Bagaimana Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Yang Mudah

Bagaimana cara mengecek saldo BPJS? Tampaknya memang cukup banyak peserta BPJS Ketenagakerjaan yang bingung ketika mereka ingin mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Padahal untuk bisa mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan itu sangat mudah dan bahkan bisa dilakukan dengan beberapa cara, setidaknya ada 4 cara yang bisa dilakukan. Apa saja caranya? Simak saja ulasan lengkapnya berikut ini.

Tips Bagaimana Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Bagi Anda yang mau melakukan klaim pencairan BPJS Ketenagakerjaan,  tentunya harus mengetahui terlebih dahulu berapa besar saldo JHT yang akan dicairkan. Kalau saldonya cuma ada puluhan ribu rupiah, ngapain juga repot-repot mengajukan klaim. Tapi kalau sudah puluhan tahun bekerja namun saldonya hanya ada puluhan atau ratusan ribu rupiah, berarti ada masalah tuh dengan bagian keuangan perusahaan.

Untuk mengetahui saldo BPJS, Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini.

1. Menggunakan Website

Cara yang pertama adalah dengan mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan online dengan mengakses website utamanya.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah buka website BPJS Ketenagakerjaan. Kemudian, geser ke bawah dan lanjutkan dengan memilih “Layanan Peserta Tenaga Kerja”. Setelah itu klik tombol masuk.

Cara-Mengecek-Saldo-BPJS-Ketenagakerjaan-dengan-website

  • Setelah Anda masuk ke menu utama “Layanan Peserta Tenaga Kerja” Anda lanjutkan dengan memilih BPJSTKU.
  • Cara-Mengecek-Saldo-BPJS-Ketenagakerjaan-dengan-website-2
  • Selanjutnya, buat akun dan setelah itu Anda dapat langsung melakukan login untuk mencari tahu informasi saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda.
Baca Juga:  Cara Daftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan Yang Ampuh 100% Berhasil

2. Cara Mengecek Saldo BPJS Lewat SMS

Selain melakukan pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan di website, Anda juga bisa mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat SMS. Bagaimana cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat SMS? Caranya sangat mudah, Anda tinggal mengirimkan pesan SMS dan kemudian tunggu beberapa menit balasan dari pihak BPJS Ketenagakerjaan yang berupa informasi saldo BPJS Anda.

Berikut ini langkah-langkah mengirimkan pesan SMS ke BPJS Ketenagakerjaan untuk mengetahui informasi saldo BPJS:

  • Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu agar dapat menggunakan layanan SMS informasi saldo BPJS. Caranya dengan mengirim pesan dalam format: DAFTAR <spasi> SALDO#Nomor KTP#Tanggal Lahir (DD-MM-YYYY)#No Peserta#Email (kalau ada).
  • Kemudian, pesan SMS tersebut kirim ke nomor 2725
  • Jika sudah terdaftar, namun Anda bisa langsung mengirimkan pesan untuk dapat mengetahui berapa saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda. Pesan SMS yang dikirim harus dalam format : SALDO <Nomor Peserta>
  • Selanjutnya kirim pesan tersebut ke nomor 2757

3. Menggunakan BPJSTKU Mobile

Cara-Mengecek-Saldo-BPJS-Ketenagakerjaan-dengsn-BPJSTKU

Cara ketiga yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat HP Android adalah dengan mengeceknya di BPJSTKU Mobile. Untuk melakukan proses pengecekan saldo ini, caranya adalah sebagai berikut :

Untuk bisa mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi BPJSTKU Mobile, terlebih dahulu Anda perlu mendownload dan menginstall aplikasi BPJSTKU Mobile. Aplikasi tersebut bisa Anda dapatkan di Play Store ataupun App Store.

Baca Juga:  Tips Wawancara Verifikasi Dokumen Klaim BPJS Ketenagakerjaan Dengan Video Call WA

Selanjutnya setelah aplikasi BPJSTKU Mobile terdownload dan terinstall ke dalam smartphone, Anda harus membuat akun dengan cara melakukan proses pendaftaran, atau agar lebih praktis Anda bisa melakukan login menggunakan akun Gmail. Setelah itu, lanjutkan dengan memasukkan kode verifikasi yang akan dikirim ke alamat e-mail Anda.

Langkah berikutnya Anda perlu memasukkan PIN aktivasi dari email Anda dan masukkan PIN tersebut untuk masuk ke akun Anda. Setelah itu masukkan data-data pribadi sesuai KTP, mulai dari nomor KTP, nama, tanggal lahir dan lain sebagainya. Lalu, masukkan pula nomor KPJ atau nomor kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Jangan lupa, masukkan juga nomor handphone Anda, masukkan pula kode verifikasi yang akan dikirim lewat SMS dan setelah itu barulah Anda bisa mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan.

4. Mengecek Saldo BPJS di Kantor BPJS

Selain ketiga cara diatas, Anda juga dapat mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan langsung di kantor BPJS yang ada di daerah tempat tinggal Anda. Lalu, bagaimana cara mengecek saldo BPJS langsung di kantor BPJS?

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu datang ke kantor BPJS sambil membawa kartu BPJS Ketenagakerjaan. Di sana Anda akan bertemu dengan petugas dan kemudian Anda bisa langsung meminta pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan menunjukkan kartu BPJS Anda ke petugas tersebut.

Besar Pengembangan per Tahun

Iuran bulanan Jaminan Hari Tua (JHT) seluruh peserta akan dikembangkan oleh BPJS Ketenagakerjaan, dimana hasil pengembangannya akan dibagikan setiap tahun dengan besaran 7%. Mantap sekali pengembangannya, kan.  Sama seperti kita menabung dengan bunga 7% pertahun, namun untuk saat ini jarang sekali ada bank yang mau memberikan bunga sebesar itu. BTPN Jenius yang admin pakai, hanya mau memberikan bungan maksimal sebesar 5% saja.

Baca Juga:  Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Tanpa Harus Ribet

Jadi produk JHT dari BPJS ini bisa kita anggap sebagai investasi pasif yang terjamin keamanannya oleh Pemerintah dan bisa diambil saat kita sudah pensiun atau resign dari perusahaan.

Anda juga bisa melakukan simulasi perhitungan JHT di website atau aplikasi BPJSTKU. Silahkan login ke akun BPJS Anda, kemudian pilih menu “Simulasi”.

Sekian informasi mengenai cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang bisa dilakukan dengan 4 cara di atas. Alwib.net juga telah membahas tips mengenai Cara Daftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan Yang Ampuh 100% Berhasil dan Tips Wawancara Verifikasi Dokumen Klaim BPJS Ketenagakerjaan Dengan Video Call WA yang sangat membantu Anda dalam melakukan klaim pencairan BPJS Ketenagakerjaan.

Bagaimana Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Yang Mudah

-

Leave a Reply

Your email address will not be published.