15 Cara Membuka Website Yang Diblokir Paling Efektif Yang Wajib Dicoba

Halo sobat Alwib, semoga Anda dalam keadaan sehat dan berbahagia selalu saat membaca artikel ini. Di kesempatan kali ini Alwib mempunyai lebih dari satu tips dimana Anda mungkin akan bertanya-tanya tentang cara membuka website yang diblokir yang sangat Anda cari-cari untuk dilakukan. Sebelum website diblokir oleh pemerintah, beberapa website dapat dengan mudah diakses dari perangkat digital Anda. Sekarang pembatasan semakin ketat dari waktu ke waktu, Anda mungkin kesulitan mengakses lebih dari satu website. Semua masalah ini dapat diselesaikan dengan mudah jika Anda tahu cara membuka blokir website tertentu ini. Jika Anda kesulitan mengakses website tertentu dari kantor atau sekolah Anda, maka cobalah trik cara membuka website yang diblokir dalam artikel ini. Tekniknya tidak serumit kedengarannya. Untuk membuatnya berfungsi, Anda hanya perlu memperhatikan apa yang dimiliki komputer atau perangkat smartphone Anda.

Ada wacana dimana para developer PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik) Lingkup Privat baik lokal maupun mancanegara yang ada di Indonesia diwajibkan untuk mendaftarkan diri ke Kominfo. Beberapa PSE Lingkup Privat asing yang besar di Indonesia contohnya YouTube, Netflix, Google, Instagram, Facebook, Whatsapp dan yang lainnya diberikan batas waktu mendaftar sampai dengan tanggal 20 Juli 2022. Lantas apa yang akan terjadi jika mereka tidak mau mendaftarkan diri sampai batas waktu yang telah ditentukan? Apakah Kominfo akan memblokir semua layanan tersebut sehingga tidak bisa diakses oleh warga Indonesia?

15 Cara Membuka Website Paling Efektif Yang Wajib Dicoba

Cara-Membuka-Website-Yang-Diblokir

Apapun hasilnya nanti, kita harus mempersiapkan diri menghadapi keadaan terburuk. Nah, Alwib telah menyusun daftar cara membuka website yang diblokir secara efektif di bawah ini. Silahkan simak beberapa pilihan yang telah kami sediakan untuk mendapatkan akses ke website yang diblokir. Beberapa tips sebagian besar telah diketahui oleh para pengguna yang mengerti tentang internet. Daftar di bawah ini mencakup cara membuka website yang diblokir menggunakan VPN, ekstensi search engine, pengaturan DNS, website proxy, dan banyak lagi tips lainnya.

Tanpa basa-basi lagi, mari kita simak daftar cara membuka website yang diblokir paling efektif di bawah ini.

Membuka Website Yang Diblokir Menggunakan VPN

Ini mungkin metode cara membuka website yang diblokir yang paling dikenal oleh pengguna internet. Untuk mendapatkan akses ke situs web yang diblokir, Anda harus menggunakan VPN. Tiga kata yang merupakan singkatan dari Virtual Proxy Network memberi Anda akses untuk menghubungkan gadget elektronik Anda ke koneksi yang aman. Dengan kata lain, perangkat Anda akan terhubung ke jaringan lain melalui internet. Koneksi aman akan memungkinkan Anda untuk membuka blokir situs web tertentu dari jaringan rumah Anda sekaligus menautkan alamat IP perangkat Anda ke tempat lain.

Ada banyak cara untuk menggunakan VPN. Jika Anda menggunakan smartphone, maka Anda dapat mencari aplikasi VPN. Ini akan bekerja dengan baik untuk membuka blokir situs web yang dibatasi di mana-mana. VPN bekerja seperti poros yang mengubah data Anda menjadi nilai sampah. Itu membuat sulit bagi sistem apa pun untuk dideteksi. Selain aplikasi, Anda juga dapat mencari VPN gratis atau bahkan membelinya dengan harga murah yang secara efisien akan memberi Anda akses ke situs web yang dibatasi.

Baca Juga
Cara Memakai Kuota 4G di HP 3G Tanpa Beli HP Baru

Membuka Website Yang Diblokir Menggunakan Website Proxy

ProxySite

Anda mungkin memperhatikan bahwa beberapa situs yang biasanya dapat Anda akses dibatasi di tempat kerja. Sebagian besar waktu, kantor mengatur pemblokiran dalam hal mengakses website tertentu. Ketika melakukan pembatasan website, sebagian besar kantor memilih seperti streaming video, jejaring sosial, atau beberapa situs chat pribadi untuk diblokir. Jika Anda membutuhkan waktu untuk bersantai, website ini dengan mudah bisa diakses jika Anda menggunakan website proxy.

Meski terdengar ironis, website proxy telah terbukti berguna untuk melewati pembatasan yang dipasang di situs tertentu. Ketika mengalami situasi yang mendesak, website proxy dapat membantu Anda membuka blokir website yang ingin Anda akses dalam satu menit. Namun demikian, Anda harus memperhatikan bahwa website proxy mungkin tidak seaman cara membuka website yang diblokir lainnya dalam daftar ini. Jika Anda memiliki data penting di perangkat Anda, pertimbangkan untuk menggunakan metode lain untuk mendapatkan akses ke website yang diblokir.

Jika Anda mencari melalui internet, ada banyak website proxy yang dapat Anda temukan yang bisa Anda gunakan. Beberapa situs yang bekerja dengan sempurna adalah Proxysite.com dan Free-Proxy.com. Website ini akan mudah membuka website yang dibatasi dari ISP Anda. Dengan demikian, browser Anda dapat mengelola untuk membuka website yang diblokir tersebut.

Membuka Website Yang Diblokir MenggunakanIP Website

Command prompt

Sudah menjadi pengetahuan dasar bahwa setiap situs web memiliki URL dan alamat IP sendiri. Karena beberapa ISP memblokir URL situs web saja, IP situs web tersebut masih dapat mengatur untuk bebas diakses. Dengan kata lain, Anda dapat mengakses situs web yang diblokir hanya dengan mengetikkan IP websitenya alih-alih URL.

Untuk mendapatkan alamat IP untuk setiap situs web, Anda harus mengoperasikan perintah ping namadomain dari Command Prompt di komputer Anda.

  • Pertama, akses Command Prompt di komputer Anda.
  • Kemudian, ketik perintah ping namadomain dan tekan Enter. Jendela Command Prompt akan menunjukkan alamat IP situs yang Anda ketik.
  • Terakhir, coba salin alamat IP dan paste ke kolom alamat di browser. Tekan Enter untuk mengakses website tersebut.

Jika situs web tidak terbuka setelah Anda mengetikkan IP, berarti ISP juga memblokir IP situs tersebut. Atau, gunakan cara lain untuk mendapatkan akses ke website yang diblokir ini.

Mengubah Network Proxy Browser

Mengubah Network Proxy Browser

Sangat memungkinkan bahwa browser Anda memiliki lebih dari satu proxy untuk gonta-ganti akses internet. Jika hal ini terjadi, beberapa website mungkin diblokir oleh satu proxy, tetapi tidak oleh proxy yang lain. Hal ini memberi Anda kesempatan untuk bisa membuka blokir website dengan mudah. Cobalah untuk memeriksa pencarian proxy untuk membuka blokir website.

Bagian terpenting dari metode ini adalah menonaktifkan pengaturan proxy network di browser Anda. Silahkan coba mencari link atau menu network di pengaturan browser. Setelah Anda menemukannya, Anda dapat memilih opsi tanpa proxy. Atau, Anda juga dapat memilih proxy lain yang bekerja cukup baik terhadap pembatasan proxy tertentu.

Membuka Website Yang Diblokir Menggunakan Google Translate

google translate

Cara yang satu ini mungkin belum diketahui oleh pengguna yang tidak mengerti tentang internet, tetapi Google Translate telah terbukti menjadi rekan yang berguna dalam membuka blokir website tertentu. Sebagian besar website tidak melarang Google Translate mengakses webnya. Hal ini dikarenakan Google Translate berfungsi sebagai media pendidikan bagi setiap instansi atau kantor yang ada. Tidak ada yang menyadari apa yang dapat dilakukan tools ini selain menerjemahkan bahasa.

Dengan menggunakan Google Translate, Anda mungkin dapat berselancar dan mengakses situs yang diblokir dengan cara yang cerdas. Tools terjemahan akan mengubah website yang diblokir menggunakan bahasa lain yang tidak diblokir oleh ISP. Anda dapat mencoba menggunakan metode Google Translate ini dan melihat apakah itu berhasil. Selain Google Translate, Anda juga dapat menggunakan layanan terjemahan Bing Microsoft untuk membuka blokir website. Silahkan coba gunakan segala jenis alat terjemahan lainnya juga untuk melihat apakah metode “cara membuka website yang diblokir” berfungsi.

Baca Juga
Trik Internet Gratis XL Pakai Aplikasi Termux Tanpa Kuota dan Pulsa

Membuka Website Yang Diblokir dengan Menggunakan Ekstensi

Membuka Website Yang Diblokir dengan Menggunakan Ekstensi

Untuk website yang memiliki trafik besar setiap saat seperti YouTube, Anda cukup menggunakan ekstensi untuk membuka blokirnya. Tidak sulit menemukan ekstensi membuka blokir untuk browser website Anda. Misalnya, ProxMate dapat menjadi ekstensi yang bagus untuk dipasang di Chrome dan browser lainnya. Pilihan ekstensi lainnya seperti UltraSurf, juga akan secara efektif bisa membuka blokir website besar ini dan memungkinkan Anda mengaksesnya dengan menggunakan jaringan proxy terenkripsi.

Mengetik ulang URL

Sampai saat ini, Anda mungkin masih bertemu dengan beberapa website yang dihosting di VPN. Dengan demikian, situs web ini tidak memiliki atribut SSL baik memakai Sertifikat SSL Gratis ataupun berbayar. Jika Anda menemukan jenis website yang dibatasi ini, maka Anda cukup mengetikkan format https://www.url.com. Alih-alih menggunakan format www.url.com atau http://www.url.com yang biasa, Anda cukup mengubahnya agar sesuai dengan kriteria ISP untuk website yang tidak diblokir.

Hati-hati menjalankan cara ini karena perubahan URL ini dapat memicu pemberitahuan keamanan browser. Anda cukup mengklik opsi “Lanjutkan” untuk terus dapat mengakses website. Cara membuka website yang terblokir ini sama sekali tidak mendekati teknis seperti metode lain yang telah kita lihat sejauh ini, tetapi mungkin berhasil.

Mengganti Server DNS

Namun, kami memiliki metode pemblokiran lain yang menggunakan alat yang cukup umum. Anda cukup membuka blokir situs web dengan menggunakan Google DNS atau OpenDNS. Mengubah DNS meningkatkan kemungkinan privasi yang lebih baik selama waktu penelusuran.

Dalam berita terbaru, CloudFlare merilis 1.1.1.1 layanan DNS yang memiliki prospek menjadi DNS tercepat yang berfokus pada privasi. CloudFlare juga menyediakan alat DNS 1.1.1.1 untuk aplikasi Android dan iOS. Anda cukup mencoba menggunakan metode ini untuk membuka blokir situs web dari ponsel cerdas Anda.

Mengganti Server DNS

Namun sayangnya, DNS Cloudflare di Firefox ini masih tidak mampu membuka website yang terblokir oleh pemerintah Indonesia. Jangan khawatir, beberapa browser telah menyertakan DNS gratis di settingnya. Misalnya di Firefox ada 2 DNS gratis yang bisa Anda gunakan yaitu Cloudflare dan NextDNS. NextDNS cukup ampuh untuk membuka website yang diblokir dan sekaligus memblokir tayangan iklan di website.

Mengganti Server DNS browser Chrome

Sementara browser Chrome secara default juga menyertakan DNS gratis dalam settingnya serta ada pilihan untuk menambahkan DNS lainnya. Anda bisa memilih 4 DNS dalam setting Chrome yaitu Cloudflare, OpenDNS, Google (public DNS), dan CleanBrowsing (Family Filter).

Menggunakan Wayback Machine untuk Membuka Blokir Website

Sebagai arsip internet, Wayback Machine menghadirkan pilihan berharga tentang cara membuka blokir website. Wayback Machine mempunyai fitur menarik yang dapat menyimpan salinan setiap jenis website yang dapat Anda temukan di internet. Wayback Machine menyimpan beberapa versi dari satu website dari awal dibuat sampai yang terbaru. Dengan kata lain, Anda dapat menggunakan arsip untuk mendapatkan akses ke versi website yang lebih lama. Dengan demikian, Anda juga dapat menggunakan arsip untuk mengakses website yang diblokir secara online.

Selain pengarsipan yang sangat luas, Wayback Machine juga menawarkan banyak hal lainnya. Wayback Machine ini mencakup banyak website film gratis, dokumenter, game klasik, ebook gratis, dan hal lainnya. Saat Anda ingin menggali masa lalu sebuah website, Wayback Machine akan selalu ada.

Menggunakan RSS Feed untuk Membuka Website Yang Diblokir

Banyak yang telah mengetahui bahwa RSS Feed membantu pengguna internet untuk membaca dengan mudah. Anda juga bisa mendapatkan konten segar darinya. Dengan satu atau lain cara, Anda dapat membuka blokir website dengan menambahkan RSS feed dari website yang diblokir ke pembaca Anda. Jika website tidak memiliki feed, Anda dapat menemukan beberapa layanan online untuk membuatnya. Atau, Anda dapat menggunakan Feedly untuk mendapatkan semua data yang Anda butuhkan dari sumber tepercaya.

Baca Juga
10 VPN Online Gratis Unlimited untuk Android Terbaik

Menggunakan IP Anonymizer untuk Membuka Website Yang Diblokir

browser Tor

Jika Anda ingin menjaga privasi dengan cara apa pun, Anda dapat menggunakan IP anonymizer seperti browser Tor. Anonymizer dapat bekerja dengan sempurna untuk melewati situs web yang diblokir. Saat Anda mencoba membuka blokir situs web, Anda juga dapat tetap anonim. Tidak akan ada kekhawatiran lagi karena Anda menyamarkan perangkat Anda dengan anonimizer. Kebanyakan orang menggunakan penganonim IP untuk mendapatkan akses ke situs dark web, atau situs .onion, yang sebagian besar dibatasi pada browser website biasa. Anda juga dapat menggunakan VPN untuk melindungi koneksi IP Anda dengan sempurna.

Menggunakan Konverter HTML ke PDF

Jika Anda tidak dapat mengakses suatu website, Anda dapat mengubahnya menjadi PDF. Anda dapat menggunakan layanan SodaPDF untuk memberi Anda akses untuk membuka blokir website dengan cara yang efisien. Konverter ini akan memungkinkan Anda mengunduh halaman web secara langsung di komputer Anda bahkan tanpa perlu mengaksesnya secara langsung. Anda cukup meng-copy dan mem-paste URL website yang diblokir yang ingin Anda akses. Proses pengunduhan akan segera dimulai dan Anda akan dapat membuka halaman web dengan format PDF.

Menggunakan Firefox Portable dari Drive USB

Atasi masalah yang Anda hadapi dan buka website yang diblokir langsung dari web browser Anda di drive USB. Jika perangkat institusi yang digunakan tidak mengijinkan Anda mengakses situs tertentu, maka abaikan saja. Anda selalu dapat menggunakan browser Firefox portable dari drive USB Anda. Jangan lupa untuk menginstal beberapa layanan proxy yang tidak diblokir dan Anda akan dapat memanfaatkannya sebaik mungkin. Jika Anda ingin tidak ada iklan yang mengganggu, instal juga beberapa adblocker untuk Firefox.

Cara Membuka Website Yang Diblokir Menggunakan Cache Web Browser

Jika Anda ingin mengakses situs web yang diblokir yang tidak memerlukan login atau pemrosesan basis data, maka Anda cukup menggunakan Google atau cache browser lainnya. Ini dapat membantu Anda membuka blokir situs web dengan mudah. Google dan mesin pencari utama lainnya cenderung menyimpan versi cache dari sebagian besar halaman yang mereka daftar.

  • Untuk mencarinya, Anda cukup menuliskan nama website di kolom alamat.
  • Setelah itu, klik panah bawah di sebelah URL situs di halaman hasil.
  • Terakhir, klik Cached untuk mendapatkan versi cache dari website mana pun.

Jika situs tidak tersedia di cache browser, maka Anda dapat mencoba melakukan beberapa penyesuaian pada pengaturan DNS.

Restart Modem untuk Membuka Website Yang Diblokir

Anda dapat mencoba membuka blokir situs web dengan me-restart modem Anda. LAnhkah ini hanya dapat berfungsi jika Anda memiliki alamat IP Dinamis yang didistribusikan oleh Penyedia Layanan Internet (ISP) Anda. Restart modem akan menyambungkan kembali koneksi Internet Anda. Setelah itu, ISP akan memberi Anda alamat IP yang berbeda.

Karena firewall telah memblokir alamat IP Anda, Anda harus mendapatkan yang baru. Setelah Anda mendapatkan alamat IP yang berbeda, maka Anda dapat mengakses website lagi tanpa khawatir. Cukup matikan modem Anda selama beberapa menit lalu hidupkan kembali. Cara membuka website yang diblokir dengan langkah ini mungkin berhasil setelah Anda menggunakan modemnya lagi.

Sekian informasi mengenai cara membuka website yang diblokir secara efektif. Dari 15 cara di atas, mimin sendiri lebih suka cara mengganti DNS karena sangat mudah dan tidak perlu membayar alias gratis. Hehehe. Bagaimana dengan Anda, cara manakah yang telah Anda lakukan dan mana yang lebih disukai? Silahkan beri komentar di bawah ya.

15 Cara Membuka Website Yang Diblokir Paling Efektif Yang Wajib Dicoba

-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *