Kegunaan Obat Penisilin, Antibiotik Sejuta Umat

Posted on

Penisili merupakan obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri. Kegunaan Obat Penisilin untuk membunuh bakteri penyebab infeksi atau menghentikan pertumbuhannya. Beberapa kondisi yang dapat diobati dengan obat ini meliputi radang tenggorokan akibat infeksi streptococcus, demam rematik, dan aktinomikos. Adapun merk dagang obat penisilin diantaranya Procaine Benzyl Penicillin, Phenoxymethyl Penicillin, Fenocin, Procaine Penicillin G Meji, Penicillin V, Penraf, dan lainnya.

Bentuk Obat Penisilin

Kegunaan Obat Penisilin (3)

 

Obat penisilin tersedia dalam bentuk beragam, antibiotik ini memiliki bentuk tablet, kapsul, serbuk, injeksi, dan cairan infus. Obat penisilin digunakan harus sesuai dengan resep dan anjuran Dokter. Obat enisilin dalam bentuk tablet dan kapsul dapat digunakan sendiri secara oral. Namun, obat penisilin dalam bentuk injeksi dan cairan infus penggunaannya membutuhkan tenaga medis yang dilakukan di klinik atau rumah sakit.

Jika menggunakan obat penisilin dalam bentuk tablet atau kapsul, maka simpan obat penisilin ditempat yang kering dan tidak menyimpan di tempat yang terkena paparan matahari langsung, sebab dapat mengubah struktur kimia dan cara kerja obat penisilin.

Kegunaan Obat Penisilin, Antibiotik Sejuta Umat

Kegunaan Obat Penisilin (1)

Kegunaan Obat Penisilin adalah untuk mengobati berbagai penyakit infeksi yang diakibatkan oleh bakteri-bakteri tertentu. Kondisi yang dapat diobati menggunakan obat penisilin seperti radang tenggorokan akibat infeksi Streptococcus, demam rematik, Aktinomikos, Sipilis atau Raja singa dan lainnya.

Jenis dan dosis penggunaan obat penisilin dapat berbeda berdasarkan kondisi yang diderita pasien. Dalam penggunaan obat ini, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan Dokter sebelum menggunakan obat Penisilin.

Cara Kerja Obat Penisilin

Cara Kerja Obat

Obat penisilin tergolong ke dalam obat antibiotik yang memiliki kandungan zat diproduksi oleh mikroba seperti fungi. Zat yang dihasilkan mikroba tersebut dapat menghambat pertumbuhan atau membunuh bakteri. Cara kerja obat penisilin dengan menghambat pembentukan dinding sel bakteri dan penggabungan asam N-asetilmuramat non esensial ke dalam struktur mukopeptida yang membuat sel menjadi kaku dan kuat. Dengan demikian, bakteri akan mengalami gangguan dan mati.

Indikasi Obat Penisilin

Indikasi Obat Penisilin

Indikasi obat penisilin tergantung pada jenis golongan, sebab cara kerja obat penisilin berbeda dan tidak bekerja aktif untuk semua jenis bakteri. Obat penisilin dalam golongan Benzilpenisilin dan Fenoksimetilpenisilin memiliki indikasi penggunaan pada penyakit infeksi yang disebabkan bakteri streptokokus, pneumokokus, dan meningkokus. Selain itu, dapat juga mengobati infeksi tenggorokan, infeksi mulut, difteri penyakit Iyme pada anak, gangen gas, endokarditis, antraks, dan lainnya.

Golongan penisilin tahan penisiliase digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan stafilokokus penghasil penisilinase. Penyakit infeksi ini seperti otitis eskterna, impetigo, selulitis, endokarditis, dan terapi tambahan pada pneumonia.

Kegunaan Obat Penisilin dalam golongan penisilin spektrum luas digunakan pada masalah infeksi seperti meningitis, infeksi saluran kemih, sinusitis, bronkitis, infeksi mulut, infeksi Haemophillus influenza, salmonellosis invasif, dan lainnya.

Obat penisilin dalam golongan antipseudomonas digunakan untuk mengobati beberapa jenis penyakit infeksi berat yang disebabkan Pseudomonas aeruginosa dan bakteri gram negatif, seperti Proteus spp dan Bacteroides fragilis.

Sedangkan obat penisilin dalam golongan mesilinam digunakan untuk mengobati penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri gram negatif meliputi Eschericia coli, Klebsiella, Enterobacter, dan Salmonella. Beberapa penyakit yang disebabkan bakteri tersebut, seperti bakteriuria dan sistitis akut tanpa komplikasi.

Itulah beberapa Kegunaan Obat Penisilin, akan tetapi pasien yang memiliki alergi terhadap obat penisilin tidak dapat menggunakan obat penisilin. Selainitu, beberapa jenis obat penisilin memiliki kontradiksi dengan kekurangan karnitin, disfungsi hati, dan riwayat jaundice. Obat penisilin tidak dianjurkan untuk bayi dibawah 3 bulan, ibu hamil, dan ibu menyusui. Obat ini akan diserap oleh ASI dan akan mempengaruhi komposisi ASI sehingga tidak baik untuk bayi menyusui. Konsultasikan dengan Dokter sebelum menggunakan obat Penisilin.

Kegunaan Obat Penisilin, Antibiotik Sejuta Umat

5.0
Gravatar Image
Alwib.net merupakan official blog yang diwujudkan dengan tujuan untuk memberikan konten-konten informasi dalam berbagai kategori yang ditujukan untuk semua orang sehingga setiap orang yang mengunjungi blog ini dapat menikmati informasi terbaik dan terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *