasa mengkonsumsi obat-obat kimia. Terlebih lagi pengobatan yang alami merupakan alternatif yang terbaik untuk menghindari efek samping yang ditimbulkan.

Penyebab penyakit asam urat antara satu orang dan orang lainnya dapat berbeda. Jelasnya kadar asam urat seseorang sangat tinggi.

Pemicu kadar asam urat yang tinggi diantaranya yaitu karena kegemukan, terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung purin, banyak minum beralkohol, tekanan darah tinggi, diabetes, keturunan, dan memang paling beresiko adalah yang sudah lanjut usia.

Namun begitu, manfaat daun sirsak untuk asam urat dapat dirasakan oleh siapapun yang mengalami asam urat, baik laki-laki maupun perempuan. Nah, untuk mendapatkan manfaat nyata maka perlu diracik obat alami dari daun sirsak, seperti berikut ini.

#1 Sirup Daun Sirsak

khasiat sirup daun sirsak untuk asam urat
http://graviolapower.com/

Siapkan 10 lembar daun sirsak, kemudian dicuci sampai bersih, gunakanlah air yang mengalir. Potong daun sirsak menjadi beberapa bagian agar sarinya dapat keluar secara maksimal ketika bercampur dengan air. Rebus daun sirsak yang sudah dipotong tersebut bersamaan dengan dua gelas air.

Biarkan sampai mendidih dan airnya menjadi satu gelas saja. Ambil manfaat daun sirsak untuk asam urat ini dengan meminumnya setiap hari, pagi dan malam.

#2 Membuat Teh Daun Sirsak

manfaat teh daun sirsak untuk asam urat
http://www.herbalteasonline.com/

Manfaat daun sirsak untuk asam urat bisa didapatkan dengan membuat teh daun sirsak. Caranya adalah dengan menjemur daun sirsak sampai kering. Setelah itu simpan pada tempat yang tertutup.

Ketika akan mengkonsumsinya, caranya diseduh seperti menyeduh teh. Tambahkan madu agar rasa lebih manis. Manfaat daun sirsak kering ini sama seperti manfaat sirup daun sirsak.

#3 Kopi Daun Sirsak

manfaat kopi daun sirsak untuk asam urat
http://cushfood.com/

Cara membuat kopi dari daun sirsak sebenarnya hampir sama dengan teh daun sirsak. Hanya saja, daun sirsak yang sudah kering ditumbuk menjadi halus.

Cara menyeduhnya seperti menyeduh kopi dengan air hangat, bisa ditambahkan gula merah. Aduk-aduk kopinya kemudian kamu bisa meminumnya setelah ampasnya di bawah, atau bisa juga disaring.

***

Sebenarnya tidak hanya manfaat daun sirsak untuk asam urat yang bisa didapatkan tetapi juga bisa untuk mengobati kolesterol dan diabetes. Beragam manfaat ini didapatkan karena daun sirsak mengandung banyak kandungan yang baik untuk tubuh.

Daun sirsak mengandung serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan, melindungi usus, dan mengontrol kolesterol di dalam tubuh. Dengan begitu, akan didapatkan berat badan yang seimbang sesuai yang diharapkan.

Vitamin C juga terdapat pada daun sirsak, tidak hanya pada buahnya saja. Vitamin C merupakan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang cukup, tidak kurang dan tidak lebih.

Jadi, mengkonsumsi obat herbal dari daun sirsak tidak hanya akan memberikan manfaat daun sirsak untuk asam urat tetapi memenuhi asupan kebutuhan vitamin C kita. Fosfor, kalium, dan kalsium tidak ketinggalan.

Kandungan ini sangat dibutuhkan oleh tulang dan gigi. Jadi mulai dari sekarang jangan ragukan manfaat daun sirsak untuk kesehatan.

Sebenarnya ketika kita tidak sakit pun, mengkonsumsinya diperbolehkan bahkan sangat baik untuk kesehatan. Apalagi bagi seseorang yang sedang ingin menurunkan kolesterol maupun berat badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *