Cara Flash HP Android dengan Flash Tool, 15 Menit Langsung Selesai

Posted on

Cara Flash HP Android dengan Flash Tool – Mungkin saja Anda pernah alami yang namanya hp atau pun tablet Android alami restart sendiri, hang, bootloop, maupun kadang eror? Sebetulnya masalah – masalah yang seperti ini bukan hal yang baik, karena masalah tersebut muncul bisa mengakibatkan kerusakan pada sistem Android. Flash atau flashing dipercaya sebagai salah satu langkah utama yang harus Anda lakukan. Anda harus melakukan flashing sesegera mungkin sebelum akhirnya masalah tersebut jadi semakin panjang dan berakibat fatal bagi gadget yang Anda miliki tersebut.

Flash atau yang juga disebut dengan flashing memang dikenal dalam lingkup handphone, seperti halnya proses install ulang pada sebuah PC, komputer, maupun laptop. Akan tetapi pada sebuah hp atau ponsel ada hardware, dimana hardware ini tak bisa bekerja sebagaimana mestinya tanpa adanya software. Nah, khususnya untuk sebuah PC, komputer, maupun laptop biasanya dikenal dengan nama Windows dan Linux, sementara itu untuk sebuah hp sendiri disebut dengan Firmware atau pun Stock ROM. Dengan adanya Firmware tersebut maka hardware – hardware yang ada di dalam sebuah hp bisa saling berkaitan dalam menjalankan aplikasi – aplikasi yang ada di dalamnya.

Baca juga: Trik Cara Ampuh Mengatasi Fingerprint Samsung Tidak Berfungsi

Panduan Cara Flash HP Android Dengan Mudah

Selain hal tersebut di atas, juga penting sekali untuk Anda tahu pula bahwa Firmware pada sebuah hp layaknya aplikasi yang ada pada umumnya juga bisa rusak, maupun eror. Baik itu dikerenakan terkena virus, malware, maupun human eror. Apabila Formware atau Stock ROM ini eror, maka bisa dipastikan hp Anda akan alami banyak masalah, buruknya lagi hp Anda tidak bisa digunakan seperti biasa. Agar hp Anda bisa kembali normal dan pastinya juga bisa digunakan lagi, maka Anda harus menggantinya dengan Firmware yang baru. Caranya sebetulnya cukup mudah sekali, yakni dengan melakukan flash atau flashing, mengganti Firmware yang telah rusak dengan yang baru.

Cara Flash HP Android dengan Flash Tool, 15 Menit Langsung Selesai

Panduan Cara Flash HP Android Dengan Mudah

Hanya butuh waktu tak lebih dari 15 menit saja, kini Anda sudah bisa melakukan flashing di hp Android sendiri, lho? Nggak percaya? Simak dulu yuk informasi yang akan kami bagikan berikut ini. Yang pasti, agar Anda berhasil dalam melakukan flashing, kami sarankan agar Anda mengikuti langkah demi langkah secara berurutan.

Perlu Anda tahu terlebih dulu bahwa pada dasarnya cara flash hp Android dengan merek atau pun tipe hp apa saja itu sama. Tetapi yang membedakan di sini hanya ada pada Firmware atau pun Stock ROM. So, apabila Anda memang ingin lakukan flashing pada hp Android maka harus memperhatikan terlebih dulu Firmware sesuai dengan hp Android yang Anda gunakan. Harus diingat juga bahwa tiap hp berbasis Android ini walaupun merek atau pun tipenya sama, biasanya masih belum tentu bagian Firmwarenya sama. Sehingga Anda harus lebih jeli lagi dalam melihat Stock ROM tersebut.

Untuk melakukan flash di hp Android dengan flash tool, silakan Anda siapkan beberapa alat flash hp Android yang dibutuhkan, seperti :

  • USB VCOM Auto Installer
  • MTK Driver
  • Stock ROM atau Firmware
  • SP Flash Tools
  • Minimal baterai tersisa 50%
  • Ekstrak file Firmware dan SP Flash Tools

Kemudian untuk cara flash hp Android dengan flash tool sendiri, pertama – tama silakan Anda unduh dan install terlebih dulu USB VCOM Auto Installer dan juga MTK Driver. Jika sudah, silakan coba dulu tancapkan hp Android sembari dipencet power atau volume atas maupun bawahnya yang mau diflash ke PC, komputer, atau laptop. Pada saat menancapkan hp Android harus dalam keadaan mati atau off. Jika muncul MTK, itu artinya driver berhasil di install.

  • Selanjutnya buka aplikasi SP Flash Toolsnya, khususnya untuk Windows 7 silakan klik kanan Flash Tools kemudian Run As Administrator.
  • Jika aplikasi tersebut sudah dibuka, maka pastinya pada kolom download agent ini akan secara otomatis terisi. Sehingga Anda tinggal mengisi Scatter Loading File.
  • Kemudian lanjutkan dengan mengeklik Scatter Loading. Silakan Anda cari file Scatter di Firmware yang Anda unduh atau download.
  • Lalu lanjutkan dengan mengeklik Download.
  • Sekarang Anda bisa menyambungkan hp Android ke PC, komputer, atau laptop dengan menggunakan kabel USB. Selain itu Anda juga tak boleh lupa untuk menekan salah satu antara tombol Power atau Vol.up maupun Vol.down, tergantung hp Anda masing – masing.
  • Nanti akan berjalan proses flash dengan muncul proses warna kuning. Tunggu hingga proses flashing selesai, sehingga nanti akan muncul warna hijau yang bertuliskan Ok.
  • Sekarang lepaskan hp Android Anda dan coba hidupkan.

Demikianlah cara flash hp Android dengan flash tool yang bisa kami informasikan. Dan melakukan flasing sebuah HP android juga bisa dilakukan tanpa komputer atau laptop. Mau tahu caranya? Yuk ikuti informasi caranya di bawah ini.

Baca juga:

Cara Flash HP Android Tanpa PC Yang Bisa Dicoba

Cara Flash HP Android Tanpa PC

Pada saat Anda melakukan flashing sebetulnya mudah sekali, tetapi di sini Anda harus lebih teliti lagi dalam melakukannya. Sebab apabila Anda salah sedikit saja, maka yang demikian tersebut bisa berakibat buruk dan bahkan bisa sebabkan kerusakan yang pada akhirnya mengharuskan Anda membawa hp tersebut ke servise center atau pun counter hp. Tak hanya itu saja, juga masih ada beberapa hal yang harus Anda tahu pada saat melakukan flash hp Android dengan menggunakan SP Flash Tool. Termasuk halnya pada sistem Android yang berchipset MediaTek, seperti MT6575, MT6577, dan juga MT6589. Apabila hp Android Anda sistem seperti yang sudah kami sebutkan tersebut, maka Anda bisa melakukan flash di hp Android.

Cara Flash HP Android Tanpa PC

Sebenarnya cara flash hp Android tanpa menggunakan PC ini termasuk salah satu cara paling mudah. Sebab, Anda nanti hanya memerlukan hp Android saja untuk melakukan flashing. Ada salah satu hal yang perlu Anda tahu tentang flashing atau install ulang hp Android, khususnya pada perangkat Android yang sudah alami bootloop. Yang mana pada proses flashing ini nanti juga akan mengupgrade atau pun downgrade sistem operasi Android yang digunakan. Misalnya saja pada saat Anda akan upgrade Custom ROM dari yang sudah diflashing.

Perlu untuk Anda tahu juga bahwa akan ada banyak sekali faktor yang sebabkan Anda harus melakukan flashing, yakni pada saat hp Android Anda alami masalah saat bootloop maka tidak akan bisa dihidupkan kembali dan akan muncul logo hp saja. Selain hal tersebut, umumnya dikarenakan gagal dalam menginstall Custom ROM yang ada, bahkan bisa pula kehilangan aplikasi bawaan smartphone. Untuk lebih gampangnya dalam melakukan flash di hp Android tanpa PC, Anda bisa ikuti beberapa langkah – langkah yang akan kami informasikan berikut ini.

  • Pertama – tama silakan Anda siapkan terlebih dulu Custom ROM yang nanti akan Anda jadikan flashing.
  • Anda juga bisa dapatkan file Custom ROM ini dengan menggunakan berbagai tools yang bisa Anda dapatkan di internet.
  • Jika sudah Anda tinggal simpan file Custom ROM ke SD Card. Jangan lupa untuk atur dan buat folder baru untuk menyimpan file Custom ROM tersebut.
  • Kemudian langkah yang selanjutnya Anda tinggal menonaktifkan atau mematikan hp Android seperti biasa. Kemudian Anda masuk ke Mode Recovery atau Recovery Mode.
  • Jika Anda sudah masuk pada mode tersebut, silakan Anda lakukan backup data terlebih dulu. ROM yang sudah terpasang untuk merestore serta mengembalikan semua data – data dalam keadaan semula apabila dalam proses flashing ini Anda alami kegagalan.
  • Jika sudah Anda bisa langsung mencoba untuk melakukan Wipe Data atau Riset, Wipe Cache Partition, dan juga Wipe Dalvik Cache. Dengan cara ini maka sistem operasi yang ada pada ROM hp Android Anda akan segera terhapus sepenuhnya.
  • Lalu Anda bisa lalukan flashing atau pun install ROM. Yang demikian ini pastinya akan sangat berbeda dengan Recovery Mode dan juga Install Zip yang ada pada Form SD Card atau Anda bisa coba cari Clash Zip di SD Card yang sebelumnya sudah Anda simpan di folder tadi.
  • Untuk bisa ikuti petunjuk yang ada di layar hp Android sebab fungsi layarnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka Anda bisa mencoba untuk menekan Volume Up untuk scroll ke atas, dan Volume Down untuk scroll ke bawah, juga Home untuk Yes atau Ok.
  • Terakhir, Anda hanya perlu restart hp Android dan memilih Reboot System Now.

Baca juga: 20 Aplikasi Chat Online Terbaik Dan Terbaru Selain Whatsapp

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara flash hp Android tanpa PC yang bisa dicoba. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi dalam melakukan flasing smartphone.

Cara Flash HP Android dengan Flash Tool, 15 Menit Langsung Selesai

5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *