Skip to main content

Cara Menangkap Tikus yang Cukup Jitu

Siapa sih yang tidak sebel ketika tikus berkeliaran di dalam rumah? Tikus suka bersembunyi di tempat-tempat gelap yang ada di ruangan rumah kita. Berbagai cara menangkap tikus sudah dilakukan namun belum juga berhasil mengusir mereka.

Terlebih lagi jika tikus buang air kecil maka baunya tentu akan kemana-mana. Tikus juga suka meninggalkan sisa-sisa makanan sehingga berceceran di lantai. Bau tikus juga sangat menyengat, terkadang seperti gas sehingga menimbulkan aroma tidak sedap di rumah.

Semua jenis tikus cukup mengganggu keberadaannya. Maka baik tikus besar maupun kecil harus kita basmi. Nah, jika kamu sudah sangat direpotkan dengan kehadiran si tikus ini, kini saatnya kamu membuat gebrakan baru cara menangkap tikus dengan cepat.

Ada beberapa cara mengusir tikus di rumah yang bisa kamu lakukan, kamu bisa memilih salah satu yang paling mudah atau mencoba semuanya. Niscaya tikus kecil maupun besar akan jera dan tidak berani lagi ke rumahmu. Adapun langkah menangkap tikus ini bisa dilakukan dengan cara berikut ini.

#1 Menggunakan Botol Air Mineral

cara menangkap tikus dengan botol
www.youtube.com

Botol air mineral yang tidak terpakai, jangan buru-buru dibuang. Selain dapat didaur ulang menjadi beraneka ragam kreasi kerajinan tangan, ternyata botol bekas ini juga bisa digunakan sebagai cara menangkap tikus. Caranya adalah dengan menyiapkan botol air mineral bekas, karet gelang, lidi, dan umpan.

Botol air mineral diiris bagian kepalanya jangan sampai putus, kemudian dengan lidi dan karet gelang buatlah jebakan di dalam botol. Masukkan umpan di dalam botol. Maka ketika tikus akan mengambil umpan akan terkena jebakan.

Kemudian jika tikus sudah masuk jebakan, kamu bisa menutup bagian botol yang sudah diiris, dilakban kemudian dibuang bersamaan dengan tikus di dalamnya.

#2 Menggunakan Ember dan Kaleng Soda Bekas

cara menangkap tikus dengan ember
www.youtube.com

Kamu harus mengorbankan satu ember sebagai cara menangkap tikus. Caranya dengan membuat lubang pada kanan kiri ember. Botol kaleng soda dilubangi bagian atas dan bawahnya. Siapkan kayu kecil dan masukkan pada botol kaleng soda.

Pasang kayu ditengah ember dengan memasukkannya ke lubang ember di bagian kanan dan kiri. Masukkan air sampai seperempat ember. Letakkan umpan di kaleng soda. Terakhir siapkan kayu atau benda untuk naik tikus sampai ke permukaan ember.

Cara kerjanya adalah tikus akan mengambil umpan lalu berputar-putar di kaleng soda seperti sirkus sampai akhirnya ia capek, jatuh ke air, kemudian mati. Namun cara ini kurang efektif jika digunakan sebagai cara menangkap tikus besar karena tikus besar seringkali bisa melompat dari ember.

#3 Dengan Kardus Bekas dan Lem Tikus

cara menangkap tikus dengan lem dan kardus
www.alibaba.com

Cara menangkap tikus dengan murah berikutnya adalah menyiapkan kardus bekas dan lem tikus. Jadi kamu beri lem di dalam karton tersebut. Setelah itu masukkan umpan agar tikus mau mendekati karton. Jadi ketika tikus mendekati umpan maka ia tidak bisa bergerak lagi karena terkena lem tikus.

Nah, dari beberapa cara menangkap tikus di atas, mana yang paling mudah untuk kamu praktekkan? Memang yang paling mudah dan sederhana adalah yang terakhir karena kamu tidak perlu menyiapkan jebakan sedemikian rupa seperti pada cara 1 dan 2.

Namun jika cara yang ketiga tersebut sudah sering digunakan maka tikus akan hafal sehingga tidak mau mendekati kardus.

Membasmi tikus sebenarnya adalah kebutuhan, karena tikus dapat membawa banyak penyakit. Apalagi tikus sangat menyukai tempat-tempat yang kotor. Oleh sebab itu, mulai dari sekarang jangan menyerah untuk membasmi tikus. Pergunakan cara menangkap tikus diatas untuk mengusirnya.

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *