Mau Cuan Gede Tanpa Ikut Binomo? Inilah Manfaat dan Cara Dropship Di Tokopedia

Halo sobat Alwib dimanapun kalian berada, semoga kalian dalam keadaan sehat dan bahagia selalu di masa pandemi Covid-19 ini. Kali ini Alwib akan mebahas mengenai apa sih manfaat dropship dan bagaimana cara dropship di Tokopedia yang mempunyai logo berwarna hijau ini. Sebelum masuk ke pembahasan, Alwib akan memberi penjelasan dulu mengenai makna atau arti dari dropship itu sendiri.

Mungkin kalian ada yang sudah mempunyai ide untuk melakukan bisnis online namun mengalami kendala akan keterbatasan dana modal awal dimasa pandemi COvid-19 ini. Nah, menjadi seorang dropshiper merupakan salah satu cara terbaik untuk anda dalam memulai bisnis online tanpa modal. Lantas apa sih yang dimaksud dengan dropship? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Dropship Tokopedia adalah jenis model bisnis yang memungkinkan para pemilik online shop untuk beroperasi tanpa mempertahankan persediaan, tanpa memiliki gudang untuk menyimpan produk atau bahkan harus mengirimkan produk mereka ke pelanggan mereka sendiri.

Cara kerjanya adalah pemilik online shop bermitra dengan pemasok dropship di Tokopedia. Adapun yang melakukan memproduksi mengemas produk dan mengirimkannya langsung ke pelanggan pemilik online shop atas namanya. Dalam istilah yang lebih sederhana, beginilah cara kerja dropship Tokopedia

  1. Pelanggan menempatkan pesanan untuk produk di toko daring pemilik online shop,
  2. pemilik online shop secara otomatis atau manual meneruskan pesanan dan detail pelanggan ke pemasok dropship.

Paket pemasok dropship mengirimkan pesanan langsung ke pelanggan dengan nama pemilik online shop. Perbedaan terbesar antara dropship dan model ritel standar adalah bahwa pedagang yang menjual tidak memiliki persediaan atau memiliki persediaan. Sebaliknya, pedagang membeli inventaris seperlunya dari pihak ketiga – biasanya pedagang grosir atau pabrikan – untuk memenuhi pesanan.

Daftar Isi

Inilah Manfaat dan Cara Dropship Di Tokopedia

Inilah MANFAAT dan Cara Dropship Di TOKOPEDIA

Cara Dropship Tokopedia

Apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis dropship? Lalu bagaimana cara dropship di Tokopedia? Untuk bisa melakukan dropship di Tokopedia berikut adalah ulasannya.

  1. Buka aplikasi Tokopedia di smartphone Anda atau buka web Tokopedia di PC Anda.
  2. Login dengan akun toko anda, kemudian klik toko > Penjualan
  3. Kemudian akan muncul tab mengenai pesanan yang masuk ke toko anda. Klik “Konfirmasi Pengiriman’
  4. Klik pada pemesanan yang ada, kemudian klik ‘Detail Transaksi’ untuk mengetahui alamat pengiriman pembeli. Setelah itu, copy alamat tersebut untuk nantinya diteruskan pada supplier.
  5. Setelah menyalin alamat pemesan. Kini teruskan pada supplier dengan melakukan order pada alamat dan produk yang sama.
  6. Kemudian klik ‘Beli Produk Ini’, pastikan sesuai dengan alamat. Jangan lupa centang ‘Kirim sebagai dropshipper’, lalu isi nama online shop anda.
  7. Pilih kurir pengiriman dengan (JNE) dan paket pengiriman (Reguler/Oke/Ekspress) setelah itu ongkos kirim dan harga barang otomatis akan muncul.
  8. Klik Beli produk yang Anda dropship sampai muncul gambar kemudian Pilih Metode Pembayaran.
  9. Klik salah satu metode pembayaran dengan menggunakan saldo Tokopedia atau Transfer Bank atau Pembayaran instan melalui Mandiri clickpay/BCA clickpay). Jika ingin lebih cepat maka Anda bisa memilh opsi clik pay.

Manfaat Dropship di Tokopedia

Pengiriman drop adalah strategi pemenuhan pesanan di mana pengecer tidak menyimpan produk dalam persediaan, tetapi bergantung pada grosir atau produsen untuk benar – benar mengirimkan pesanan kepada pelanggan. Pengaturan ini memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menarik bagi pedagang online.

Ketika pelanggan memesan pesanan untuk pengiriman online produk drop, Anda menerima pesanan dan melakukan pembayaran pesanan, dan kemudian secara otomatis atau manual menghubungi pedagang grosir atau produsen.

Baca Juga
Cara Daftar Akun BukaReksa Dan Membeli Reksadana di Aplikasi Android Tanpa Ribet!

Produsen mengeluarkan pesanan pembelian untuk item dan memberikan instruksi untuk pengiriman langsung ke pelanggan. Pedagang grosir atau produsen mengirimkan produk, dan Anda akan mendapatkan untung. Ada banyak keuntungan jika Anda dropship di Tokopedia, apa sajakah itu?

  1. Modal Sedikit

Keuntungan terbesar untuk dropship di Tokopedia adalah Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal. Anda masih bisa meluncurkan toko e – commerce tanpa harus menginvestasikan uang ratusan juta untuk persediaan ke depan. Secara tradisional, Anda harus mengikat inventaris pembelian modal dalam jumlah besar.

Dengan model dropshipping, Anda tidak perlu membeli produk kecuali Anda sudah melakukan penjualan dan telah dibayar oleh pelanggan. Tanpa investasi persediaan uang di muka yang besar, adalah mungkin untuk memulai bisnis dropship Tokopedia yang sukses dengan sedikit modal yang diperlukan.

  1. Mudah Memulai

Menjalankan bisnis online shop jauh lebih mudah ketika Anda tidak perlu berurusan dengan produk fisik. Dengan dropship Tokopedia, Anda tidak perlu khawatir tentang:

  • Mengelola atau membayar banyak biaya untuk gudang penyimpanan.
  • Pengepakkan dan pengiriman pesanan Anda.
  • Melacak inventaris untuk alasan akuntansi.
  • Penanganan pengembalian dan pengiriman masuk.
  • Terus memesan produk dan mengelola level persediaan.
  1. Biaya Perawatan yang Mudah

Karena Anda tidak harus berurusan dengan inventaris pembelian atau mengelola gudang, biaya perawatan Anda cukup rendah. Bahkan, banyak bisnis dropship Tokopedia yang sukses dijalankan dari rumah hanya dengan laptop dan memiliki keuntungan hingga puluhan juta rupiah per bulannya.

  1. Kerja yang Fleksibel

Bisnis dropship Tokopedia dapat dijalankan dari mana saja dengan koneksi internet. Selama Anda dapat berkomunikasi dengan pemasok dan pelanggan dengan mudah, Anda dapat menjalankan dan mengelola bisnis Anda.

  1. Terdapat Berbagai Pilihan Produk
Baca Juga
Tips Mendapatkan Banyak Pembeli Saat Jualan Online [Bisnis Online]

Tokopedia memiliki berbagai pilihan produk yang menarik. Karena Anda tidak perlu melakukan pra – pembelian barang yang Anda jual, Anda dapat menawarkan berbagai produk kepada calon pelanggan Anda. Di Tokopedia ini Anda dapat dropship murah tanpa biaya tambahan.

Bisnis Anda dapat menawarkan lebih banyak variasi produk daripada yang mungkin jika Anda harus membeli dan menyimpan semua barang yang Anda putuskan untuk dijual.

  1. Mudah Dikelola

Apabila Anda berjualan secara tradisional dan Anda menerima tiga kali lebih banyak pesanan maka Anda biasanya harus melakukan tiga kali lebih banyak pekerjaan. Dengan memanfaatkan pemasok dropship di Tokopedia ini sebagian besar pekerjaan untuk memproses pesanan tambahan akan ditanggung oleh pemasok.

Anda hanya perlu memastikan dari rumah dan memungkinkan Anda untuk memperluas pelanggan dan sedikit kerja tambahan. Semua keuntungan ini menjadikan dropship Tokopedia sangat menarik bagi pebisnis awal dan yang sudah berkembang. Semua kenyamanan dan fleksibilitas ini datang tanpa perlu Anda repot.

  1. Mudah Menawarkan Produk Baru

Anda dapat menambahkan produk baru ke penawaran Anda dengan sangat cepat dari Tokopedia. Produk baru lebih murah untuk diluncurkan karena mereka tidak memerlukan investasi sebelum dapat dijual. Seringkali Anda memiliki akses ke tarif pengiriman yang lebih baik melalui pengirim drop daripada yang Anda lakukan sebagai bisnis kecil yang mengirimkan paket Anda sendiri.

Itulah pembahasan mengenai Inilah manfaat dan cara dropship Di Tokopedia. Semoga bermanfaat ya. Bagi anda yang pernah mengalami kejadian barang tidak sesuai pesanan, simak juga tips melakukan komplain di Tokopedia. Dan jangan lupa untuk segera ikut vaksin booster Covid-19 agar sobat Alwib semua tetap terjaga kesehatannya.

Mau Cuan Gede Tanpa Ikut Binomo? Inilah Manfaat dan Cara Dropship Di Tokopedia

-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *