Cara Instal Aplikasi Android di Windows 11 dengan Mudah!

Posted on

Halo sobat Alwib dimanapun Anda berada! Semoga Anda dalam keadaan sehat dan berbahagia selalu ya. Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai cara instal aplikasi Android di Windows 11. Sebelum lanjut membacanya, Anda sudah punya komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows 11, kan? Jika belum punya, segera upgrade sistem operasinya. Gratis lho.

Website itu hebat dan bagus, tetapi tergantung pada alur kerja Anda, bertahan pada sistem operasi Windows khusus untuk tugas-tugas khusus adalah cara yang harus dilakukan. Dengan OS Windows 11, Microsoft memungkinkan untuk membawa semua aplikasi favorit Anda ke PC Anda — asalkan aplikasi tersebut ada di Amazon Appstore. Dengan pilihan aplikasi yang masih terbatas untuk dipakai, banyak pengguna Windows mungkin malah menghapus fitur tersebut sama sekali. Untungnya, kita berbicara tentang aplikasi Android di sini, jadi sideloading benar-benar menjadi sebuah pilihan.

Cara Instal Aplikasi Android di Windows 11

Cara Instal Aplikasi Android di Windows 11 dengan Mudah!
Cara Instal Aplikasi Android di Windows 11

Meskipun Anda benar-benar dapat menggunakan ADB di Windows 11 untuk menginstal file APK apa pun, itu bukan proses yang paling intuitif bagi banyak pengguna. Jika Anda ingin mencoba beberapa aplikasi seluler favorit Anda di desktop, Anda tidak perlu bergantung pada baris perintah atau jajaran perangkat lunak Amazon. Sebagai gantinya, yang Anda butuhkan hanyalah GUI sederhana yang dikenal sebagai WSA PacMan — kependekan dari Package Manager — untuk mengubah APK apa pun menjadi pemasangan klik dua kali. Berikut cara kerjanya.

Baca Juga:  Cara Nonton Film Youtube Gratis Tanpa Bayar Sepeserpun!

Gunakan Amazon Appstore

Amazon Appstore
Amazon Appstore

Karena WSA PacMan hanyalah antarmuka yang dirancang untuk merampingkan sideloading, Anda masih perlu mendapatkan dukungan Android dan berjalan di Windows 11. Anda harus mulai dengan menginstal Amazon Appstore jika Anda belum memilikinya , karena mencakup Subsistem Windows untuk Android.

  • Buka Microsoft Store di browser komputer Anda.
  • Cari “Amazon Appstore” dengan menggunakan browser yang ada di bagian atas halaman.
  • Klik tombol “Get in store app” untuk menginstal aplikasi di komputer Anda.

Anda tidak perlu login ke Amazon Appstore, cukup menginstalnya untuk menambahkan WSA ke perangkat komputer/laptop Anda.

Sayangnya, Microsoft Appstore hanya tersedia untuk AS saja saat ini, jadi pembaca non-AS harus melewati beberapa rintangan untuk mengaktifkan dan menjalankan WSA. Ini adalah proses yang rumit, tetapi kami telah membuat panduan penginstalan Windows 11 WSA — tidak diperlukan Amazon Appstore. Silahkan gunakan VPN online gratis yang kami rekomendasikan guna memudahkan kelancaran proses instal aplikasi Android di Windows 11.

Download WSA PacMan dan jalankan

Oke, dengan Subsistem Windows untuk Android yang siap digunakan di PC Anda, kami selangkah lebih dekat ke proses sideloading instal aplikasi Android di Windows 11. Inilah yang perlu Anda lakukan selanjutnya.

  • Gunakan Start menu (tekan tombol Windows), cari dan buka “Windows Subsystem for Android”.
  • Pastikan Developer mode diaktifkan (on). Karena semua sideloading dilakukan melalui perintah ADB — bahkan jika Anda menjalankan GUI pihak ketiga — ini adalah langkah yang perlu dilakukan oleh Anda.
  • Selanjutnya klik menu “Manage developer settings,” lalu cari “USB debugging” pada menu Developer options dan aktifkan. Layar menu ini akan terlihat familier bagi pengguna Android yang sering oprek — Ya, betul. Menu yang ditampilkan ini adalah menu yang sama yang akan Anda temukan di build OS Android versi mana pun.
  • Sementara itu, jika Anda belum melakukannya, silahkan download terlebih dahulu WSA PacMan dari GitHub dengan memilih versi terbaru di bawah “Rilis.” Jika Anda tidak suka menginstal WSA PacMan menggunakan file .exe di komputer/laptop, ada juga versi portabelnya.
  • Berikutnya, silahkan ikuti proses instalasi WSA PacMan, kemudian buka aplikasi dari menu Start untuk menjalankan WSA PacMan di komputer/laptop Anda.
Baca Juga:  Gak Butuh Waktu Lama, Ini Cara Membuka Blokir Facebook Tanpa Hack yang Mudah

Jika semuanya sudah siap, Anda akan melihat notifikasi “Tersambung” di bagian atas aplikasi.

Instal Aplikasi Android di Windows 11 dengan WSA PacMan

Dari sini, Anda dapat menutup Windows Subsystem for Android dan WSA PacMan, karena keduanya tidak perlu dibuka untuk menginstal APK di komputer/laptop Anda. Lagi pula, Anda telah melakukan kerja keras menyiapkan dari awal. Sekarang yang Anda butuhkan hanyalah aplikasi untuk dipasang.

Temukan file APK di perangkat komputer/laptop Anda, atau silahkan download dari situs seperti APK Mirror, dan klik dua kali seperti membuka file .exe lainnya di Windows. WSA PacMan akan menangani sisanya dan memunculkan pesan yang mirip dengan apa yang akan Anda lihat di Android. Anda juga akan mendapatkan opsi pilihan membuat pintasan desktop komputer/laptop Anda untuk aplikasi yang telah diinstal.

Dari sini, aplikasi akan berfungsi seperti software biasa yang terinstal di komputer/laptop Anda. Aplikasi ini dapat diakses dari menu Start, dapat disematkan ke taskbar Anda, dan bahkan dihapus hanya dengan klik kanan saja. Perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi dijamin berfungsi di Windows 11 ini. Aplikasi situs streaming film terbaik seperti Netflix, misalnya, kemungkinan akan mengalami masalah terkait DRM, karena Windows 11 tidak memiliki dukungan Winevine saat ini.

Apakah instal aplikasi Android di Windows 11 bermanfat masih menjadi pertanyaan terbuka bagi para pengguna, tetapi adanya opsi untuk tidak bergantung pada Amazon Appstore saja tentu membuat masa depannya sedikit lebih cerah. Untungnya, setelah menginstal WSA PacMan, menginstal hampir semua aplikasi Android terbaik dan game Android favorit kami menjadi sangat mudah.

Sekian informasi mengenai cara instal aplikasi Android di Windows 11 yang telah Alwib.net sampaikan di atas. Semoga membantu Anda dalam menikmati aplikasi dan game Android kesayangan di komputer/laptop Anda.

Cara Instal Aplikasi Android di Windows 11 dengan Mudah!

-

Leave a Reply

Your email address will not be published.