Bagaimana Cara Membuat Kalender Secara Gratis?

Posted on

Halo sobat Alwib! Semoga kalian dalah keadaan sehat dan berbahagia selalu. Anda sudah tahu belum bagaimana cara membuat kalender gratis? Meskipun memiliki kalender di komputer atau ponsel cerdas mereka sudah cukup bagi sebagian orang untuk tetap teratur, banyak orang dan rumah tangga juga lebih suka memiliki kalender cetak fisik yang tersedia. Kalender tercetak bisa lebih nyaman saat Anda perlu membuat sekelompok orang tetap mengikuti jadwal karena mereka membuat titik terpusat untuk melacak janji dan acara.

Cara Membuat Kalender Gratis

Jika Anda tidak ingin membeli kalender yang sudah jadi, Anda beruntung. Anda dapat dengan mudah membuat kalender gratis sebagai gantinya. Selain hemat biaya, kalender yang dibuat juga memungkinkan Anda menambahkan tanggal penting atau gambar yang dipersonalisasi sebelum dicetak, menjadikannya kalender unik untuk Anda atau rumah tangga Anda. Inilah yang perlu Anda ketahui untuk mulai membuat kalender gratis.

Bagaimana Cara Menggunakan Template Kalender?

Bagaimana Cara Membuat Kalender Secara Gratis?

Salah satu cara paling sederhana untuk membuat kalender gratis adalah dengan template kalender. Ini dirancang untuk memastikan kalender cocok dengan ukuran kertas umum dan memiliki cukup ruang untuk memasukkan semua tanggal dalam sebulan.

Biasanya, template kalender datang dalam beberapa tipe dasar. Beberapa dapat disesuaikan sepenuhnya, mengharuskan Anda memasukkan nama bulan, tanggal, dan gambar apa pun yang Anda inginkan. Lainnya memiliki beberapa fitur yang dibuat secara otomatis. Misalnya, Anda dapat memasukkan tahun, bulan mulai dan jumlah bulan, dan template akan mengisi tanggal untuk Anda secara otomatis.

Baca Juga:  Cara Nonton Youtube Gratis Tanpa Kuota Terupdate 2019

Dalam kedua kasus tersebut, sebagian besar template kalender dilengkapi dengan instruksi yang jelas. Tinjau terlebih dahulu untuk memastikan Anda mengetahui cara kerja setiap kalender dan informasi apa yang perlu Anda berikan.

Bagaimana Cara Membuat Template Kalender Bulanan?

Jika Anda ingin membuat template kalender bulanan Anda sendiri, proses yang akan Anda gunakan mungkin bergantung pada aplikasi atau software yang tersedia untuk Anda. Misalnya, aplikasi spreadsheet bisa menjadi pilihan yang mudah; mereka datang dengan kisi-kisi bawaan yang dapat Anda sesuaikan dan ubah ukurannya. Namun, Anda berpotensi dapat menggunakan program pengolah kata sebagai gantinya, serta banyak aplikasi berbasis gambar atau foto.

Bagaimanapun, langkah pertama Anda adalah membuat kisi-kisi kalender. Umumnya, Anda menginginkan tujuh kolom — satu untuk setiap hari dalam seminggu. Setelah itu, Anda memerlukan setidaknya enam baris untuk mencakup semua konfigurasi tanggal potensial.

Memiliki baris tambahan di atas adalah ide yang bagus karena memberi Anda tempat untuk mencantumkan bulan dan tahun. Anda mungkin juga ingin baris tambahan berfungsi sebagai baris tanggal atau baris cadangan di bagian bawah (atau kolom di sebelah kanan) untuk menyimpan catatan.

Pertimbangkan tampilan kalender yang Anda inginkan, lalu tambahkan baris atau kolom untuk mendapatkan bentuk dasarnya. Kemudian, sesuaikan lebarnya untuk memastikan semuanya pas di satu halaman dan memberi Anda cukup ruang untuk menulis. Terakhir, tambahkan warna atau batas apa pun yang Anda inginkan untuk memisahkan area kalender secara visual.

Apakah Ada Template Kalender Bulanan di Google?

Ada cara membuat kalender di google spreadsheet yaitu dengan menggunakan template kalender bulanan di Google. Jika Anda menyukai ide menggunakan Google Spreadsheet, buka halaman Spreadsheet di Google Documents. Kemudian, perluas Galeri Template untuk melihat berbagai opsi kalender, termasuk kalender tahunan dan jadwal mingguan.

Baca Juga:  5 Cara Memperbaiki Error "NVIDIA Installer Failed" Paling Ampuh

Jika Anda tidak menemukan template yang sesuai, Anda juga dapat menemukan versi yang dapat Anda unduh atau salin secara online. Dengan yang pertama, pastikan Anda berhati-hati sebelum mengunduh. Setiap kali Anda mendapatkan file dari internet, ada tingkat risikonya; beberapa situs mungkin menampilkan tautan atau file berbahaya yang dapat mengunduh virus.

Dimana Saya Dapat Menemukan Kalender Online Gratis untuk Dicetak?

Jika Anda ingin membuat kalender secara gratis, Anda dapat menggunakan beberapa layanan. Beberapa telah menyelesaikan kalender dasar, sementara yang lain memungkinkan Anda untuk menyesuaikan detail tertentu. Berikut adalah beberapa opsi yang perlu ditelusuri:

Masing-masing situs di atas tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda ingin mempertimbangkan kebutuhan unik Anda sebelum membuat pilihan; Anda dapat mencoba beberapa situs dan template yang berbeda untuk mengetahui kalender mana yang paling berguna bagi Anda. Sebagai contoh, kami memberikan langkah-langkah cara membuat kalender gratis di Fotor berikut ini.

Cara Membuat Kalender di Fotor

Template-kalender-fotor

Ada begitu banyak jenis template kalender, seperti kalender bulanan dan tahunan, agenda mingguan, daftar tugas harian, dan banyak lagi. Selain itu, Fotor juga menambahkan template kalender baru setiap saat, sehingga mudah untuk menemukan yang Anda cari.

  1. Buka situs web Fotor, klik tombol “Create a Design” dan pilih tata letak template “Calendar”.
  2. Jelajahi template kalender dan pilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda dari perpustakaan template Fotor.
  3. Kemudian, tambahkan gambar yang ingin Anda gunakan ke pembuat kalender gratis Fotor, atau pilih dari 1.000.000 stok foto gratis.
  4. Seret gambar Anda ke template kalender. Anda juga dapat menggunakan alat pengeditan bawaan untuk mengubah ukuran, memotong, atau menambahkan efek foto ke gambar Anda.
  5. Anda juga bisa menambahkan foto Anda sendiri, menandai hari tertentu yang ingin Anda ingat, dan memasukkan teks, stiker, dan ikon untuk membuat kalender Anda sendiri.
  6. Simpan dan unduh kalender dalam format dan ukuran yang Anda inginkan.
Baca Juga:  Cara Remote HP Android dari PC atau Laptop

Anda dapat menggunakan pembuat kalender Fotor untuk membuat kalender sebanyak yang Anda butuhkan dan mengunduhnya secara gratis. Jika Anda ingin menggunakan fitur yang lebih canggih dan mendapatkan akses ke lebih banyak templat kalender, Anda dapat mempertimbangkan untuk meningkatkan akun gratis Anda menjadi akun Fotor Pro.

Apabila Anda tidak bisa mengakses website tersebut, mungkin IP modem Anda terblokir. Silahkan gunakan tips pada artikel berikut Cara Membuka Website Yang Diblokir Paling Efektif Yang Wajib Dicoba.

Sekian informasi mengenai cara membuat kalender gratis, semoga bermanfaat bagi kalian yang sedang membutuhkannya. Jangan lupa untuk share ke media sosial agar teman-teman juga mengetahui informasi ini.

Bagaimana Cara Membuat Kalender Secara Gratis?

-

Leave a Reply

Your email address will not be published.