Cara Unlock Bootloader Smartphone Xiaomi Semua Tipe

Posted on

Cara Unlock Bootloader Smartphone Xiaomi – Xiaomi memang adalah salah satu smartphone Android yang cukup populer di Indonesia. Salah satu alasan kenapa banyak orang Indonesia suka dengan smartphone Xiaomi ini adalah karena harganya yang cukup terjangkau namun tetap bisa memberikan spesifikasi diatas rata-rata.

Namun selain masalah harga, ternyata ada alasan lain kenapa banyak orang Indonesia memilih meminang smartphone Xiaomi dibandingkan mereka smartphone Android lain. Alasannya adalah karena smartphone Xiaomi itu juga sangat mudah dimodifikasi sistemnya.

Jika anda mau melakukan modifikasi sistem Android di smartphone Xiaomi, anda hanya perlu unlock bootloadernya saja. Cara unlock bootloader di smartphone Xiaomi sendiri juga sangat mudah karena memang difasilitasi oleh Xiaomi sendiri.

Cara Unlock Bootloader Smartphone Xiaomi

Apakah anda juga sedang ingin mencoba melakukan modifikasi pada sistem Android di smartphone Xiaomi yang anda miliki? Sebelum mulai memodifikasi, pelajari dulu cara unlock bootloader smartphone Xiaomi di dalam artikel ini.

Cara Unlock Bootloader Smartphone Xiaomi

Apa yang Dimaksud Dengan Unlock Bootloader di Smartphone Xiaomi?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara unlock bootloader, anda harus tau terlebih dahulu mengenai apa itu unlock bootloader atau yang lebih dikenal dengan singkatan UBL.

Yang dimaksud dengan unlock bootloader adalah proses membuka kunci file bootloader dari sistem UI smartphone Android. Jika tidak dilakukan proses UBL, maka anda tidak akan bisa melakukan modifikasi apapun pada sistem Android di dalam smartphone Xiaomi yang anda miliki.

Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan Setelah Melakukan Unlock Bootloader di Smartphone Xiaomi

Ya, memang setelah mengetahui cara unlock bootloader, anda bisa melakukan modifikasi pada smartphone Xiaomi yang anda miliki.

Namun apa manfaatnya melakukan proses UBL pada smartphone Xiaomi anda jika mau dibandingkan dengan yang tidak melakukannya?

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan ketika berhasil melakukan unlock bootloader di smartphone Xiaomi yang anda miliki:

  • Bisa dengan mudah mengganti ROM yang digunakan di dalam smartphone Xiaomi anda.
  • Sudah bisa melakukan root sepenuhnya pada sistem Android di dalam smartphone Xiaomi.
  • Anda juga sudah bisa menggunakan TWRP maupun XPOSED di dalam sistem recovery smartphone Xiaomi anda.

Jadi secara mudahnya, anda benar-benar memiliki akses 100% kedalam sistem operasi Android di dalam smartphone Xiaomi yang anda miliki setelah melakukan unlock bootloader.

Karena sudah memiliki akses 100%, anda bisa melakukan modifikasi seperti apapun yang anda inginkan.

Macam-Macam Risiko Melakukan Unlock Bootloader Pada Smartphone Xiaomi

Memang benar, setelah mengetahui cara unlock bootloader, anda bisa mendapatkan akses 100% kedalam sistem operasi Android di smartphone Xiaomi yang anda miliki.

Anda bisa menggunakan berbagai macam ROM yang tentunya jauh lebih banyak keunggulannya dibandingkan dengan stock ROM.

Namun demikian, proses unlock bootloader pada smartphone Xiaomi itu juga ada risikonya. Berikut ini adalah beberapa contoh risiko yang harus siap anda tanggung setelah melakukan unlock bootloader atau UBL:

  • Smartphone Xiaomi yang anda miliki menjadi tidak aman lagi digunakan untuk transaksi elektronik. Kenapa? Karena sistem Android di dalam smartphone Xiaomi anda sudah sangat mudah disusupi malware yang bisa mencuri data-data transaksi elektronik yang anda lakukan di smartphone.
  • Anda sudah tidak bisa mengaktifkan berbagai fitur keamanan bawaan dari sistem Android seperti Find My Device, Google Pay, dan juga fitur Find Device bawaan dari MI Cloud Xiaomi.
  • Smartphone Xiaomi yang sudah dalam kondisi UBL juga biasanya juga secara otomatis menghanguskan garansi resminya. Pasalnya, hardware smartphone juga berpotensi mengalami kerusakan ketika pengguna melakukan modifikasi sistem yang cukup ekstrim.
  • Smartphone Xiaomi berpotensi mengalami kondisi mati total karena kesalahan pemasangan ROM baru yang tidak sesuai dengan spesifikasi stock ROM.

Namun sekali lagi, jika anda memang tertarik untuk mencoba merasakan bagaimana performa sistem Android setelah dimodifikasi, mau tidak mau anda harus mempelajari cara unlock bootloader di smartphone Xiaomi.

Apa yang Anda Butuhkan Untuk Unlock Bootloader Smartphone Xiaomi?

Sebelum bisa mencoba cara unlock bootloader smartphone Xiaomi, anda memang harus mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa hal yang anda butuhkan untuk bisa melakukan unlock bootloader dari smartphone Xiaomi:

  • Anda harus sudah memiliki akun MI Cloud

Untuk melakukan unlock bootloader smartphone Xiaomi, anda nantinya akan menggunakan sistem dari Xiaomi. Oleh sebab itu, mau tidak mau anda harus memiliki akun MI Cloud untuk bisa mengakses sistem khusus yang diberikan Xiaomi untuk membuka bootloader di smartphone Androidnya.

  • PC ataupun laptop dengan koneksi internet

Untuk membuka bootloader dari smartphone Xiaomi, anda juga wajib memiliki laptop ataupun komputer. Selain itu, pastikan komputer ataupun laptop anda terkoneksi dengan internet (koneksi internet bukan dari tethering smartphone Xiaomi yang mau dibuka bootloadernya).

  • Kabel data yang berkualitas

Hal ketiga yang anda butuhkan untuk proses unlock bootloader smartphone Xiaomi adalah kabel data. Nantinya kabel data tersebut digunakan untuk menghubungkan antara PC ataupun laptop dengan smartphone.

Oleh sebab itu, pastikan kabel data yang digunakan benar-benar berkualitas atau original sehingga koneksinya tidak terputus di tengah jalan.

Langkah-Langkah Unlock Bootloader Smartphone Xiaomi

Jika semua hal yang dibutuhkan sudah anda persiapkan, maka anda hanya perlu mengikuti cara mudah unlock bootloader semua smartphone Xiaomi yang benar berikut ini:

  1. Akses URL “miui.com/unlock dari browser di PC ataupun laptop anda.
  2. Pilih menu “unlock” yang berada di tengah layar.
  3. Setelah itu, anda akan diminta memasukkan username dan password dari akun MI Cloud yang anda miliki. Masukkan username dan password dari akun MI Cloud anda.
  4. Buat nickname forum (jika belum membuat nickname sebelumnya, maka anda harus membuatnya sekarang).
  5. Isikan data diri seperti nama, negara, nomor HP (dimulai dengan +62 untuk nomor HP Indonesia).
  6. Selain itu, masukkan juga alasan kenapa anda mau melakukan unlock bootloader pada smartphone Xiaomi yang anda miliki (isikan alasannya dalam bahasa Inggris).
  7. Jika semua sudah anda lakukan, ketikkan capcha dan tekan tombol “apply”.
  8. Tunggu SMS yang dikirimkan dari sistem Xiaomi. Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS kedalam kolom yang disediakan di browser.
  9. Setelah itu, tekan tombol “next”.

Ketika anda sudah melakukan semua langkah-langkah tersebut, anda masih belum bisa melakukan unlock bootloader pada smartphone Xiaomi yang anda miliki. Anda harus menunggu ijin dari Xiaomi terlebih dahulu selama kurang lebih 2 sampai 5 hari.

NOTE: Pihak Xiaomi kini telah memperketat ijin penguna smartphone Xiaomi untuk melakukan unlock bootloader. Pembatasan ijin inilah yang menjadi salah satu penyebab gatal kepala pemilik smartphone Xiaomi Indonesia dengan garansi TAM yang gemar melakukan oprek pada hapenya. Mereka harus menunggu selama 360 jam bahkan sampai 720 jam agar akun bound (tertaut) dengan miui.com supaya bisa melakukan proses unlock bootloader.

Jika Xiaomi memberikan ijin untuk anda melakukan unlock bootloader, anda akan mendapatkan SMS. Setelah mendapatkan SMS yang memberikan informasi bahwa anda diijinkan untuk melakukan unlock bootloader di smartphone Xiaomi yang anda miliki, anda bisa mulai melakukan unlock bootloader dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Download terlebih dahulu software MI Unlock dari url “miui.com/unlock.
  2. Pasang software tersebut di dalam PC ataupun laptop anda.
  3. Setelah itu, masuk kedalam menu pengaturan atau setting pada smartphone Xiaomi yang mau anda buka bootloadernya.
  4. Pilih about phone dan cari versi MIUI yang digunakan pada smartphone tersebut. Tekan versi MIUI sebanyak 7 kali untuk masuk kedalam menu pengembang.
  5. Jika sudah masuk dalam menu pengembang, masuk lagi dalam pengaturan dan cari additional setting dan developer option. Setelah itu aktifkan fitur USB Debugging.
  6. Setelah itu, matikan smartphone Xiaomi. Tekan tombol volume bawah dan power secara bersamaan untuk masuk kedalam menu fast boot.
  7. Hubungkan smartphone Xiaomi dengan PC ataupun laptop yang sudah anda pasang software MI Unlock. Setelah terhubung, tekan tombol “unlock” pada software MI Unlock.

Jika anda berhasil menjalankan cara unlock bootloader pada smartphone Xiaomi seperti yang sudah dijabarkan di dalam artikel ini, smartphone Xiaomi yang anda miliki sudah dalam kondisi unlock dan bisa anda modifikasi.

Cara Unlock Bootloader Smartphone Xiaomi Semua Tipe

5.0
Gravatar Image
Alwib.net merupakan official blog yang diwujudkan dengan tujuan untuk memberikan konten-konten informasi dalam berbagai kategori yang ditujukan untuk semua orang sehingga setiap orang yang mengunjungi blog ini dapat menikmati informasi terbaik dan terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *