Cara Ampuh Mengatasi Masalah Aplikasi Whatsapp Pada Umumnya Yang Pernah Terjadi

Posted on

Mengatasi Masalah Aplikasi Whatsapp – Bisa diyakini jika setiap samrtphone saat ini pasti memiliki yang namanya aplikasi chating bernama WhatsApp itu pasti karena aplikasi ini sangat simple dan paling yaman digunakan, terutama Android. Meski hampir semua smartphone bisa memasang aplikasi chat ini dengan mudah, namun selalu ada masalah yang sering terjadi. Untuk itu kali ini akan mengulas tip-tip tentang Cara Mengatasi Masalah WhatsApp Application.

Aplikasi instant messenger yang paling populer yang satu ini tidak terinstal secara default pada smartphone. Namun bagi pengguna smartphone terutama Android, aplikasi chat selalu menjadi yang pertama dipasang. Karena penggunaannya cukup mudah. Jadi jangan heran jika aplikasi ini memiliki pengguna terbanyak dibanding orang lain.

Sebagai salah satu pengguna WhatsApp tentunya Anda sudah tahu apa masalah yang biasanya terjadi pada aplikasi chat ini, dari pada itu tentu saja Anda punya solusi untuk mengatasinya. Tetapi jika Anda adalah pengguna pemula yang tidak pernah mengalami hambatan, maka Anda harus tahu apa saja permasalahan yang sering terjadi dan Bagaimana Mengatasi Masalah dengan Mengetahui Aplikasi WhatsApp sebagai berikut.

Baca juga:

Cara Ampuh Mengatasi Masalah Aplikasi Whatsapp

Cara Ampuh Mengatasi Masalah Aplikasi Whatsapp Pada Umunya Yang Pernah Terjadi

1. Tidak bisa menginstal WhatsApp

Masalah hp Android yang tidak bisa install WhatsApp sebenarnya hanya terjadi pada smartphone Android versi 2.1 ke bawah. Karena memang pengembang sendiri tidak merilis WhatsApp yang mendukung OS Android versi lama. Namun ada kemungkinan versi Android OS terbaru juga akan mengalami masalah.

Jika smartphone Android versi terbaru Anda mengalami masalah seperti ini, Anda tidak perlu panik. Karena Cara Ampuh Memecahkan Masalah Aplikasi Seperti apa adanya WhatsApp ini dengan mengubah setting keamanan pada smartphone anda, misal silahkan masuk ke menu Settings> Security> enable menu unknown source. Setelah itu install WhatsApp dari situs resminya.

2. Tidak Menerima Kode Aktivasi

Saat pertama kali menginstal dan mengaktifkan aplikasi WhatsApp, tentu pengguna akan menerima kode aktivasi via SMS ke nomor yang dimasukkan. Tapi kalau kode aktivasi tidak didapat, maka anda harus memastikan apakah nomor yang anda masukan benar? Periksa juga negara beserta kode yang Anda masukan dan pastikan kartu SIM terpasang dengan benar.

Jika semua hal di atas telah terpenuhi dengan benar, namun masalahnya tidak akan menerima kode aktivasi yang masih muncul. Cara Mengatasi Masalah dengan Strong WhatsApp Application adalah dengan permintaan panggilan untuk mengaktifkan akun WhatsApp.

3. Pesan tidak dapat dikirim

Secara umum masalah pesan WhatsApp tidak bisa dikirim biasanya disebabkan oleh koneksi internet yang tidak stabil. Karena itu cek dulu apakah smartphone anda terhubung ke internet atau tidak. Periksa juga sambungan Wi-Fi dan kuota data yang Anda gunakan. Juga pastikan juga aplikasi WhatsApp yang anda gunakan sudah ada di versi terbaru.

Selain koneksi internet, hal yang bisa memicu masalah WhatsApp yang satu ini adalah aplikasi Task Killer. Oleh karena itu untuk Cara Ampuh untuk Memecahkan Aplikasi WhatsApp adalah memastikan bahwa aplikasi tersebut tidak mengganggu aplikasi WhatsApp. Cara untuk menghapus cache aplikasi melalui menu Settings> Applications> WhatsApp> Clear cache.

4. Tidak bisa Download Foto atau Video yang Diterima

Tidak jauh berbeda dengan masalah sebelumnya yang bisa menerima dan mengirim video atau foto membutuhkan koneksi internet yang stabil. Meski demikian foto atau video yang diterima terkadang tidak bisa diunduh. Hal ini biasanya disebabkan oleh penggunaan paket data, terutama jika jaringan penyedia internet tidak stabil.

Tetapi jika masalah WhatsApp seperti ini muncul, bahkan jika Anda sudah menggunakan koneksi WiFi yang stabil, maka Cara Ampuh untuk Memecahkan Masalah Aplikasi WhatsApp adalah dengan membuka menu Settings> dan menonaktifkan pengaturan download otomatis, lalu hidupkan kembali. Kalau memang belum bisa juga coba restart ponsel atau jaringan koneksi internet yang Anda gunakan saat ini.

Rekomendasi:

5. Tidak Dapat Membuat atau Menerima Panggilan Suara

Jika Anda mengalami masalah saat membuat atau menerima panggilan suara, kemungkinan kualitas jaringan pada ponsel cerdas Anda sangat buruk. Jika Anda menggunakan jaringan seluler, Anda memerlukan jaringan 3G minimal. Tapi kalau orang lain punya koneksi internet yang buruk maka masalah ini akan terjadi.

Cara ampuh mengatasi masalah aplikasi WhatsApp adalah me-restart Wi-Fi atau data pada ponsel cerdas Anda. Tapi jika ini tidak berpengaruh banyak terhadap kualitas sinyal Anda maka, sepertinya Anda harus bergerak untuk mencari sinyal yang lebih stabil.

6. Video Call Buram

Bagi para pengguna smartphone Xiaomi Redmi Note 5 banyak yang mengeluhkan bahwa gambar/video pada saat melakukan video call menggunakan aplikasi WhatsApp selalu buram padahal intensitas cahaya di sekitar dalam keadaan siang/terang benderang. Hal ini juga yang terjadi pada hape dipakai oleh Admin.

Bug ini berasal dari sistem MIUInya, sob. Cara ampuh mengatasi hal ini adalah dengan mengganti ROM. Namun bagi pengguna yang tidak mengerti cara oprek smartphone Xiaomi, cara mengatasi video call yang buram ini ya pasrah dan menunggu update ROM saja. Seiring dengan update ROM MIUI global terakhir versi 10.2.1.0, semakin terasa jelas gambarnya saat melakukan video call.

Nah, ada beberapa masalah WhatsApp yang sering dialami pengguna dan juga dengan cara ampuh mengatasi masalah aplikasi WhatsApp. Semoga tips dan trik informasi yang kami sampaikan bisa menjadi rujukan bagi kalian semua.

Cara Ampuh Mengatasi Masalah Aplikasi Whatsapp Pada Umumnya Yang Pernah Terjadi

-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *